Perbaikan Motor Pawang Hujan

Seharian kemarin, aku telah dedikasikan diri ini untuk mencurahkan perhatian kepada Motor Pawang Hujan-ku. Motor yang selama ini jadi teman setia yang mengantarkan aku kemana-mana, memang sudah cukup lama bertahan dengan kondisi fisik yang tidak sehat. Harus kita sadari, bahwa laka lantas tidak cuma mendera pengendara, tapi juga kendaraan yang diajak nyosor bareng. Setelah berbulan-bulan terpuruk, dan masih juga melayani kebutuhan jalan-jalan anakmudanya ke Pesta Danau Toba, kemarin si Kawasaki ku bawa ke bengkel.

Selama ini kecelakaan lalu lintas yang kuperbuat memang tidak pernah sepele, wajib ada yang pecah/patah/bengkok/berdarah (walaupun untuk bagian berdarah, cuma aku sendiri yang menanggungnya). Dan bolak-balik juga Kawasaki-ku ganti lampu depan. Padahal bagian ini pula yang paling mahal biaya spare part-nya
:grogi:

Tapi kondisi yang jelas bikin gak nyaman dan bisa mengundang laka lantas berikutnya (moga-moga gak ada lagi), adalah seksi/rangka-nya yang “lari” (istilah orang Medan buat kondisi “bengkok”). Karena bentuknya sudah tidak sesuai rancangan asli, maka manuver anakmudanya di jalanan jadi terganggu, karena setiap kali ada tekongan ke kanan pastilah motor-nya terseret liar di aspal (mana ban-nya sudah botak, lagi). Jadi kuputuskan urusan pertama adalah membenahi rangka yang sudah tidak normal tadi.

Solusi yang ku pilih adalah nge-press. Yang artinya rangka dibentuk ulang dengan mekanisme penekanan yang tidak menggunakan pemanasan atau pengetokan. Bisa lihat gambarnya di bawah ini..

Press Rangka

Ditelanjangi, dan di-tekan..

Kebetulan sekali di daerah dekat rumah orangtua (Tanjung Sari), ada bengkel khusus urusan press beginian. Yang punya marga Harianja, montirnya ada dua orang; yang satu marga Barus dan yang satunya lagi marga Gultom. Walaupun aku hapal marga-marga mereka, tapi justru aku tak hapal nama bengkelnya
:hehe:

Sebenarnya jadwal ku ngantarin itu motor, pagi jam 8. Tapi tahu sendiri lah anakmudanya susah bangun jam segitu, belum lagi ditambah kunjungan mendadak dari sodara jauh yang tiba-tiba nongol di pintu rumah. Alhasil aku tiba di bengkel jam 1 siang. Dan kesabaranku pun diuji kala melihat sudah ada 3 motor pasien ngantri disitu.

Bengkelnya sesuai seleraku, BERANTAKAN! Ditambah dengan keramahan para montir yang bikin penantian tidak terasa membosankan, karena kami isi dengan tukar cerita dan pengalaman. Cerita yang paling menarik, adalah bagian si Gultom yang juga pernah touring seperti kami waktu ke Pesta Danau Toba. Mana dia sempat singgah lagi di tempat tulang Tampu depan kampus Del
:sip:

Jam 3 sore, baru lah Ninja itu dapat giliran untuk ditelanjangi dan di-tekan-tekan. Tiba-tiba tampak lah ilmu pawang-hujannya itu motor. Waktu mulai di-telanjangi, langit mendadak mendung (padahal sebelumnya panas terik terang benderang). Dan setelah posisi-nya masuk ke dalam mesin press, dan mulai di-tekan-tekan, hujan pun turun dari langit. Aduhai motor sakti, untung kau gak minta sesajen yah.

FYI, rangka motor itu ibarat urat manusia. Kalau urat terkilir, harusnya langsung diurut. Demikian juga dengan rangka motor, kalau sudah kelamaan seperti Kawasaki-ku, sudah keburu “masuk angin” dan makan waktu lama buat pengerjaannya. Jadi tips buat yang lain, kalau memang ada yang mau di-press, langsung aja di-gas.. gak usah nunggu raise keliling lagi (wakakakka, keluar jiwa poker-ku).

Sejam lebih sedikit, setelah sekali uji coba di jalan, perbaikan selesai (itu sudah maksimal yang bisa dilakukan untuk rangka-nya). Aku pun ngerasa puas, karena keluhan selama ini seperti cakram belakang yang suka merintih, sudah hilang. Salip-salipan pun terasa lebih kokoh bawaanya. Semangat sekali rasanya sore itu. Setelah kulirik jam tangan, dan waktu masih menunjukkan pukul setengah-lima, aku putuskan buat ganti lampu depan yang sudah tidak bisa berfungsi sebagai sumber penerangan di malam hari.

Langsung menuju KMS, bengkel langgananku di jalan Kenanga Raya. Dua hal yang kucari sebenarnya:

  1. Oli Samping
  2. Lampu Depan

Tapi berhubung oli samping dengan merk dan tipe yang selalu ku pakai sedang habis stok, jadi yang dapat ya cuma lampu depan saja.

Aku tetapkan untuk  memilih lampu depan Yamaha RX-King. Karena masih berbekas pengalaman laka lantas sebelumnya. Kecelakaan dengan sebuah becak di ring-road, benar-benar bikin miris hati. Gimana enggak, baru hitungan minggu aku ganti lampu depan Kawasaki Ninja dengan spare part asli, eh itu lampu remuk gara-gara nyosor becak.

Sekarang Ninja-ku sudah “lumayan”, he-he-he, kali ini aku tidak cepat puas. Masih ada beberapa perbaikan lagi yang harus di-cicil. Memang untuk menuntaskan segalanya, butuh biaya yang tidak sedikit. Jadi yang mau bantuin, sudah tahu kan cara donasi PayPal?

  • Ckckckck… Motor ama juragan udah kayak soulmate aja ya lae… :sip:

    • nichpakaich

      Cemana lah, Lae.. cuma itu mainan awak sama lappie sebiji ini.
      Pacar tak ada,
      Peliharaan nunga mago,
      Motor ini lah awak elus-elus..
      :hehe:

  • wakh kalo sudah selesai perbaikannya…pastinya bakalan jalan-jalan dan touring kembali dong

    • nichpakaich

      Akan dipertimbangkan kembali prihal touring-nya, karena ada rencana mau jalan ke Tangkahan.

  • zee

    Yah itulah, balap-balap ajalah pulak kerjanya hehehe…
    Kalau di-press begitu gpp itu ya? Gak merusak rangkanya?

  • bah… motornya kok ditelanjangi… melanggar etika permotoran tuh…

  • Berkunjung menjalin relasi

  • kalu aku ada di situ aku perbaiki deh motornya

  • pawang motor hehe oleh juga

  • keren..di daerah mana t perbaiki mtrnya??

  • keren motornya

  • :hiks: kasihannya dia..pasti ntar disiksa di zolimi lagi sama abang…semoga dia makin kuat dan tabah :hiks:

    • nichpakaich

      wakakaka.. ibarat sepatu, kalau gak dipijak, ya gak sepatu namanya
      :licik:

  • :hore: melalak.com lagi….
    tinggal nunggu jin pulang ajah:phew:

    :hihi:congrat buat motor pawang hujan yang sukses kem-kem..

    momo masih nunggu operasi bokong :hehe:

    • nichpakaich

      belum juga?
      sama dengan blog-mu yang belum juga ada update yah
      :hihi:

  • kapan ikutan MotoGp 2010 Kang? :sip:

    • nichpakaich

      wah, lain kelas mah, ini kan 150cc

  • ati2 donk om.. Kasian kan si Ninin :hiks:

  • numpang tanya bang…..alamat bengkel press motor itu dimana?