Kenapa Sarapan Itu Penting

Pertama sekali, mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa saya doyan begadang, untuk itu saya mau beri sedikit penjelasan. Saya bukan doyan, ataupun melabeli diri saya sebagai “penderita” insomnia. Tapi semua karena bioritmik saya emang sudah tidak pada jalur normal. Sibuk disaat orang istriahat, dan terlelap disaat orang beraktifitas. Begitulah kondisinya.
:hehe:

Jadi, diakhir durasi begadang, adalah saat paling melegakan. Saat sarapan tersedia, dan orang-orang mulai beraktifitas. Yang berarti, dua keuntungan buat saya;

  1. bisa makan setelah didera lapar semalaman,
  2. dan bisa tidur tanpa diganggu orang karena semua sedang sibuk dengan urusannya masing-masing.

Sekarang kenapa saya menganggap, sarapan itu adalah penting? Karena sistem pencernaan saya harus diganjal, supaya lambung atau usus tidak terendam asam lambung yang bisa menciptakan kondisi tidak nyaman. Lagian hari secerah apa pun bisa suram di mata saya kalau belum sarapan. Itu jika dikaitkan dengan penjelasan medis, bahwa tubuh butuh sumber tenaga untuk mulai beraktifitas. Lalu muncul pertanyaan:

“Emang ngaruh, Nich? Kau kan tidur selesai sarapan”
“Apa bedanya coba, kau bangun udah tiba waktu makan siang (atau sore).”

Untuk pertanyaan itu, saya cuma mau menjawab dengan jawaban paling bijak yang bisa saya karang (wakakaka).. semua masalah SUGESTI. Kalau saya berpikir bahwa melakukan sesuatu akan memberi pengaruh positif, maka tidak-melakukannya=negatif. Sesederhana itu. Dan yakinlah, sarapan bukan satu-satunya sugesti yang saya pegang di dalam keseharian saya.
:ngudut:

  • http://thegands.wordpress.com the gands

    Sarapan??? Minum aja energen… hahahahahaha… :ngakak:

    energen itu buat “sarapan” pas jam 1 pagi, ditemani roti cokelat plus kacang-kacangan (optional).
    abang lagi coba ingat-ingat, dulu dimana yah sempat hidup dari energen doang
    :mikir:
    Tanggal Jawab : Sabtu, 12 Juli 2008 15:37:39
  • http://www.sendalbirunie.com nie

    sarapan itu penting!! penting!!
    *ketika lagi ngetik comment ini, aku juga lagi sarapan..makan nasi goreng. enak enak enakk.. :D

    eh, tukeran link yuk

    dueh, udah lama gak sarapan nasi goreng.. soalnya kalau pagi, malas masak (maunya langsung makan aja)
    :hehe:

    link ditambahkan, nie.

    Tanggal Jawab : Sabtu, 12 Juli 2008 15:38:44
  • http://elmosphere.com elmo

    sarapan.. q kadang nggak sarapan,soalnya sering bangun udah mau siang :hihi:

    brunch aja deh, mo..
    Tanggal Jawab : Sabtu, 12 Juli 2008 15:43:02
  • http://www.etalife.blogspot.com Tha

    gw juga jarang sarapan, bisa mandi sebelom ke kantor juga udah syukur xixixixixi… :ngakak:
    eniwei lam kenal ya

    yap salam kenal..
    kalau urusan mandi sebelum gawe, gimana dengan saya coba? tidur-makan-kerja di tempat yang sama, jadi gak ngaruh mandi gak mandi
    :hihi:
    tapi saya udah rajiin mandi koq sekarang..
    Tanggal Jawab : Sabtu, 12 Juli 2008 15:23:58
  • http://www.jimmysun.net jimmy

    duh.. saya dulu jarang sarapan, tapi sekarang sudah rutin sarapan, kalo gak sarapan rasanya jadi ada yang kurang gitu..

    nah, serupa kita mas..
    Tanggal Jawab : Sabtu, 12 Juli 2008 15:31:28
  • http://realylife.wordpress.com said

    :hiks:
    waduh saya keseringan sarapan jam 12 siang ( masih termasuk sarapan ya ??? )
    o iya hari senin ada acara ngga ya ? saya mau mampir , diskus soal persiapan kopdar.
    konfirmasinya ya nich??
    saya tunggu
    untuk yang kemarin diberitahu , saya dah mampir , senin ini saya juga mau bicarakan hal itu
    makasih

  • http://myryani.wordpress.com My

    sarapan dan makan jam 12 beda lho..

    satu istilah yang saya kenal untuk “sarapan jam 12 siang” yaitu brunch
    dulu sempat jadi penganut setia gaya hidup yang satu ini
    :hehe:

    Tanggal Jawab : Sabtu, 12 Juli 2008 15:29:24
  • http://astridsavitri.blogspot.com astridsavitri

    sarapan?

    wah di madura terkenal banget tuh…sarapan sapi
    :melet:

    waduh si Mbak, udah main pelesetan ajah..
    :ngakak:

    Tanggal Jawab : Minggu, 13 Juli 2008 13:26:51
  • http://www.bambosi.net Bambosi

    kalo aku sarapan jam 3 pagi sekalian ngenet…. baik gak ? :melet:

    itu nyarap, apa ngemil? coba dibedain yah, saya juga jam segitu kadang ada acara ngunyah, tapi gak bisa dibilang sarapan (walaupun sama-sama makan di pagi hari)
    :no:
    Tanggal Jawab : Minggu, 13 Juli 2008 13:25:42
  • http://www.manik.web.id Manik

    Sarapan itu seharusnya jam brp aja rupanya…? :mikir:

    walaupun sarapan diartikan sebagai makan pagi, saya gak mengartikan:
    acara makan sebelum matahari terbit sebagai “sarapan”
    :no:
    jadi sarapan adalah makan pagi sesudah matahari terbit di tempat anda
    :sip:
    Tanggal Jawab : Senin, 14 Juli 2008 4:30:34
  • http://sutanpamaleh.wordpress.com zaldi

    Kalo ak sarapan pas ada aja n kok bangunnya jam 5 pagi…:ngupil:

    jadi sarapannya jam 5 pagi, yah? itu matahari belum terbit kan? maaf, tidak sesuai dengan kategori “sarapan” versi saya..
    :no:

    Tanggal Jawab : Senin, 14 Juli 2008 4:33:23
  • http://bazt.wordpress.com/ Xzbazt

    Sarapan??
    udah lama tuh bang ga sarapan.
    he.he.he.he

    walah.. jangan lah gak sarapan, setangkap roti + teh manis hangat, udah cukup koq buat naik’in bensin (genset kalee)
    Tanggal Jawab : Senin, 14 Juli 2008 4:35:23
  • http://thegands.wordpress.com the gands

    Hari ini aku gak sarapan….

    jadi mau abang antar? DO aja lah dari KFC di depan UHN..
    Tanggal Jawab : Senin, 14 Juli 2008 4:36:27
  • http://utchanovsky.com/ utchanovsky

    Wah kalo saya gak sarapan malah bisa kunang2

  • http://www.earthlinkdesign.com.au web designers melbourne

    sering begadang tuh dulu pas jaman2 msh kuliah, sekarang mah aduh udah ga kuat paling ampe jam 11-12 an lah, selanjutnya mata udah 5 watt

    :ngakak:
    umur memang berpengaruh, ternyata..
    Tanggal Jawab : Senin, 14 Juli 2008 21:15:49
  • http://masmoemet.wordpress.com masmoemet

    sarapan trs tidur ??? hmm asik juga … kpn bs gitu yah ??? :hiks:

    ini dia yang jeli!! bisa melihat apa yang tak terlihat
    emang enak gitu, mas.. udah ngantuk, perut kenyang (ntah gimana lah urutannya) .. bisa tidur pula!
    :duer:

    Tanggal Jawab : Senin, 14 Juli 2008 4:28:31
  • http://www.ceplas--ceplos.blogspot.com tc

    kalo saya sarapan pagi2 malah suka mules, pengen pup…!!
    :melet:

    mbak, lihat-lihat teman sarapannya.. dulu saya pantang banget sarapan ditemani teh manis.. bisa balik kanan pas jalan mau ke sekolah
    :kringetan:
    Tanggal Jawab : Senin, 14 Juli 2008 4:25:54
  • http://anakmedan.org Simple Things

    sarapan penting… penting menjaga kestabilan tubuh… apalagi buat yang sering merokok…

    *halah apa coba…

    lha, kok bisa tahu saya perokok kelas asbak?
    :mendolo:
    Tanggal Jawab : Senin, 14 Juli 2008 4:25:08
  • http://adieska.net Adieska

    Ehm… Sarapan ya bro??? Jarang banget. Makan aja kadang sekali sehari. Setelah begadang, tidur jam 9 pagi kecuali harus ngampus (ga tidur) trus bangun sekitar jam 2 siang. Makan deh… Trus jaga warnet ampe pagi lagi, trus tidur lagi, abis bangun tidur, makan lagi, trus jaga warnet lagi… Begitu seterusnya :ngakak:

    puyeng aku baca urutan “hidup”mu, Bro
    :puyeng:

    Tanggal Jawab : Senin, 14 Juli 2008 4:23:37
  • http://www.anggiemaya.net/blog Anggie

    Sarapan terus tidur?? waaah.. belum kebayang nieeh :puyeng:

    nikmat banget..
    salam kenal yah, terima kasih sudah mampir disini
    Tanggal Jawab : Senin, 14 Juli 2008 5:29:46
  • http://oktasihotang.com okta sihotang

    aku tiap pagi g sarapan pra…
    soalnya biar bisa nampung makanan yang ada di ahm…
    AJIIIIPPPP :hihi:

  • http://raeyans.blogspot.com/ You-Know-Who

    alla, sarapan tuh nggk penting lah, asal tiap pagi makan (begh, sama aja lah, cmana sih??)

    asal jgn kekenyangan aja bro,, ntar kek aq, bun*** (disensor karna banyak yg trsinggung nnti, hehehee..)

  • http://nichpakaich.net Nich

    @sihotangs:
    kalian dua lah, ngaco aja.
    yang satu sengaja nyiapin lambung buat di-install,
    yang satu sok-sok nyaranin, padahal lambungnya juga di-install dual-OS
    :ngakak:

  • http://www.marqitusb.com.au product launches

    Makan.. ga makan.. yg penting kumpul :hihi:

    iya sih, tapi enakan ngumpul terus makan-makan
    Tanggal Jawab : Rabu, 16 Juli 2008 19:34:30
  • http://www.atsa.or.ic ayi astaman

    fitrah y kalaw perut lapar y makan kalau pagi bangun y sarapan kalau g bangun makan siang ja,,,heheheh:hihi::sip:

  • http://www.atsa.or.ic ayi astaman

    :nyembah:

    tapi sarapan bagus buat kesehatan law kamu bangun pagi