#berkatngeblog Kembali ke Aceh

Minggu lalu, tepatnya tanggal 1 Nopember 2011, sebuah kesempatan untuk kembali ke kota kelahiran kudapat #berkatngeblog.

Berkat Ngeblog Kembali ke Aceh

#berkatngeblog

Agendanya adalah untuk mengisi acara Launching Telkomsel Broadband City Lhokseumawe. Berangkat bareng Pak Eko Purwanto (Pendiri Webmedia Training Center) sebagai pasangan duet, kami menempuh perjalanan yang berdurasi 6 jam – kurang lebih minta maaf.

Telkomsel Broadband City Launching Lhokseumawe

Telkomsel Broadband City Launching

Kebetulan aku diminta untuk menyampaikan materi tentang manfaat blog, dan kenapa harus ngeblog. Jujur saja, hashtag #berkatngeblog yang beberapa hari sebelumnya mewarnai timeline (bertepatan dengan Hari Blog Nasional, 27 Oktober) adalah contoh konkrit yang bisa dipaparkan ke para hadirin. Langsung saja beberapa tweet yang gentayangan aku comot dari beberapa akun twitter teman-teman di luar sana. Semoga tidak dituntut untuk embel-embel royalti yah
:hihi:

Ini adalah slide presentasiku (sebenarnya sih, bukan slide). Kira-kira cocok, boleh diadopsi – creative common rights applied, tentunya.

Kenapa perjalanan ini bisa begitu istimewa buatku, barangkali bisa dibaca di postinganku yang ini: #berkatngeblog – Kembali ke Aceh.

Lhokseumawe Broadband City Ke-40 Telkomsel

Peresmian broadband city tersebut, dikatakan, sebagai upaya Telkomsel dalam menggelar high performance network, khususnya mobile broadband secara menyeluruh melalui peningkatan kapasitas jaringan (kini mengadopsi teknologi HSPA+) guna menghadirkan kenyamanan akses layanan data bagi masyarakat di Lhokseumawe. Dan tentu saja sebagai blogger, kebutuhan akan internet adalah sesuatu yang penting (kalau gak pakai internet, jadinya buku diary dong aw).

Dan aku pribadi berharap besar, agar teman-teman yang kemarin berjumpa di perhelatan tersebut, benar-benar (mencoba) melakukan apa yang sudah ditanya-tanya ke kami para narasumber/pemateri. Sudah ada beberapa yang ngerti monetasi blog – walau salah kaprah lalu digapok Paman Gugel. Dan beberapa malah sudah “berhenti” ngeblog karena pupus semangat. Buat yang ngeluh kalau ngeblog itu “ribet” sudah kutantang lewat tulisan di tumblr (di atas), yang aku posting via gadget yang teknologinya mentok di koneksi EDGE.

Yah, sekiranya pun yang jadi kendala adalah koneksi, sepertinya dengan apa yang sudah kusaksikan sendiri. Di Lhokseumawe masih lebih gampang nyari akses internet yang-manusiawi ketimbang di kota Medan ini
*sehari ini sudah 3 kali pindah titik buat nyari hotspot*

  • semangat terus ya bang. gara-gara abg, aq juga jadi candu nih ngebolog. tq bang.

    • nichpakaich

      Oke, bang. Posting lagi tuh blog-nya.

  • sarah

    bro.. saya mau tanya neh
    kenapa sekarang popularitas blog menurun
    padahal dulu sempat heboh
    saya juga pernah buat blog..tp sekarang aq udah jarang nulis2 di blog saya,karena sudah berkurang jauh yang membaca blog saya..?

    • nichpakaich

      Hmm.. Kalau dibilang menurun, saya pribadi tidak merasa demikian adanya. Berhubung saya sering koq blogwalking, dan teman-teman tetap menulis koq.

      Saya justru merasa pembaca akan berkurang jika saya tidak update blog (sudah terbukti malah)

  • eh…beneran di post rupanya…jadi cerita yang menarik juga tuh…ga rugi bisa kenal ma abang…tolong bimbing saya as new blogger…

  • bang cara blog rame di kunjungin gimana seh??? n biar masuk search engine gimana??? tolong ya jawabannya yang rinci, kalo ga rnci berarti abang ga jago la pkoknya

    • nichpakaich

      Secara sederhana, tulislah apa yang dicari orang di google (search engine).
      Kalau kamu gak punya tulisan (yang bisa dilakukan dengan cara rajin-rajin bikin postingan), gak mungkin kan yang dicari orang bisa ditemukan Google di blog kamu
      :hihi:

      Kalau kebingungan, coba aja ikuti trend yang sedang hangat di bahas orang, biasanya orang Indonesia akan cari “hal itu” di Google, dan sukur-sukur blog kamu muncul di halaman pencarian.

  • sing penting berbagi, selebihnya bonus saja.

    ~petuah yang sering saya baca dan dengar dari para blogger senior~

    salut buat kam. :)