Bersiap untuk Djarum Auto Black Through Medan 2013

Halo, modif-lovers kota Medan, bersiap-siaplah untuk rangkaian seri ketiga Djarum Black Autoblackthrough (ABT) 2013. Gelaran spektakuler ini akan menyapa kota Medan pada 31 Augustus – 1 September 2013. Lebih dari 100 kendaraan modifikasi berbagai aliran akan memadati Medan International Convention Center (MICC) @Santika.

djarum-black_abt-2013_medan

Kembalinya kota Medan menjadi salah satu kota digelarnya seri ABT 2013, karena Djarum Black melihat potensi generasi muda begitu menggemari modifikasi mobil. Bahkan kreasi mereka berani disejajarkan dengan modifikator luar daerah seperti Bandung yang dikabarkan hadir meramaikan ABT Medan.

Tentang ABT 2013

Barangkali ada yang belum tahu tentang Djarum Auto Black Through, event yang mendapat julukan “The Hottest Hi Tech Modified Motorshow” di Indonesia ini adalah sebuah ajang lomba dan pamer kehebatan modifikasi otomatif yang paling inovatif, kreatif dan ekstrim di tanah air.

ABT pada tahun 2013 ini dijadwalkan untuk dilangsungkan di 4 kota, yaitu:

  1. Surabaya (13-14 April 2013)
  2. Yogyakarta (11-12 Mei 2013)
  3. Medan (31 Agustus – 1 September 2013)
  4. dan Final Battle di Jakarta (26-27 Oktober 2013)

Ya, untuk kota Surabaya dan Yogyakarta, event ini sudah dilangsungkan pada bulan April dan Mei yang lalu. Dan kalau lihat ulasan-ulasan dari yang ikut menyaksikan ABT di kedua kota tersebut, sepertinya memang tepat kalau ajang pameran modifikasi yang satu ini mendapat julukan “yang paling panas”.

Bagaimana tidak “panas”, di Surabaya saja ada kurang lebih 100 peserta yang ikut dalam ajang ini berkompetisi ingin menunjukkan yang terbaik. Dan pesertanya tidak hanya berasal dari kota Surabaya, tetapi kompetisi modifikasi ini turut diikuti oleh modifikator dari luar kota. Adapun peraih gelar The King Autoblackthrough diperoleh Signal Kustom Built dari Bandung dengan mengandalkan Honda Jazz “Future” beraliran Street Racing.

Antusiasme penggemar modifikasi terus meningkat ketika ABT berlanjut digelar di Yogyakarta. Seperti yang terjadi di ABT Surabaya, beberapa mobil modifikasi dari wilayah luar Yogyakarta juga hadir untuk ikut meramaikan “The Hottest Hi Tech Modified Motorshow” di Indonesia ini. Gelar The King Autoblackthrough kembali diraih oleh mobil modifikasi Toyota Yaris Yellow Dino, karya Signal Kustom Built dari Bandung.

Sudah dua kota nih, yang gelar “The King Autoblackthrough”-nya disabet oleh Signal Kustom Built dari Bandung. Jadi penasaran, apakah di Medan nanti apakah anak Medan yang bakalan jadi juaranya.

The Hottest Hi Tech Modified Motorshow

Ada beberapa alasan kenapa Djarum Black Autoblackthrough dijuluki gelaran modifikasi paling bergengsi dan terlengkap di Indonesia;

  • Pihak Djarum Black melibatkan juri dari luar negeri untuk menilai modifikasi mobil yang dikompetisikan serta memboyong peralatan-peralatan mutakhir untuk akurasi penilaian di ABT.
  • Djarum memberikan tempat untuk para penggila mesin menguji performa mesin mobil mereka melalui kontes Dyno Attraction. Di sini kemampunan engine tuner Indonesia diuji dengan menggunakan Mainline DynoLog dari Australia.
  • Untuk kompetisi audio bertajuk Black Out Loud penjurian dilakukan dengan mengikuti standar EASCA (European Auto Sound Association, asosiasi car audio Eropa yang bermarkas di Jerman dan memiliki regulasi sejumlah sistem penjurian yang digunakan di seluruh dunia.)

Ya, gelaran Autoblackthrough tidak hanya memperlombakan karya-karya modif anak Indonesia saja, tetapi juga menjadi barometer nasional para tuner-tuner mobil untuk unjuk gigi. Apalagi kehadiran juri-juri internasional yang menilai, membuat mereka ingin membuktikkan bahwa karya bangsa kita juga dapat menyamai para modifikator di luar negeri.Jadi, bagaimana mungkin kita melewatkan event sepenting ini, apalagi jika dilaksanakan di tanah sendiri.

 

Dari situs resminya, gelaran ABT Medan 2013 sepanjang dua hari nanti akan diramaikan juga oleh beragam hiburan untuk para pengunjung; mulai dari hiburan musik dari band terkenal sampai penampilan beberapa DJ. Djarum Black secara spesial mendatangkan band terkenal seperti NAIF, Spinach Candies serta Girlkana Daydow dan Chantal Dewi 1945MF.