An Inspiring Moment bersama Mom n Jo

Ternyata ketika ibu hamil mengkonsumsi produk makanan/minuman yang mengandung probiotik, bakteri baik tersebut bisa sampai juga ke bayi ketika dilahirkan; koq bisa? Ya, karena bakteri tersebut bisa sampai ke jalur lahir sang jabang bayi (vagina ibu) dan akhirnya akan didapat si bayi ketika dia dilahirkan (melalui proses persalinan normal).

Yang di atas itu, benar-benar baru aku dapat ketika mengikuti #AIMRoadshowMedan2013. Ketika pertanyaan “bagaimana probiotik bisa sampai kepada bayi” dilontarkan, udah googling juga gak nemu jawabannya
:ngakak:

An Inspiring Moment Roadshow Medan 2013

Ya, masih dengan kisahku menjalani kehamilan istri tercinta, yang sekarang sudah memasuki bulan ke-8. Hari Minggu (30 Juni 2013) kemarin kami ikutan acara An Inspiring Moment yang digelar oleh Mom n Jo di Grand Aston.

Acara yang diisi dengan photo sessioncoffe break, talk-show, dan makan siang bersama ini (disusun secara kronologis) mengusung tema Celebrate your Curves!

Benar-benar membekali para ibu hamil dengan beragam kesiapan mental dan informasi terkait kehamilan. Mulai dari bagi-bagi pengalaman hamil dan melahirkan oleh Spoke Person Mom n Jo (Deasy Noviyanti), pemahaman tentang nutrisi bagi ibu hamil (oleh dr. Iman Helmi Effendi, SpOG), sampai self-massage yang berguna bagi ibu hamil kalau suami lagi gak di samping (jadi ibu bisa pijit kepala, pundak atau kaki sendiri) — dibagikan langsung oleh Managing Director Mom n Jo (Ibu Endah Wulansari) dan dipraktekkan bareng-bareng.

Tetapi jika informasi tentang kehamilan, terasa terlalu ‘biasa’ bagi kaum lelaki (yang notabene seneng yang canggih-canggih), aku dapat perkenalan dengan teknologi yang bernama Premier Stem Cell Bank.

Pengobatan dengan Sel Punca (Stem Cell)

Bermula dari pemaparan tentang CyroCord, salah satu sponsor acara, yang membangkitkan lagi ingatanku tentang film The Island. Tentang bagaimana seseorang bisa mempersiapkan “asuransi biologis” yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit yang membutuhkan organ yang sesuai dengan tubuhnya.

Seperti yang kita tahu, untuk urusan transplantasi saja, masih diperlukan kecocokan antara pasien dan donor. Setiap organ yang di-donor-kan harus cocok dengan jenis darah dan jaringan tubuh penerima. Lalu, darimana lagi kecocokan 100% bisa di dapat kalau bukan dari tubuh sendiri?

Nah, disinilah peran sel punca. Sel yang terdapat di dalam tubuh ini bisa diibaratkan “suku cadang” untuk mengganti sel-sel yang rusak karena penyakit — atau mati secara alami karena faktor penuaan (degeneratif). Sel punca sebenarnya bisa didapat dari berbagai sumber di dalam tubuh:

  • sumsum tulang belakang
  • darah tepi
  • darah tali pusat

Sel punca yang diambil, kemudian akan dibiakkan dan disuntikkan lagi ke organ yang butuh perbaikan.

Tetapi sel punca yang diambil dari darah tali pusat memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sel punca yang didapat dari sumber lain, antara lain:

  • lebih muda
  • lebih murni
  • risiko sel-sel untuk menyerang tubuh sendiri lebih rendah
  • tidak perlu mencari pendonor karena sel punca yang diambil dari bayi kelak akan memiliki kecocokan 100% terhadap tubuhnya.

Ya, hanya ada satu kesempatan untuk mengambil sel punca dari tali pusat ini, yaitu ketika bayi baru dilahirkan. Itu lah yang diperkenalkan oleh CyroCord kemarin. Mereka menyediakan jasa pengumpulan dan penyimpanan sel punca (stem cell bank).

Selain cocok 100% bagi si bayi, sel punca yang diambil dari darah tali pusat juga memiliki kecocokan yang cukup tinggi untuk kedua orang tua dan saudara kandung si bayi.

Manfaat penyembuhan yang ditawarkan oleh sel punca ini benar-benar mumpuni; mulai dari kanker darah, kelainan metabolik, juga imunodefisiensi — sudah mulai bisa diobati dengan sel punca ini (silahkan cek disini). Bagi yang sadar akan gaya hidup era sekarang ini, dan khawatir akan risiko penyakit di masa mendatang yang mungkin menimpat si buah hati, sudah bisa mempertimbangkan untuk menyimpan sel punca darah tali pusat sebagai bentuk antisipasi jika anak terjangkit penyakit berat.


Jadi, bagi kaum bapak, jangan sungkan kalau istri mau ikutan acara beginian. Temani. Manfaatnya gak kerasa (langsung) kalau cuma ngasih duit doang
:hihi:

  • Yunizar Hutagalung

    Hihihiii.. Bermanfaat bangetkan ternyata, pah :D