Belajar Investasi Reksa Dana

Tulisan ini dibuat untuk mengabarkan kemana saja aku selama ini, dan juga sebagai aksi berbagi dariku. Bagi yang mau berkenalan dengan Reksa Dana, dan masuk kesini dari Google karena mencari referensi bagaimana cara beli reksadana, silahkan lanjut baca karena jalan Anda sudah benar. Yang sekedar mau cari promo, bisa scroll-scroll langsung ke bawah. Tapi buat yang mau tahu Giring Nidji punya produk reksadana apa saja; maaf, saya juga tidak tahu.

Jadi begini ceritanya…

Sejak 2015, anakmudanya memang sudah jarang berkontribusi di ranah konten online. Ya, aku yang dulunya fokus di e-commerce, internet marketing, dan sanak-saudaranya; harus dedikasikan waktuku untuk belajar investasi, khususnya reksa dana. Bukan jadi broker atau manajer investasi, ya. Masih kerja di dunia IT, koq. Hanya saja, kerjaan sebagai konsultan sistem back-office untuk transfer agent reksa dana butuh banyak waktu untuk ini-itu.

Apa itu Reksa Dana?

Investasi Reksa Dana adalah suatu jenis produk investasi yang ditawarkan kepada masyarakat, yaitu berupa penempatan dana yang akan dikelola/diinvestasikan kedalam bentuk kumpulan surat berharga (baik berupa saham, surat hutang/obligasi, termasuk deposito/instrumen pasar uang).

Siapa pengelola Reksa Dana?

Penerbit dan Pengelola dari Reksa Dana adalah Perusahaan Manajer Investasi (PMI, atau MI) yang dalam menjalankan usahanya memiliki ijin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yaitu badan pemerintah yang bertugas dalam melaksanakan pengawasan serta pengaturan di industri keuangan.

Kalau sekilas kalian tangkap bahwa ada aktifitas kumpul-kumpul dana, tapi ini beda dengan arisan tetangga atau arisan online yang pernah marak. Karena ada OJK disini yang mengatur para pelaku industri reksa dana agar tidak ada yang ujung-ujungnya dirugikan.

Kenapa harus Reksa Dana?

Dari sekian banyak bentuk investasi lainnya, reksa dana ini relatif mudah, terjangkau, dapat disesuaikan dengan tingkat risiko investor, mudah dicairkan, dan peluang mendapatkan hasil keuntungan investasi yang lebih tinggi dibandingkan tabungan/deposito, bahkan melampaui kenaikan harga-harga kebutuhan hidup (inflasi).

Aku sudah cobain. Baru-baru saja, sebenarnya. Dan karena menurutku menarik, makanya kubagikan.

reksa-dana-performa-investasi-renewable-energy

Performa Investasi: INSIGHT Renewable Energy

Bagaimana cara beli Reksa Dana?

Sudah hitung jumlah hari pada screenshot di atas? Itu baru jalan 2 minggu, lho. Karena sebenarnya 2 minggu lalu sistem aplikasi kami yang baru (namanya Invisee) udah bisa dipergunakan untuk transaksi reksa dana. Ya, selain cara konvensional dengan mendatangi agen penjual reksa dana (umumnya bank), kalian bisa juga melakukan pemesanan investasi reksa dana secara online. Bayarnya bisa pakai transfer ATM, atau kalau sudah menjadi nasabah PermataBank malah bisa selesaikan semuanya melalui fasilitas personal banking. Tanpa perlu keluar rumah.

Sampai disini, ada yang ngeh kalau aku menuliskan “melakukan pemesanan” di paragraf terakhir? Nah, itu sengaja aku tulis begitu, bukan karena aku kelamaan di e-commerce, ya. Karena di reksa dana ini, memang prosesnya tidak seperti beli barang-jadi; begitu bayar sudah langsung dapat. Karena ada cut-off time, ada durasi settlement, dan lain-lain. Perlu luangkan waktu buat belajar reksa dana lah, intinya. Dan kalau mau belajar, bisa mulai dari Invisee.

Stop scrolling, ini bagian PROMO.

Buat yang mau coba investasi reksa dana berhadiah, ini ada satu alasan untuk tidak menunda lagi.

Cukup dengan top-up Rp100rb, kalian sudah bisa mulai berinvestasi dengan produk reksa dana pilihan sendiri, bahkan sudah bisa pergunakan fitur Goal Planner yang tersedia untuk perencanaan di masa mendatang.

investasi-reksa-dana-invisee-promo

Klik pada gambar di atas – Promo Invisee (image source: Invisee)

Jadi, kusudahi lah postingan hari ini. Buat yang mau tanya-tanya, bisa tinggalkan komentar, atau langsung tanya-tanya ke Invisee saja, karena ada CS-nya yang siap sedia.

 

(Tulisan ini mengambil beberapa penjelasan dari Invisee, dengan perbaikan seperlunya.)

  • Andi Hakim Nasution

    sangat bermanfaat pak