Rekreasi di Bukit Kubu Berastagi

Senin kemarin, 25 Juni 2012, kami (dalam artian, seluruh unit tenaga yang tergabung di bawah manajemen Namira) melakukan Rekreasi Bersama ke Bukit Kubu (Berastagi, Indonesia).

Aku memang belum pernah ke tempat ini. Jadi wajar jika aku coba tanya-tanya ke orang Berastagi tentang lokasi yang kami tuju dengan menggunakan dua bus pariwisata.

twitter tanya bukit kubu

Sayangnya, tidak ada informasi yang bisa aku himpun. Berusaha searching di internet sambil menghemat batere, hasil yang sempat kudapat cuma tentang sebuah objek wisata di Malaysia (oh ya, disana pun ada Bukit Kubu). Ya, aku cuma bisa menunggu (dan tidur) hingga kami tiba di tempat yang dituju.

Dan ternyata, oh ternyata. Bukit Kubu ini sudah entah berapa kali aku lintasi dengan decak kagum. Jika teman-teman bergerak dari Medan menuju Berastagi, sebelum memasuki pusat kota Berastagi pasti terlihat, di sebelah kanan ada lapangan hijau berbukit. Itu lah dia, Bukit Kubu Hotel.

Hamparan Bukit Kubu

Hamparan Bukit Kubu

Sebenarnya aku gak begitu tahu detil harga (berhubung semua-semua diurus koordinator rombongan). Tapi kalau tidak salah nih, sepuluh ribu per orang. Dan itu sudah termasuk tikar yang boleh dipakai selama berada disana.

Tempatnya luas, asri dan dirawat dengan tak henti-henti.Aku bisa perhatikan ada beberapa petugas yang lalu lalang dengan gerobak beko dan peralatan kebersihan seperti sapu dan pengki. Petugas kebersihannya tak peduli seberapa sering bola kami menghantam dahan pohon (dan menyebabkan ranting-ranting keringnya gugur ke tanah) tetap saja mereka membersihkan ranting-ranting yang jatuh. Demikian juga dengan sampah-sampah pengunjung, tidak dibiarkan menunggu lama, akan langsung disapu bersih. Gak pakai merepet juga! Bahkan aku sempat lama memperhatikan salah satu abang pembersih “menegur” dengan lembut seekor anjing (sepertinya peliharaan mereka) yang nongkrong macho di dekat kami. Lalu si anjing ngeloyor balik ke posko mereka
:kembik2:

Aku menyempatkan diri untuk tanya-tanya ke beberapa orang yang sepertinya sehari-hari berada disana.
Emang mantap lah, kalau tampilan udah kaya’ wartawan. Semua nurut aja kalau ditanya-tanya.

Nichpakaich di Bukit Kubu

Ini anakmudanya

Adalah bang Senang Perangin-angin (semoga aku tak salah mengingat marganya) yang menjadi narasumber. Dia lah yang bisa kupancing-pancing untuk menceritakan tentang siapa yang kelola Bukit Kubu ini, kapan waktu puncak Bukit Kubu dikunjungi oleh yang berpasang-pasangan, dsb. Sayangnya gak bisa dapat korting buat layangannya. Empat-puluh-ribu-rupiah, pas.

Senang Perangin-angin

Perangin-angin, Layangan, ?

Aktifitas main layangan adalah kegiatan yang paling gampang terlihat disini. Karena tempatnya cukup berangin, dan lahannya luas. Jadi semua orang bisa bergerak bebas dalam upaya menaikkan layangannya. Dan di tempat ini juga dulu pernah dilaksanakan Festival Layang-Layang Internasional dalam rangka memeriahkan Pesta Danau Toba 2012.

Selain menyediakan lapangan yang luas buat rekreasi, disini juga tersedia wisata berkuda. Ada dua pilihan, mau langsung duduk di atas sadel, atau naik sado. Sebenarnya aku tertarik mau nyobain, apalagi ditawarkan jalan ke arah belakang – yang katanya ada patung Bung Karno – tapi intinya; gak jadi.

Sado Kuda di Bukit Kubu

Bisa Keliling Naik Sado

Makan siang bersama (sepuasnya, stok kantin dikeluarkan semua) di bawah rindangnya pohon dengan ditemani semilir angin. Bikin games buat ibu-ibu guru yang gak bisa ikutan main bola. Rame-rame berusaha menerbangkan layangan, sampai keluar duit beli layangan versi mahal. Ya, selama disana rombongan kami benar-benar “yang penting enjoy”

Foto Rombongan Namira di Bukit Kubu

Rombongan Namira School

Aku sih menyarankan kalau anak-anak BloggerSUMUT mau kopdar, kesini aja. Adem, asri plus boleh bawa makanan dari luar. Asal ingat-ingat juga, jangan terbuai sama sejuknya angin Berastagi, terus kelupaan main di bawah sinar matahari sampai kulitnya terbakar.

  • Kalu BloggerSUMUT kopdar di sini, deket Helda dongg..

  • ususl helda wajib dipertimbangkan !!

    • Saya juga ngusulkan demikian, Om
      Asli, kebayang serunya kalau udah kopdar disitu, bawa gulai jengkol dari Medan *nyaam*

  • Jonru

    Bukit kubu memang tempat yang sangat indah dan penuh kesan, tapi sepertinya selama ini terlupakan. Padahal saya yakin, setiap orang yang lewat di depannya pasti akan merasa sangat terkesan. Karena tempat ini sangat unik.Saya sejak kecil sering lewat di situ, karena sejak dulu sering bolak balik dari Medan ke Kabanjahe. Tapi sampai sekarang saya juga belum tahu itu tempat apa, dan belum pernah datang ke sana. Saya kira, si pemilik dan perancang hotel ini memiliki jiwa seni yang sangat tinggi :) 

    • Niatnya itu yang luar biasa, bang.
      Sampai punya pasukan kebersihan yang konstan keliling lapangan. Kita saja kagum. Apalagi melihat rumputnya, gak ada teki-teki (rumput liar). Wah, beneran bagus.

  • BADIA COOLSZ

    Dari pinggir jalan keliatan sih kalau bukit kubu itu indah
    tapi setelah melihat foto bg nich
    ternyata didalamnya lebih indah lagi
    jadi pengen kesana

  • Menakjubkan.. Indahnya alam indonesia yang satu ini, Semoga suatu sat nanti saya bisa berkunjung ke sana. Terima kasih gan atas infonya.

  • Fikryfatullah

    Kami dulu sekeluarga waktu jaman SD paling ga setahun sekali kesini bang. semenjak SMA ga pernah lagi, ternyata tempatnya masih sama. Kayanya bukit kubu asik buat gath, ga jauh, murah lagi

  • Whoa, baru tahu wak
    ada juga ternyata tempat sebersih itu di sumut yah
    Ayolah, kita sebar yg bersih2 gitu

  • Semoga Namira School semakin jaya dengan seluruh staf dan guru yang tersegarkan pemandangan dan layanan Bukit Kubu Hotel. hehehe.

  • Fahmyramdani

    thank’s ia atas infonya sangat bergua,,,, 
    salam blogger

  • Fahmyramdani

    THANKX ATAS INFONYA…..

  • Ah, udah lama gak ke Bukit Kubu….

    ….3 tahun yang lalu. LOL.

  • modern classic furniture

    makasih info wisatanya ya…kapan2 jalan2 ke sana aahhh…:)

  • Bunda Tina

    seru sekali yaa…

  • lupi

    keren mass bukit kubunya,,
    ijin sedot fotonya yow buat tugas kuliah hehe tq ~