Google Day X Medan

Bertepatan dengan Hari Blogger Nasional 2013, hari Minggu kemarin sudah dilangsungkan sebuah acara bertajuk “Google Day X” di Medan. Acara yang digagasi oleh Google Business Group Indonesia, dan dipersiapkan oleh Google Business Group Medan ini dilangsungkan seharian penuh dan penuh manfaat.

Aku sudah pasti ikutan, terlepas dari peranku sebagai salah satu pembicara, tetapi memang acara seperti yang kemarin itu benar-benar menawarkan (kalau pun tidak semua) banyak manfaat yang diperlukan bagi para pelaku bisnis — yang menggunakan internet sebagai media promosi, atau pengganti lapak dagangannya. Dan peserta yang lain, yang mengikuti acara tersebut pun sepertinya memang datang untuk mendapatkan ilmu dari para Googlers yang menjadi pemateri (awak ini apalah).

google-dayx-medan

Topik-topik yang disajikan adalah tentang pemanfaatan produk-produk Google untuk berkolaborasi dan memasarkan produk (atau potensi diri sendiri). Mulai dari pemanfaatan Google Apps untuk pendidikan, cara yang benar untuk optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran dengan AdWords, dan kisah sukses Goal.com yang memanfaatkan produk Google. Kemudian ada materi tentang potensi Youtube dan juga pemasaran via Youtube yang diberikan secara berurutan, dan kurasa patut mendapat perhatian khusus dariku.

medan-gdayx-indonesia

Aku harus akui bahwa ada begitu banyak materi berguna yang kudapat.

Kalau boleh, aku mau angkat satu topik yang disampaikan Dennis Adishwara (Layaria TV), tentang mempublikasikan (video) karya anak negeri ke Youtube. Aku mau tekankan “kekayaan konten lokal” sih sebenarnya, bahwa sebenarnya potensi yang sudah ada (atau pun ide yang masih di kepala) sebaiknya memang didokumentasikan. Dibagikan ke yang lain. Dan jika memang bermanfaat buat orang lain, suatu hari kelak akan membuahkan hasil, pastinya. Seperti video di bawah ini, simak, dan ambil hikmah tersembunyi yang ada.

Presentasi tentang Google Analytics

Pada #gDayXMedan kemarin, aku menyampaikan sebuah materi tentang Google Analytics. Menurut hematku, memang sudah sepantasnya setiap pengelola blog atau webmaster untuk memanfaatkan teknologi Google yang satu ini. Karena dengan mengenali prilaku pengunjung, seorang webmaster dapat menyusun strategi untuk mencapai tujuan yang dari sebuah blog/website.

  • Ananta Politan Bangun

    huehehehe.

    model iklan jamunya sangat kocak. sampai muntah segala. :)