Fenomena Mbah Surip

Beberapa hari ini siaran berita di televisi rada menarik, isinya lumayan beragam; mulai dari kasus Antasari vs KPK, trus gonjang-ganjing hasil Pemilu, dan yang paling menarik adalah tentang kisah Mbah Surip yang mencuri perhatian Indonesia.

Mbah Surip - sumber: id.news.yahoo.com

Mbah Surip - sumber: id.news.yahoo.com

Kenapa dengan Mbah Surip? Ya, aku pun bertanya-tanya kenapa media sepertinya berkejar-kejaran ngebahas ompung yang satu ini. Mulai dari mengupas kisah perjuangannya yang mengajarkan bahwa tidak ada jalan singkat untuk kesuksesan – sampai urusan harta gono-gini milik almarhum. Bayangkan, urusan harta orang pun dikupas tuntas; mulai dari royalti RBT, penarikan rumah-bonus, sampai kepada cicilan sepeda motor.

Mengutip kata-kata Green Goblin ketika mengajak Spiderman untuk berkoalisi;

But the one thing they love more than a hero is to see a hero fail, fall, die trying

Ya, begitulah kesan yang kutangkap dari media belakangan ini.. Bukan klaim sepihak, hanya opini personal aja. Bahwa segala sesuatu yang bisa diekspos ke orang banyak, adalah pantas dijadikan berita. Namanya juga media massa.

Bagiku beliau cocok dijadikan contoh sebagai orang yang tak pernah mencapai masa anti-klimaks. Ya, wajar.. mbah Surip meninggal dunia di puncak kesuksesan. Menurutku itu luar biasa. Disaat orang lain tak pernah merasa cukup, beliau malah tetap dalam kebersahajaan dan tak sempat menuai cerca dari media dan khalayak publik. Walaupun beberapa narasumber, menurutku sok-sok bikin kesimpulan tentang penyebab kematian mbah Surip, padahal toh jasad-nya tak diotopsi. Tapi ya itu lah media, di awal statement kata “mungkin” diucapkan dengan datar.. tapi makin lama intonasi pun semakin tinggi, seakan pasti.

Selamat jalan, mbah. Dibalik tawa mu yang bagi beberapa orang dianggap sekedar aksi lucu, tapi menurutku kau sudah berkarya sebagai anak bangsa (gak seperti beberapa yang cuma cuap-cuap doang).

  • ah…i don`t care about them, capcay ngurusin gituan, intinya bgimana ngumpulkan pundi2 upil yg banyak biar cepat NIKAH…
    *back to ngepul asap

    • nichpakaich

      kau nih yang kebelet nikah..
      :hihi:

    • apapun kata media, saya tetap I love you full pada mbah surip.:nyembah:

  • Mbah Surip adlh fenomena, mknya terus diekspos. Selama minat masy msh ada, pst akan trs jd berita.

    Btw setelah mbah Surip, skrg giliran WS Rendra yg ninggalin kita. Indonesia berduka ditinggal seniman2 terbaiknya. :hiks:

  • barusan tadi donlot lagu bangun tidur – tidur lagi, mantap tenan:sip:

    Selamat jalan mbah surip. terima kasih buat kreatifitas yang kau sumbang kan untuk negeri tercinta kita ini:uhuk:

  • Ppl only have two hand and one head, than i call TIME with LUCKY.

    mulia bener nih orang. Manusiawi banget… setidaknya dari kacamata publik yang biasa ngeliat artis semlehoy.

  • Pingback: Musim Artis Setor Muka ke Akhirat « 404 Blog Page()

  • rejeki, pertemuan, maut sudah ada yg atur…btw bro, tq ata meta descriptornya ya :sip:

    • nichpakaich

      betul tuh bang.. jadi mari kita isi hidup dengan kegiatan yang berguna, baik bagi diri sendiri, dan juga orang lain :sip:

      (sama-sama terimakasih mau cobain meta description generator ku)

  • :love:
    Mbah Surip, I love u full…
    Hehehe.

    Btw, pemberitaan soal plagiat2an mulai dibahas tuh, Bang, udah mati baru diangkat soal lagunya ituh.

    • nichpakaich

      biasa lah media..
      gak rusuh, gak asik :hmmm:

  • I Love you FULL!!!!!:sip:

  • Saya sebelumnya illfeel sama mbah Surip karena rambut gimbalnya. Tapi setelah membaca riwayat hidupnya di sebuah media, saya jadi agak terharu. Yah, perjuangan mbah surip dalam berkreasi, kesederhanannya itu pantas kita teladani. Kasihan juga pas denger ada berita bahwa lagunya Tak gendong dianggap plagiat…Ah, biasalah kalau orang udah sukses, ada-ada aja berita miring tentangnya.

  • ya begitulah makin banyak kontroversi biasanya makin menarik bagi sebagian orang… saya ndiri si awalnya terus terang takut liat mbah surip nyanyi, tapi setelah tau tentang pribadi mbah surip, saya hormat dan salut… semoga bisa menjadi inspirasi buat banyak orang….

  • padahal w paling suka lagu tak gendong :hiks:

  • Walaupun telah tiada, Mbah Surip dapat menjadi contoh bagi kita semua dan generasi muda Indonesia. Pada saat kita memiliki harta yang berlimpah, kita hendaknya tidak perlu menjadi sombong tetapi dengan penampilan sederhana kita dapat merangkul masyarakat dari berbagai kalangan.

  • Walaupun kemunculannya hanya sebentar, tapi dia telah memberi warnah permusikan di Indonesia :):puyeng:

  • mbah surip!!! from zero to hero:sip:

  • media kita sudah bobrok ya mas, segalanya serba diblowup tidak jelas… masalah kecil dibesar2kan, masalah yg belum pasti di bikin pasti dan mencari kambing hitam… ugh kesel banget sama media nih, moga pada bangkrut dah, atau jadi sasaran pengeboman teroris berikutnya :bom:

    siap-siap aja :duer:

    :hore:

  • no comment

  • I lop u Pul mbah surip, selamat jalan…..

  • tak gendong kemana-mana…telah tiada,,mbah surip adalah contoh suatu perjuangan hidup yang akhirnya sukses, sosok yang bersahaja dan kocak selalu membuat orang tertawa karenanya….selamat jalan mbah surip,,,semoga berbahagia…

    salam

    fikri

  • Menurut saya mbah surip meninggal karena terlalu di eksploitasi oleh orang2 terdekatnya. seharusnya mereka tau betul kalu mbah surip sudah tua mana jantungan lagi. eh ini disuruh manggung seharian penuh bahkan kabarnya sampai tengah malam pulak. ckckckck

  • q teringat kembali dgn mbah syurif.. :hiks: