Rumah Blog Indonesia

Sebelum-sebelumnya, saya sering terlibat dalam workshop atau pelatihan blog dengan sistem face-to-face, atau tatap muka. Dan saya terkejut ketika mengetahui ada blogger yang justru ngajari orang lain ngeblog, secara online. Bahkan lewat SMS (!)

Adalah Irda Handayani, yang awalnya saya sangka sudah ibu-ibu, sebagai tokoh utama yang mengelola Rumah Blog Indonesia. Bukan tidak beralasan sebenarnya jika saya berasumsi bahwa kakak yang satu ini adalah sosok ibu rumah tangga. Soalnya dulu gak pernah kopdar, dan satu cerita yang melekat di benak saya; adalah tentang dia ngajari emak-emak ngeblog, via SMS. Naah.. kalau dipikir-pikir, wajar kan yah saya sangka sudah ibu-ibu?
:hehe:

Saya harus kasih jempol buat kakak yang satu ini. Karena jika melihat isi blognya, anak Medan yang satu ini termasuk perempuan yang aktifitas ngeblognya tidak hanya mentok di kegiatan menulis keseharian. Tetapi juga merambat ke berbagai aspek teknis ngeblog yang barangkali dianggap merepotkan bagi blogger pemula (uuhm.. migrasi domain, tentang backlink, cara memeriksa broken link, pasang-pasang widget, dll.)

Dan apa yang dibagikan di dalam blognya, mengingatkan saya akan apa yang saya alami di saat awal-awal ngeblog; inklusif.

Siapa lagi coba, yang jaman sekarang masih main ping-pong, eh main tag-tag di blog ya namanya? Itu lho yang nerus-nerusin Pe-eR ke blogger lain, dengan tugas aneh-aneh dan mencantumkan tautan blog masing-masing. Saran saya, buat yang mau nambah-nambah teman blogger, atau mau nambahin tujuan blogwalking rutin, singgah deh ke RBI.

Sebelum kebingungan kamu-kamu berlanjut, saya mau meluruskan – bahwa sepengetahuan saya RBI yang satu ini tidak berafiliasi dengan Rumah Blogger Indonesia yang jadi sekretariat Komunitas Blogger Bengawan itu, lho. Barangkali cita-citanya mirip, tetapi secara lokasi sudah berbeda. #okesip

Rumah Blog Indonesia

Rumah Blog Indonesia

Perlu untuk diketahui, tulisan ini adalah bentuk apresiasi saya karena kak Irda sudah sukses menempuh #tantangan21hari yang saya ajukan dalam #SeminarBlogger bersama @Smafe1st kemarin. Dan buat kak Irda, saya punya beberapa masukan yang kiranya bisa berguna buat RBI:

Dari sisi kecepatan (page speed), saya rasa cukup nyaman untuk menunggu sebuah halaman tampil secara sempurna. Bahkan untuk koneksi Speedy saya yang sudah habis quota FUP-nya.  Tapi secara kasat mata, saya sebenarnya mulai merasa kurang nyaman dengan banner-banner counter di halaman blog. Barangkali ini pengaruh umur.

Saya kenal BlogUpp, dan sama seperti EntreCard (kalau tahu) sebenarnya ini cukup bermanfaat koq. Asal diseriusin aja, minimal jadi modal blog walking kan yah?

Gabung di IBN juga? Saya gak tahu konversi kak Irda dengan penempatan iklan di sidebar itu, tapi dari sekian halaman yang saya coba, kerap iklannya terlalu ke bawah (di bagian sidebar, udah ngantri yang mejeng di atasnya). Yuk, di hitung ulang, kira-kira heat map-nya dimana.

Jatah kak Irda belajar CSS lagi nih. Selain bisa jadi modal untuk ngerombak sidebar yang kepanjangan, nanti bisa dipakai buat ads-placement juga. Dan, entah kakak emang baik banget sama yang nyediain template blog RBI. Tapi kalau saya, pastinya gak pengen ada link-juice yang keluar sembarangan
:mlorok:

  • wew, selamaaaaaat! *masih nggak ngerti tantangan itu*

  • Irda Handayani

    1. Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas kesediaan bg Nich me-review blog RBI :D
    2. Saya pengen ketawa ngakak karena disangka sudah emak2 ^o^ Maklum bg, saya juga bergabung di komunitas emak2 blogger, hehehe…
    3. Menganai afiliasi dengan Rumah Blogger Indonesia, sebelumnya saya sudah pernah menghubungi mereka via email terkait nama yang hampir mirip dan penggunaan singkatan RBI, tapi tidak ada masalah, meskipun basic kami sama2 bergerak di bidang blog, tetapi arah dan tujuannya berbeda :)
    4. Terima kasih atas kritik dan sarannya, memang kebiasaan saya yang jelek ini harus segera dibenerin -____-” Itu loh, sidebar yg kepenuhan dan tdk eye cathing, hehehe…
    5. Kalau belajar CSS memang sedang saya pelajari bg, lagi giat2nya belajar ini ^^
    6. Hhhmmmm…. begitu ya, baiklah, akan saya cek lagi tentang link juice itu

  • Selamat buat kak irda ! :D konsisten dalam #Tantangan21Hari 

  • Rumah Blog, semoga berhasil di blogosphere. ;)

  • beby

    terus berkarya tanpa mengenal lelah,yang wajib jgn lupa,selamat dek