Perencanaan Inkubator EKMDI Provinsi Sumatera Utara

Sebenarnya ini adalah sebuah catatan, sebagai pengingat, dan untuk kembali disuarakan jika di kemudian hari momentum yang diharapkan mendadak surut.

Minggu lalu, tepatnya tanggal 29 November 2013, telah diadakan sebuah rencana pembentukan inkubator yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara (juga dihadiri oleh beberapa kantor dari Pemprov Sumut dan Pemko Medan). Acara hari itu sebenarnya adalah pertemuan keempat dari rangkaian sosialisasi pembentukan inkubator yang direncanakan.

sosialisasi-inkubator-bisnis-medan

Tentang Inkubator Bisnis

Bagi teman-teman yang ingin tahu tentang inkubator, ini ada beberapa kutipan yang kudapat dari satu blog yang memang membahas tentang inkubator bisnis;

Menurut Dr. Laurence Hewick dari Canadian Business Incubator (2006): (a). Inkubasi adalah “the concept of nurturing qualifying entrepreneurs in managed workspaces called incubators”. (b). Inkubator adalah “a dedicated workspace (building) to support qualifying businesses with: mentorship, training, professional networking, assistance in finding finances until they graduate & can survive in the competitive environment”.

Menurut Menteri Negara Koperasi dan UKM No. 81.3/Kep/M.KUKM/VIII/2002 : (a). Inkubasi adalah proses pembinaan bagi Usaha Kecil dan atau pengembangan produk baru yang dilakukan oleh Inkubator Bisnis dalam hal penyediaan sarana dan prasarana usaha, pengembangan usaha dan dukungan manajemen serta teknologi. (b). Inkubator adalah lembaga yang bergerak dalam bidang penyediaan fasilitas dan pengembangan usaha, baik manajemen maupun teknologi bagi Usaha Kecil dan Menengah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan usahanya dan atau pengembangan produk baru agar dapat berkembang menjadi wirausaha yang tangguh dan atau produk baru yang berdaya saing dalam jangka waktu tertentu.

Tentang Inkubator Bisnis Medan

Jadi, ya, sedang direncanakan sebuah inkubator yang akan menjalankan kegiatannya di kota Medan. Kapan mulainya? Kita harapkan sih segera — semoga tahun depan sudah bisa mulai seleksi tenant. Berhubung ada tahapan-tahapan yang harus dilewati sebelum inkubator ini benar-benar operasional.

Siapa yang bisa menjadi tenant? Barangkali untuk saat ini perlu aku jelaskan, bahwa Kemenparekraf memiliki satu kebijakan bahwa platform yang akan dikelola oleh inkubator ini, meliputi 3 bidang; Media, Disain dan IPTEK. Jadi bisnis calon tenant juga diharapkan memang berdasarkan kepada 3 hal tersebut. Tapi mengenai syarat atau kualifikasi resmi untuk calon tenant, nanti pasti akan disusun dan disosialisasikan kembali. Aku, secara inisiatif pribadi, kemarin mengajak satu startup lokal Medan — yang kutahu sudah bertahun-tahun berjuang dengan usaha mereka — untuk ikutan di acara tersebut. Tujuannya sih biar mereka tahu juga paham tentang inkubator yang akan dibentuk. Semoga http://letterater.com/ bisa terbantu dengan rencana ini, dan kelak lolos sebagai tenant.

Pengelola Inkubator EKMDI Provinsi Sumatera Utara

Besar harapan kami yang hadir pada rangkaian sosialisasi tersebut, agar kiranya inkubator yang (akan) dibentuk dikelola oleh orang-orang yang memang memahami bidang yang dijalankan. Yaitu mereka-mereka yang selama ini memang paham akan industri kreatif, entah itu sebagai praktisi atau pelaku usaha ekonomi kreatif. Syukurnya, dari pihak Kemenparekraf memiliki pemikiran yang sama.

Pada sosialisasi sebelumnya, sempat dibahas tentang struktur kepengurusan inkubator ini. Ketika itu Pak Andriansyah dari @Telkom_BDV dan Pak Ferry Budiansyah dari Pusat Kreatif Parekraf sudah memberikan acuan struktur pengelola inkubator, yang kami sepakati bersama, dan disusun sebagai berikut;

struktur_inkubator_ekmdi_provsu

Struktur Pengurus Inkubator EKMDI Provsu

BTW, sebenarnya sih belum ada ketok-palu terkait nama inkubatornya, tapi biar ada judul dipakailah “Inkubator EKMDI Provinsi Sumatera Utara” — (EKMDI, Ekonomi Kreatif Media Disain Iptek)

Kuharap teman-teman boleh luangkan waktu terlebih dahulu untuk membaca blog yang kureferensikan tadi untuk mengenal dan memahami lebih baik lagi tentang inkubator. Karena bisa jadi, tidak tertutup kemungkinan, suatu saat nanti teman-teman bisa memanfaatkan inkubator seperti ini untuk startup-nya.

  • takien

    Saya siap mendukung bang, setidaknya, ikut meramaikan :D

    • Terima kasih untuk dukungannya. Mari saling bahu membahu, biar semua mendapatkan manfaat, dan maju bersama.
      (mau belanja ke Maju Bersama, bang?)

      • takien

        hahhaa,

    • aye juga ikutan ah :v

  • Mari, merapat, merapat..

  • sormenz

    Informasi yg sangat bermanfaat bang, tolong diupdate terus informasi ttg startup di kota Medan. Baru di blog ini, kita bisa dapat info aktual dan faktual ttg startup di Medan.

    • Kalau mau yang lebih aktual, sebenarnya ada juga dibagikan di Facebook dan Twitter ku, bang.

  • Zizy Damanik

    Indosat juga punya Ideabox, inkubator untuk menggarap startup-startup di Indonesia. Memang sekarang banyak startup yang butuh dikembangkan.
    Sukses selalu ya.

    • Kami juga sudah aware dengan kehadiran yang Kakak sebutkan itu. Beda pendekatan saja sih dengan yang aku paparkan :-)

      Terima kasih buat dukungannya, Kak.

  • semoga Inkubator EKMDI berjalan dengan sukses, amin….