Kerja dan Harga Diri

Kata orang tua, “laki-laki itu harus kerja supaya punya harga diri”. Dan seiring prilaku kita sebagai manusia, bias pun hadir dalam interpretasi kata “kerja” tersebut.

Kata kerja itu kata dasar toh? Jadi yang penting kan kerja, gak harus “dipekerjakan” atau “mempekerjakan” atau “ada kerjaan”. Mau jadi karyawan buat orang lain, atau mau buka usaha sendiri, asalkan keluar keringat maka menurutku semua sah-sah saja.

Saya sering mengalami ini dalam percakapan dengan orang luar sono, ditanya;

What do you do for living?

Mereka sepertinya punya kecenderungan untuk menanyakan hal yang mendasar, tanpa mengarahkan kita untuk memberi “jawaban yang betul”. Berbeda dengan kebanyakan teman-teman orang tuaku, yang kalau nanya;

Kerja dimana kau sekarang?

Menurut kebiasaan di tempat tinggal saya, kalimat tanya seperti itu membutuhkan jawaban yang dimulai dengan “Saya kerja di perusahaan titik-titik
:phew:

Sebentar, buat yang mengenal saya sebagai seorang “pengacara” (baca: pengangguran banyak acara), saya bukan sedang berusaha melakukan aksi pembenaran yah. Secara terminologi

Pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja (15 sampai 64 tahun) yang sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkannya.
(referensi: Pengertian Pengangguran)

Saya memang tidak termasuk pengangguran.. hanya saja, saya kesulitan mencari satu kata yang tepat untuk istilah unemployed. Bagiku, memilih pekerjaan itu adalah pilihan hidup. Anda yang menjalani, anda yang merasakan. Orang lain berkata apa, biar lah, emang dia yang ngasih kita makan?

Secara pribadi, saya bukan orang yang menganut konsep “pilihan tepat” malahan saya lebih percaya sama “reaksi yang tepat”. Bahwa jalur mana pun yang anda pilih di sebuah persimpangan jalan, bukan hasil akhirnya yang penting (apalagi pandangan orang lain), tetapi yang terutama adalah bagaimana anda menerima dan menjalaninya.

Tulisan ini saya dedikasikan buat para pengangguran terdidik, dan yang masih atau pernah menggantungkan cita-cita setinggi langit. Keep on dreaming, and don’t stop striving! Lihat tuh si Sarjana Ojek..

  • eva

    stuju!
    tentukan pilihan n jalani dgn baik, itu yg paling mantep bang!
    gbu

  • yup.. kalo belum dapat pekerjaan idaman, terus berjuang untuk mendapatkannya!

  • Bener tuh bang, harus semangat cari kerja kalo belum kerja. tapi kalo udah ada kerjaan, ya silahkan bertekun didalamnya :D biar tambah sukses :D gak usah dengan apa kata orang lain mengenai kerjaan kita :D :sip:

  • syukurnya saya dah bisa kerja bos
    tapi ga tau juga klo tetap ga punya harga diri
    hhee
    bagus artikelnya

  • setuju

  • nyari receh di internet juga kerja lho….:sip:

  • jadi lah orang innovative.. agar dapat bersaing di “conceptual age” ini..

    • nichpakaich

      conceptual age, apaan ya
      :gaktau:

  • keknya gak gak cuma reaksi tepat aja yang di perlukan bang, tapi Reaksi TEPAT, CEPAT dan Akurat lalu mantaps..!! cocok abang rasa…!

    • nichpakaich

      cocok, tapi aku gak suka maksain segala sesuatu harus cepat..

  • Sampe skrg saya sulit utk membuat keputusan jika dihadapkan dgn beberapa pilihan
    Apalagi memilih wanita utk menjadi pasangan :hmmm:

    • nichpakaich

      bariskan lah dulu, Lae.. asa jelas tarida
      :melet:

  • sekarang mah sulit mencari pekerjaan:puyeng:
    Keampuhan Backlink Blog Edu

    (link removed)

  • artikel yang bagus nich :hore:
    aku jadi teringat iklan rokok si sarjana ojek itu, dan kebetulan baru tadi malam liatnya, kan iklan rokok baru bisa tayang > 22.00 wib

  • Kerja itu ibadah, selama kita diberi anugrah kesehatan oleh Tuhan kenapa hrs nganggur. Apapun pekerjaan kita yang penting halal, jangan hanya kepingin mendapatkan harga diri yang tinggi.

  • Setubuh..!!
    Love this quote:
    “bukan hasil akhirnya yang penting (apalagi pandangan orang lain), tetapi yang terutama adalah bagaimana anda menerima dan menjalaninya.”

  • QQ

    sekarang mah susah juga cari kerja….

    • nichpakaich

      sebenarnya enggak, kalau definisi kerja tidak dipersempit oleh “kriteria” yang disusun sepanjang daftar belanjaan..

      • Setuju banget tu bang ..
        mungkin orang bilang susah karena terlalu memilah-milih ..

        kerja adalah hidup.
        klw tak kerja ???

      • nichpakaich

        omak sudah memilah, memilih lagi

        pernah dengar orang ngomong gini gak,

        pengennya sih pangkat sersan, gaji jendral

        :ngakak:

      • curhattttttttttttt niiiiiii yeeeeee…………

  • hidup adalah perjuangan..
    yah termask cari kerja!!
    tp yng penting jgn lupa segalanya:hiks:

  • :nyembah::nyembah:
    intinya sy kira adalah ber-PENGHASILAN..
    mengutip R.T.Kiyosaki ” tujuan akhir adalah leyej-leyeh di kuadran ke 4 ” hehe.
    biarkan uang yang bekerja buat kita…

  • “”” bekerja untuk makan, makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan :sip:

  • Bani

    Saya setuju Bang..

    Your Job is not your Karir..

  • jaman skrg nyari kerja memang susah :hiks:

  • intinya kerja buat cari uang dan menghidupi anak dan istri.
    masalah definisi jangan terlalu dipusingkan nanti malah ga kerja2 hehehe.

  • Keep on dreaming, Take Action, make it happen and don’t stop striving! :ngudut:

  • Saya setuju Bang..

    Your Job is not your Karir..

  • kerja dimana abang sekarang?
    xixixix…..

    • nichpakaich

      di basecamp lah.. dimana lagi :hihi: