10 Tahun PI Del

Tulisan ini dikutip (dan disunting seperlunya) dari album Facebook Politeknik Informatika Del

Auditorium Kampus Politeknik Informatika Del (PI Del), Sabtu 10 September 2011

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Ibu Prof. Armida S Alisjahbana, Ph.D menjadi Pembicara Utama, pada acara Wisuda Angkatan 2008 dan Dies Natalis ke-10 PI Del. Beliau menjabarkan tentang PERCEPATAN PEMBANGUNAN SDM DAN IPTEK NASIONAL. Beliau juga menambahkan bahwa PI Del telah mencetak SDM yang handal, yang siap membangun bangsa dan negara melalui karya di bidang informatika. Ibu Menteri bangga akan kampus PI Del yang berada di pelosok desa, bahkan tidak menyangka kalau di Sumatera Utara ada kampus sebagus PI Del; Selain kampusnya yang bagus, juga mutu pendidikan yang berkualitas baik dan diminati oleh perusahaan-perusahaan berbobot.

Tanggal 10 September 2011, menjadi salah satu hari yang bersejarah bagi Del. Hari ini diadakan Upacara Pelantikan sebanyak 64 Wisudawan PI Del, Angkatan 2008 yang terdiri dari 24 orang dari jurusan Teknik Informasi, 25 orang dari jurusan Manajemen Informatika dan 15 orang dari jurusan Teknik Komputer. Tepat pada pelantikan ini juga dirayakan ulang tahun Del ke-10.

Sudah 10 tahun Del berbagi, 10 tahun Del berbakti, 10 tahun Del mengemban tugas demi misi dan visinya untuk kebaikan bangsa khususnya peningkatan SDM di bidang informatika. Selama 10 tahun, Del mampu menunjukkan “selalu selangkah lebih maju“, tidak pernah berdiam diri mencetak manusia yang tidak saja pintar tetapi memiliki moral dan nilai disiplin yang kuat.

Pada pelantikan Wisudawan, Direktur PI Del, Dr. Ir. Inggriani membuka sidang akademik dan menyambut seluruh hadirin lewat pesan-pesan Wisuda & Dies Natalis; Ucapan Terimakasih kepada semua pembina dan pengurus yayasan Del yang telah memberikan dukungan yang luar biasa kepada PI Del dalam memimpin sekolah ini. Bekerja untuk melayani dengan penuh perhatian dan cinta kasih. Wisudawan hari ini adalah salah satu bukti kontribusi Yayasan Del dan Politeknik Informatika Del ke masyarakat, di samping kontribusi lain yang dapat dirasakan dengan keberadaan PI Del di Tobasa ini melalui kerjasama dengan jajaran pemerintahan, rumah sakit, dan pihak-pihak lain.

Tema Dies Natalis tahun ini adalah : “Innovative and Colorful Young Generation“, menandai adanya perbaruan dan regenerasi di kampus PI Del. Kampus PI Del akan dipimpin oleh dosen Pidel sendiri dan Pidel akan lebih mandiri. Saya yakin bahwa kampus ini akan menjadi semakin maju, dinamik dan dikenal di dunia nasional, regional, maupun internasional karena alumninya, hasil penelitiannya, dan juga pengabdian masyarakatnya.

Direktur PI Del juga menekankan kepada Wisudawan: bahwa nilai-nilai luhur yang tertanam selama menjadi mahasiswa PI Del dan gaya hidup “Tertib Berbudaya Ceria” sudah mendarah daging dalam diri kalian, yang tetap akan terbawa dalam kehidupan profesional kelak. Bahwa memelihara kebersihan adalah bagian dari kehidupan sehari-hari di manapun berada. Semoga kalian tidak akan mengecewakan Bapa dan Ibu Pendiri PI Del, karena kalian diharap menjadi manusia yang seutuhnya, bukan hanya kepandaian tetapi juga berkelakuan baik, mempunyai hati dan mengasihi sesama. MarTuhan, Marroha, Marbisuk.

Masukilah dunia kerja secara profesional dengan hati bersih, penuh semangat melayani dan mengabdi untuk membangun negeri ini. Jangan bekerja hanya karena uang, karena uang dan kesejahteraan material akan diperoleh dengan sendirinya, kalau kita bekerja sungguh-sungguh dan jujur. Itulah semangat profesional sejati. Demikian tutur Direktur PI Del yang biasa disapa Ibu Inge.

Prof. Yohanes Surya Ph.D, seorang fisikawan Indonesia, juga dikenal sebagai pembimbing TOFI, memberikan presentasinya, yang berjudul “Bagaimana Teknik Pengajaran yang baik”. Presentasi ini mengajak semua orangtua, khususnya Guru-Dosen (Tenaga Pengajar), bahwa menjadi pendidik adalah pekerjaan mulia bila dibarengi dengan tetap belajar, tetap berdedikasi. Menjadi Guru juga harus tetap belajar agar siswa-siswa dan anak didiknya pintar. Jika Guru pintar maka siswanya pun pintar. Seperti contohnya di kampus Del, semua dosennya berdedikasi dan pintar, maka lulusan yang di wisuda hari ini pun adalah lulusan terbaik. Lulusan Del kemanapun ditampung.

Hal senada juga disampaikan, Koordinator Kopertis Wialyah I NAD Sumut, Prof. Ir. H. Moehammed Nawawiy Loebis, M. Phil, Ph.D, dalam sambutannya juga menyampaikan kekagumannya kepada kampus Del. Berharap semoga kampus-kampus lain bisa belajar dari kampus Del. Di kampus Del, para dosen dan pendukungnya masih memiliki tanggungjawab yang besar terhadap mahasiswanya, beda dengan kampus lain. Koordinator Kopertis juga mendukung agar S-1 terapan PI Del (Institut Teknologi Del) cepat beroperasi.

Perayaan HUT ke-10 Del

Nico Siahaan menjadi MC dan berkolaborasi dengan Mahasiswa Del (Deppi Simamora-John Sirait-Doni Simamora-Dominika Manihuruk-Daniel Sihotang dan Ruth V.) pada saat perayaan HUT Del ke -10.

Munculnya Lampet dan Pohul-pohul berbentuk Tumpeng, Siap dipotong oleh Pembina Yayasan Del. Neo Traditional Music yang diketuai oleh Hardoni Sitohang, berkolaborasi dengan PSM PI Del, menyanyikan lagi Panjang umurnya, dan Makan lapetnya. Pembina Yayasan Del dan seluruh keluarga membagi-bagikan lapet dan pohul-pohul tumpeng kepada seluruh hadirin. Semua undangan makan lapet dan pohul-pohul dengan sukacita luar biasa.

Terimakasih dan Salam hormat kami kepada seluruh Pengurus Yayasan Del, Keluarga Yayasan Del, Panitia IDG 2011, PSM PI Del, PGM PI Del, Tim Neo Traditional.

Terimakasih dan penghargaan kami atas kerjasama yang baik, atas bantuan dan pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran untuk kesuksesan acara ini.

Terimakasih kepada semau orangtua mahasiswa, orangtua wisudawan dan civitas Del atas partisipasinya menyukseskan IDG 2011. Terimakasih tak terhingga kepada Bapak dan Ibu Pembicara pada saat IDG 2011. Juga tak lupa terimakasih kepada yang meliput acara ini lewat gambar.

Vivat Del-Great Performace

Foto by. Togu Novriansyah Turnip