Gaya Hidup Self-employed

Aku selalu berpikir, menjadi seorang “self-employed” memiliki sesuatu yang tak ternilai dalam hal manajemen waktu. Ya, tidak seperti mereka yang bekerja untuk orang lain —  yang barangkali harus memenuhi quota jadwal kerja 40 jam seminggu — seorang “self-employed” mengatur sendiri 100% waktunya; kapan dan bagaimana dia akan menggunakan waktunya.reddit-heavy-load

Tetapi terbukti pula, bahwa banyak freelancer atau entrepreneur bekerja terlalu keras untuk memenuhi kepuasan pelanggannya. Sehingga tak jarang waktu pribadi (atau waktu keluarga) pun harus dikorbankan untuk menghadiri pertemuan dengan client, atau mengejar deadline. Tak jarang, tekanan dan jam kerja yang justru tidak menentu ini, malah membawa dampak bagi kesehatan fisik dan kesejahteraan mental.
Maklum, gak punya tanggal muda

Aku pribadi percaya, semua adalah tentang keseimbangan. Jika sebuah gaya hidup memiliki beban yang mengarahkan individu ke satu arah yang perlu dihindari, maka tambahkan faktor lain untuk menambah bobot ke arah sebaliknya. Sama halnya dengan gaya hidup self-employed tadi. Mencari nafkahnya memang “self”, sendirian. Tetapi bukan berarti seluruh hidup harus dijalani dengan kesendirian juga.

Bergaul dengan orang-orang untuk melakukan hal-hal lain diluar pekerjaan sebenarnya cukup efektif untuk menganulir dampak bagi kesehatan dan kesejahteraan mental tadi. Misalnya, bergabung dengan mereka yang punya rutinitas bersepeda pada hari-hari tertentu. Dengan kehadiran orang lain sebagai faktor yang memberi bobot ke arah yang berbeda dari pekerjaan, sejatinya akan terbangun komitmen untuk menambahkan penyeimbang dalam gaya hidup.
Itu juga kalau sampeyan memang punya niat, yah

Bagi yang ingin memiliki faktor penyeimbang dengan intensitas dan konsistensi yang lebih tinggi, dalam tingkat harian, atau bahkan jam. Barangkali bisa memutuskan untuk memulai berumah tangga dan membesarkan anak. Seperti aku, yang sekarang sudah tidak lagi tidur lewat tengah malam dan lebih sering bangun sebelum matahari terbit
:ngakak:

  • ArieL FX

    sangat benar bang :D

  • xrismantos.wordpress.com

    Tetap jaga keseimbangan mas, kalau perlu pakai tongkat keseimbangan ala pemain sirkus :D
    nice post :)

    • mirip tongkat charlie chaplin ya mas xris? :D

  • semangat, hidup nikmatin aja

  • Batikweb

    Setuju banget nih semua tentang keseimbangan. Gaya hidup juga musti seimbang ya. Keep Posting :)