Email itu untuk apa?

Siapa disini yang tidak punya akun Facebook?

Tanya saya ke satu kelas yang berisi 20 orang siswa.

Hening, tak ada satu pun yang mengangkat tangan atau menjawab pertanyaan saya.

Oke, sekarang, siapa yang tidak punya email?

3, 4, .. sekian orang mulai mengacungkan tangannya.
:duer:

Yah, ini bukan pengalaman pertama, atau pun kejadian langka di lingkungan saya. Mengingat kembali pengalaman sebagai operator warnet, saya bisa maklum kenapa hal seperti itu bisa terjadi. Dan sering terjadi.

Saya pernah menyaksikan sendiri, beberapa pengunjung warnet datang, lalu minta dibuatkan akun Facebook. Mereka mengaku belum punya email, dan tidak mau repot untuk membuat email. Yang penting punya Facebook. Itu saja, sudah.

Tentunya hal ini bukan pekerjaan yang sulit untuk seorang operator warnet, yang bisa dapat keuntungan cepat dari pekerjaan yang singkat. Setuju?

Email yang seyogyanya menjadi identitas resmi di ranah dunia maya, sepertinya kehilangan peran dibandingkan alamat akun Facebook atau username twitter. Ya, email yang awalnya berfungsi sebagai identitas (alamat) bertukar-kirim pesan, tergantikan sudah dengan fitur kirim-pesan yang juga disediakan oleh akun-akun social networking lainnya.

Jadi kalau toh tetap bisa berkirim pesan lewat Facebook, kenapa juga musti punya dan pelihara email? Betul kah?

Salah kaprah, memang. Tapi tetap saja hal ini terjadi lagi dan lagi. Entah kenapa, sepertinya jaman sekarang orang memang senang dengan yang instan-instan. Tanpa mempertimbangkan kebutuhan akan pengetahuan yang mendasar, dan memahami pentingnya sebuah proses.

  • Betul… Kasus seperti itu banyak juga aku jumpai. Kadang orang ga sadar kegunaan email. Contohnya jika mereka lupa/kehilangan password di account facebook/twitter, maka si penyedia layanan facebook/twitter kan akan mengirimkan password baru ke email tersebut.

    Dan ketika mendafar ke web2 social media kan kita harus memverifikasi alamat email. Nah karena mereka inginnya punya akun facebook/twitter aja, tanpa mau tau soal email. Kadang akun mereka tidak terverifikasi dan ketika ada kendala, maka yang terjadi adalah akunnya susah untuk di restore.

  • informasi dasar.. cocok buat adik-adik kita yang duduk dibangku tk dan sd.

    • nichpakaich

      wuee… sudah maju sekali yah anak jaman sekarang.

  • email a lot easier to make a list anywhere … email now to me like an identity card

    • nichpakaich

      masih gak bisa ngerti apa arti komentar si angry birds ini..

  • Kayanya klo bikin facebook harus pake e-mail kan bro? buat verifikasi.

    • nichpakaich

      benar, perlu kan yah?

  • “Tentunya hal ini bukan pekerjaan yang sulit untuk seorang operator warnet, yang bisa dapat keuntungan cepat dari pekerjaan yang singkat. Setuju?”

    caeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrr :hihi:

  • hhe,. bagus artikelnya :)
    bikin sedikit nyengir :hihi:

    Keep psting gan :)