#FGD2012 part 1

Dengan tergopoh-gopoh aku, Zaky dan Dewi menyusuri jalan. Kami baru saja melompat turun dari sebuah bus Damri yang mengantarkan kami meninggalkan Bandar Udara Soekarno-Hatta. Misi pertama kami di Jakarta hari itu adalah mencari taksi untuk menuju House of Eva, tempat tinggal kami selama 3 hari berikutnya dalam rangka #FGD2012.

Focus Group Discussion ini adalah sebuah acara diskusi antara aktivis informasi yang diselenggarakan oleh ICT Watch (6-9 Juli 2012).

Ternyata dua tangkap roti yang kumakan – satu sebelum penerbangan, dan satu lagi sesudah mendarat – masih cukup memberi tenaga untuk berjalan cepat di bawah tugu Pancoran. Setelah beberapa kali menyeberangi ruas jalan, dan berpindah-pindah titik pemberhentian, kami sadar bahwa kami turun terlalu cepat dari Damri yang tadi – terbukti dengan melintasnya satu unit Damri di depan kami, yang kemudian menurunkan penumpangnya tepat di lampu merah tempat kami menunggu taksi
:hehe:

Mencari taksi (kosong) di bawah tugu Pancoran, di saat jam pulang kerja, benar-benar sebuah kegiatan adu hoki tingkat tinggi. Tak kurang dari setengah jam waktu yang kami habiskan untuk mencari taksi yang mau menyediakan jasanya buat mengantarkan kami. Kalau bukan karena berisi, supirnya punya rute berbeda dengan arah yang kami tuju; itu adalah alasan yang membuat kami harus menunggu lama.

Akhirnya satu taxi dari Blue Bird Group pun menepi. Dan bermodal peta penunjuk lokasi yang sudah dipersiapkan, pak supir pun sukses menghantarkan kami ke tujuan. Pelajaran dari pengalaman yang satu ini; kertas tetap juara!

Driver Taxi dengan Peta

Untung ada peta

House of Eva

Setiba di lokasi, mbak Siti selaku bagian dari tim @internetsehat yang mengundang kami, langsung mengarahkan kami ke kamar yang disediakan untuk peserta #FGD2012. Aku dan Zaky (@kutaraja) berbagi kamar yang sama. Sebuah kamar yang terletak di lantai dua bangunan itu. Walau bukan resort, dan tidak disajikan dengan pemandangan laut, setidaknya dari atas kami bisa memandang kolam renang yang ada di pekarangan belakang.

Kolam Renang House of Eva

Memang bukan pemandangan pantai

Memanfaatkan waktu sejenak untuk meluruskan badan, kami lanjut bongkar tas dan mengatur pakaian di lemari pakaian yang ditempatkan di salah satu sisi dinding kamar. Kamarnya cukup nyaman dan bersih. Walau, sekali lagi karena bukan sekelas resort, tidak ada handuk dan peralatan mandi yang disediakan. Untung ilmu tawar-menawar yang kudapat dari Pajak Sambu di Medan masih bisa kuterapkan untuk nego biaya deposit handuk mandi.

Kamar di House of Eva

Kamar di House of Eva

Usai menyegarkan diri. Walau gak pakai acara menyikat gigi. Kami pun turun ke ruangan besar yang berada di lantai satu. Ruangan yang kemudian menjadi ajang berkumpulnya seluruh peserta #FGD2012. Selain aku yang mewakili bloggerSUMUT, ada begitu banyak blogger dan penggiat media sosial yang hadir. Bahkan kita bisa katakan blogger-blogger dari Aceh sampai Papua, ada semua. Walau beberapa kali disapa dengan julukan “Twitter User” dengan nada bercanda, tapi sepertinya kami sepakat juga kalau istilah “aktivis informasi” dilekatkan kepada hadirin yang ada saat itu.

Tonton Perdana #linimassa2

Agenda malam itu adalah nonton bareng #linimassa2, sebuah film produksi-bersama oleh ICT Watch dan WatchdoC, yang mengisahkan tentang bagaimana masyarakat Indonesia dengan segala tantangan dan keterbatasan, mampu memberdayakan diri maupun masyarakat sekitarnya dengan menggunakan Internet. Selain kami, para peserta #FGD2012, ada serombongan Korean IT Volunteer (KIV) yang datang berkunjung dan turut menyaksikan film tersebut.

Nonton Linimassa2 di #FGD2012

Bincang-bincang seusai nonton bareng #linimassa2

Selesai menyaksikan film tersebut, adalah kesempatan untuk bertegur sapa dengan blogger-blogger dan aktivis informasi yang sudah berada di tempat tersebut. Beberapa sudah ku kenal dari #FGD2011, beberapa hanya kenal dari Twitter, dan beberapa baru pertama kali kujumpai disitu. Kami pun punya sebuah ajang ngobrol yang dikomandoi oleh Pakde @blontankpoer malam itu. Membahas banyak hal juga berbagi pengalaman kami dalam melakukan penyebaran informasi dan kegiatan jurnalisme warga.

  • Faigaeva

    makasih banyak bos atas komentar nya mengenai “HOUSE OF EVA” memang tempat kami bersih, nyaman dan tenang, banyak orang2 bilang penginapan “HOUSE OF EVA” paling murah & mewah se jakarata selatan. lain waktu sewa lagi ya bos. tq

  • Pingback: Draft Rekomendasi Hasil #FGD2012 | STKIP Surya Blogging Media()