Istilah Gandum Utuh

Jujur, untuk urusan dapur, aku memang jarang bermain dengan tepung. Bahkan dikala SMP saja, praktek memasak bolu lapis kami jadi berantakan karena tepung yang kubawa ke sekolah adalah tepung kanji (harusnya sih tepung terigu).

logo-roma-brand-nichpakaich

Di Media Launch Logo Roma yang Baru

Aku sempat bingung awalnya, ketika mendapat pemaparan di acara peluncuran logo baru Biskuit Roma. Karena samar-samar aku mendengar bahwa “produk hasil olahan terigu lebih sulit dicerna tubuh ketimbang gandum utuh”.

Aku ini, yang tidak bisa membedakan mana tepung terigu dan mana tepung kanji, jelas saja semakin bingung. Sebenarnya ada yah tepung gandum?

Bagi yang mau menertawakan, tertawalah, toh yang tertawa terakhir yang jadi pemenang.
(nyaris pudung)

Aku habiskan 4-menit dan 24-detik untuk mencari penjelasan tentang jenis-jenis tepung. Dan ternyata, saudara-saudari, kata “terigu” itu berasal dari kata trigo (bahasa Portugis) yang artinya “gandum”.

Lah, kalau terigu itu gandum, artinya tepung terigu adalah tepung gandumg dong? Kalau begitu, gandum utuh, apa lagi? Seingatku, aku makan Biskuit Roma, gak ngerasain printilan gandum bulat-bulat seperti nasi kering lah (?)

Perbedaan Tepung Terigu dan Tepung Gandum Utuh

Jadi ternyata begini. Tepung terigu memang dihasilkan dari gandum, tetapi dalam proses penggilingan biji gandum menjadi tepung, ada bagian-bagian yang dibuang demi alasan produksi dan hasil akhir. Sehingga tepung terigu yang dihasilkan berwarna putih, dan punya beberapa sifat yang sangat cocok untuk berbagai keperluan pengolahan bahan pangan.

Nah bedanya dengan tepung “gandum utuh” adalah, dalam proses penggilingan gandum, bagian bran-nya tidak dibuang. Bran itu mungkin bahasa awamnya “kulit ari” ya. Sehingga warna tepung gandum utuh itu lebih cokelat daripada tepung terigu. Jadi kalau tepung terigu bisa diolah menjadi roti tawar (putih), nah tepung gandum utuh ini bisa diolah menjadi roti gandum (cokelat) yang punya beberapa keunggulan karena mengandung serat pangan (dietary fiber), antioksidan, fitoestrogen (baik untuk mencegah penyakit jantung dan kanker), serta vitamin dan mineral yang jauh lebih banyak dibandingkan roti putih.

Barangkali aku bingung karena istilah “gandum utuh” tidak disebutkan dengan lengkap sebagai “tepung gandum utuh”. Menurut hematku sih, lebih gampang dicerna kalau disebutkan “tepung terigu” dan “tepung gandum utuh”. Jadi ngebandinginnya benar-benar tepung ke tepung.

Hahahaha.. sekarang aku tertawa. Kamu?

  • Zizy Damanik

    Aku sudah komenlah dari seminggu lalu postingan ini, karena aku ingat tulisan gandum utuh ini. Jangan2 hang jd gak masuk ya…

  • oh jadi gandum utuh itu lebih banyak manfaatnya ya..

  • kalo aku sih mau roti pakae gandum utuh atau ngga tetap sama aja, hehehe. btw thanks sharingnya