Cara Install BBM di PC Bermodal Android Emulator

Sudah bolak-balik menjadi pembicaraan di internet, tentang keputusan BlackBerry untuk menjadikan BlackBerry Messenger (BBM) sebagai pengirim pesan multi-platform. Dan aku harus katakan, bahwa smartphone-ku (Smartfren Andromax 4 bermodal promo) sesungguhnya tidak pantas untuk disematkan aplikasi BBM untuk Android. Bukan mau sombong atau antipati, tetapi spesifikasinya memang kurang mumpuni; mulai dari versi OS, processor, apalagi internal memory yang hanya 144MB — walau sudah diakali dengan Link2SD tetap saja sudah kelimpungan mengatasi kebutuhan ruang simpan untuk beragam aplikasi lain yang memang kubutuhkan.

Tiba hari itu, dimana aku melihat tautan yang dibagikan di FB Group AndroidMedan. Penasaran. Lalu aku pun memutuskan untuk mencoba. Dan inilah tahapan yang kulalui hingga akhirnya aku pun memiliki PIN BBM dengan kepala ‘7’
:hihi:

instalasi-bbm-di-android

Jadi buat contekan ke depannya, juga buat yang membutuhkan, ini dia cara install bbm di PC menggunakan Android Emulator:

Pre-requirements

Berikut adalah software-software yang kupergunakan dalam proses instalasi. Download dan simpan semuanya ke komputer yang akan diinstal BBM – Android.

  1. Android SDK (ADT Bundle for Windows, aku pakai yang Windows x86-20130917) ini adalah software development kit, yang kurang lebih sebenarnya dibutuhkan programmer untuk membuat sebuah aplikasi Android pada komputernya.
  2. Java SE Development Kit yang  diperlukan untuk menjalankan Android SDK. Minimum sih yang versi 6, tetapi aku pakai yang versi JDK 7.
  3. Paket Instalasi BBM (bagi yang membutuhkan file .apk untuk instalasi manual dari localhost) bisa diunduh disini (versi 1.0.0.70).

Nah, kalau kamu sudah punya 3 komponen penting di atas, berarti sudah siap untuk memulai aksi.

Disclaimer

Harap diperhatikan bahwa cara install bbm di PC yang aku bagikan ini adalah hasil ujicoba setelah mempelajari banyak referensi (khusunya bagian adb command). Dan ujicoba yang kulakukan, berhasil (nah itu ada buktinya di bagian awal postingan ini). Jika kamu was-was, ragu, atau tidak yakin, dan lebih memilih untuk keluar uang untuk hasil yang terjamin, lebih baik berhenti membaca disini.

Tahap 1: Instalasi SDK

  1. Berhubung untuk menjalankan Android SDK membutuhkan JDK, maka yang pertama sekali diinstal adalah JDK 7 (komponen nomor 2). Caranya gampang, berhubung file yang disediakan sudah berekstensi .exe jadi kamu tinggal double-click dan ikuti tahapannya hingga selesai.
  2. Sesudah JDK 7 sukses diinstal, baru lanjutkan dengan extract Android SDK (berhubung file yang disediakan situs resminya adalah paket ZIP).

Hasil ekstraksi boleh ditempatkan dimana saja, dengan nama folder apa saja. Bebas. Tapi kamu wajib ingat lokasinya.

Tahap 2: Konfigurasi Emulator

Setelah proses instalasi selesai. Sekarang bagian konfigurasi agar emulator bisa berjalan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh BBM – Android.

  1. Jalankan SDK Manager.exe (di dalam folder hasil ektrak tadi)
    instalasi-bbm-di-android-1
  2. Selanjutnya kita akan membuat sebuah perangkat Android “ecek-ecek”. Pada window SDK Manager, pilih Tools > Manage AVDs…
    instalasi-bbm-di-android-emulator
  3. Akan terbuka window Android Virtual Device Manager. Sekarang harusnya daftar Android Virtual Devices masih kosong. Klik tombol New…
    membuat-android-virtual-device-di-emulator
  4. Window baru lagi akan terbuka. Disini kita akan tentukan spesifikasi perangkat Android Virtual Device tersebut. Mulai dari namanya (bebas aja), jenis perangkatnya (aku pakai device Nexus 4), opsi memory (ujicobaku di 756 sudah cukup), internal storage (200 MiB) dan SD Card (300 MiB).
    Silahkan lihat gambar di bawah ini untuk jelasnya
    konfigurasi-android-emulator
  5. Setelah semua diatur, klik OK. Akan muncul konfirmasi pengaturan yang sudah dibuat. Sekali lagi klik OK untuk menutupnya dan mengakhiri tahap konfigurasi emulator.

Tahap 3: Jalankan Emulator

  1. Kembali ke window Android Virtual Device Manager, akan terlihat bahwa ada Android Virtual Device yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Pilih AVD tersebut, lalu klik tombol Start…
    menjalankan-android-virtual-device-emulator
  2. Setelah tombol Start… diklik, muncul window Launch Option, disini aku tidak mencentang apa-apa, langsung klik tombol Launch
    instalasi-bbm-di-android-emulator
  3. Jika semua sesuai, maka akan muncul window baru yang merupakan interface perangat Android Virtual yang sudah dibuat
    android-emulator
  4. Selamat, sekarang kamu sudah punya Android baru!

Biarkan saja emulator berjalan, tidak perlu ditutup untuk tahap selanjutnya. Kalau loadingnya terasa lama, cobalah untuk lebih sabar menunggu.

Tahap 4: Instalasi BBM di Android Virtual

Sekarang tahap terakhir, yaitu menginstal aplikasi BBM untuk Android ke emulator. Disinilah peran file .apk yang menjadi pre-requirements tadi. Kenapa harus instalasi secara lokal? Karena aku tidak mau repot mendaftarkan akun Google via Android “ecek-ecek” tadi. Tapi kalau kamu mau yang praktis, silahkan install BBM – Android langsung dari link ini (menggunakan browser emulator).

Oh ya, pastikan bahwa komputer yang dipergunakan sudah terhubung ke internet ya. Karena nantinya proses aktivasi layanan BBM harus terhubung ke server BlackBerry.

Instalasi paket aplikasi BBM – Android (komponen nomor 3) yang kulakukan, menggunakan command prompt. Jalankan “Run” pada Windows (tombol Windows+R), lalu ketikkan cmd.
Bagi yang kurang familiar dengan perintah command prompt, bisa baca tutorialnya disini.

Tahap 4-1: Persiapan Paket Instalasi BBM – Android

Sebentar kita beralih ke Windows Explorer. Di dalam folder Android SDK (hasil ekstraksi tadi) terdapat beragam aplikasi pendukung yang berfungsi untuk “mengoprek” Android Virtual Device yang sudah dipersiapkan. Folder yang penting, dalam tahapan ini, adalah  sdk\platform-tools. Silahkan copy-paste paket aplikasi BBM – Android (BBM_1.0.0.70.apk) ke dalam folder platform-tools.

Tahap 4-2: Eksekusi Instalasi BBM – Android

Kembali ke command prompt, pastikan kamu bekerja di folder sdk\platform-tools tadi. Coba periksa, dengan perintah dir, apakah ada file adb.exe? Jika ada, berarti sudah benar tuh lokasinya.

  1. Langkah pertama, adalah memastikan bahwa komputer/laptop sudah mendeteksi “kehadiran” perangkat Android “ecek-ecek” tadi, dan terhubung. Perintah yang dijalankan adalah: adb<spasi>devices (program ini akan menampilkan di cmd, perangkat virtual yang terhubung ke laptop/komputer)
  2. Kalau tidak ada error, selanjutnya jalankan perintah ini: adb<spasi>-e<spasi>install<spasi>BBM_1.0.0.70.apk
  3. Setelah muncul pesan Success, maka di Android Virtual Device tadi sudah terinstall BBM – Android!
    adb-command-android-emulator

Tahap 5: Daftar BBM

  1. Kembali ke emulator, silahkan buka Menu (dengan cara single-click) untuk menampilkan daftar aplikasi yang terinstal. Seharusnya sudah ada icon BBM.
    hasil-instalasi-bbm-di-android-9a
  2. Klik icon BBM, dan tampilan yang muncul adalah halaman “Welcome to BBM”
    sukses-instalasi-bbm-di-android
  3. Jika kamu belum punya BlackBerry ID, maka pilih “Create a BlackBerry ID” dan lengkapi isian yang ada (pada bagian email, isikan email yang aktif).
    Jika kamu sudah punya BlackBerry ID, maka tinggal pilih “Sign In” dan login dengan akun kamu.
  4. Jika kamu sudah memiliki BlackBerry ID yang aktif, maka BBM akan menampilkan layar “Complete Your BBM Profile”. Silahkan lengkapi, dan akun kamu sudah dapat dipergunakan.

Harap disadari, bahwa BlackBerry punya antrian yang panjang untuk generate PIN bagi pengguna baru, jadi bagi yang memilih “Create a BlackBerry ID” harap sabar menantikan email konfirmasi yang dialamatkan ke inbox email kamu.

Jadi gimana? Bisa? Kalau bisa, selamat yah! Kalau gak bisa, boleh tinggalkan komentar di bawah, sebisa mungkin (dan sesempat mungkin) akan anakmudanya bantu
:sip:

Update 28 Oktober 2013:

Ada berita dari BlackBerry bahwa sekarang tidak ada lagi “antrian PIN” untuk pendaftaran pengguna baru. Kabar baik nih kan ya?

  • Guest

    info nih, pake bluestack gak bisa bang

  • buburasem

    tambahan info dikit bang, pake bluestack gak bisa, 2 hari yang lalu dicoba :D

  • Rodi Candra

    Waaahhhh keren sekarang aku sudah bisa BBM-an , terimakasih Mas Admin atas petunjuknya =D

  • zeptra

    kakak help,,kug aku coba cara diatas gagal yach??

    armnya malah ngebug, T_T
    mohon petunjuk kk

    • ARM nge-bug gimana maksudnya, ya?
      Ada screenshot?

      • zeptra

        ini salah satu erornya kk,padahal pengaturan udah sama plek T_T

      • Kalau boleh tahu, RAM PC/Laptop kamu berapa? Ada 2 ◦GB?

      • zeptra

        ada mas,,RAM laptop 3038 MB …. :)
        mohon petunjuknya :)

      • Apakah Android Emulator dijalankan dengan menggunakan Administrator PC/Laptop?

      • zeptra

        saya memakai windows xp sp 3 nih OSnya,, jadi sepertinya tidak perlu di set administrator untuk jalaninnya,

      • Sebenarnya sih gak ngaruh SP berapa, tetapi setiap program yang dijalankan mengenali jenis privileges dari sistem operasinya.
        Kalau memang tidak berpengaruh, boleh coba lakukan langkah-langkah berikut:

        1) Buka folder C:Users.androidavd.avd

        2) Ada satu file bernama config.ini, coba diedit (pakai notepad juga bisa)

        3) cari baris hw.ramSize=736 lalu tambahkan “MB” di belakangnya, menjadi hw.ramSize=736MB simpan perubahan. Lalu coba jalankan lagi.

        *dimana adalah nama user PC/Laptop kamu.

        *dimana adalah nama Android Virtual Device yang kamu buat (sepertinya pakai nama ‘BB’ ya)

      • Ockthovianus Jeingels

        Di AVD bisa ganti font nya gak?Mohon pencerahan..hehehhe

      • Untuk mengganti font, bisa (walau saya tidak merasa perlu untuk melakukannya).

        Caranya adalah dengan meng-overwrite file /system/fonts/DroidSansFallbac.ttf dengan perintah adb push.

        Beberapa kasus menunjukkan kalau diperlukan akses root untuk melakukannya.

      • Aditya Sireddevilarmy

        bang klo habis di off terus di on lgi kok aplikasinya kyak bbm hilang gmna ya????

      • Pada waktu akan menjalankan AVD, jangan centang checkbox yang bunyinya “Wipe User Data”

      • Nazriel Prayoga

        diem mulu di logo android nya bang…gimana nih?

      • Coba ubah ukuran RAM-nya, dibesarkan lagi.

      • azis supratman

        bang… donload jdk nya gimana…??

      • Di atas sudah ada link-nya. http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk7-downloads-1880260.html
        Nanti pilih I Accept, lalu pilih (klik) nama yang sesuai dengan sistem operasi kamu.

      • azis supratman

        bang.. berhenti disitu,, gmn bang..

      • azis supratman

        bang gmn lgi tuh… CMDnya kgak ngerti

      • yasin

        saya tadinya juga binggung trus ta coba
        semoga bs membantu :

      • azis supratman

        bang.. gimna thu kok kyak gt…

      • Sudah dibuka link yang di atas?
        Pilih dulu “I Accept” lalu lihat file mana yang sesuai dengan sistem operasi kamu.

      • moh yasin

        Terima kasih mas bro, Tahapan yang paling seru pada Tahap 4 Eksekusi Instalasi BBM, jalankan cmd dari hingga ketemu sdkplatform;
        dan BBM…apk terinstal.

      • Boleh sebutkan RAM PC/Laptop kamu berapa?

      • zeptra

        ada mas,,RAM laptop 3038 MB …. :)
        mohon petunjuknya

      • Kalau semua pengaturan sudah seperti pada gambar (termasuk tipe Device), coba tutup dulu semua aplikasi di PC/Laptop.

      • zeptra

        nah karena pengaturan yang sama gagal,saya kurangi untuk RAM terpakainya,,hasilnya malah begini mas :(

  • Alfatih

    Malam Gan Punya Ane Kok Gk Mau Konek Ma Internetnya Ya Gan ya Kenpa Itu Gan Gmana Caranya Biar BBMnya Bisa Kebuka Gan

    tiap kali Dibuka Pasti katanya Connect Failed

    Mohon Pencerahanya Gan :D

    • Banyak sepertinya yang mengalami seperti ini.
      Sebenarnya jika PC/Laptop yang digunakan sudah terhubung ke internet, seharusnya emulator juga mendapat akses internet.

      Coba test; buka web browser yang ada di dalam emulator, apakah bisa digunakan untuk browsing?

      Jika bisa, tetapi BBM tetap tidak connect, saran saya; close dulu emulator dan seluruh tools. Lalu sabar menanti :-)
      Biarkan beberapa waktu, baru coba lagi.

      • irwan jayusman

        saya juga sama nih masalah nya Gan…statusnya sih CONNECTED, tapi ga connect juga..tolong pencerahannya ya gan!! please…..

  • Iman Hafiz Pradana

    ga connect gan, ane pake ssh

    • Maksudnya pakai ssh ini gimana ya?
      Maksudnya VPN ke server lalu emulator dijalankan di server, atau gimana?

  • kembangtelon

    gan,itu batrey kosong ngaruh ngga?kalo ngaruh terus cara charge batre nya gimana?

    • Maksudnya indikator baterai di AVD?
      Abaikan saja, selama PC/Laptop nyala, dia bakalan nyala koq.

  • amin

    mantab bro tutorialnya. ane dah bisa coba bbm-nya

  • Choyrul Milos Hidayat

    bos kog pas pake cmd “adb devices” ada info ” adb.exe is not a valid win32 application”

    mohon pencerahannya….

    • sudah di lokasi yang sama dengan file adb.exe belum?
      sudah coba jalankan perintah “dir” dan lihat apakah ada file adb.exe di lokasi command prompt kamu?
      sudah dibaca tutorial tentang command prompt yang diberikan?

      • Choyrul Milos Hidayat

        di direktorinya sudah ada adb.exe

      • kalau hasil “dir” sudah menunjukkan ada file adb.exe
        seharusnya perintahnya jalan.
        Pelajari tentang cd cd dan cd dulu deh. Yang lain udah pada bisa tuh.

  • paijo

    bos,,sya sudah berhasil install bbm di virtualnya.. kenapa virtual androidna tidak bisa connect internet yaaa.. padahal komputer saya sudah bisa connect internet.. kira2 knp ya boss?? apa perlu ada yg disetting agar bisa connect hp virtualnya??.. thx jawabannya.. Berikut screenshotnya :

    • Sering kejadian seperti itu. Saya sarankan, coba close BBM-nya, lalu jalankan browser yang ada di dalam AVD. Apakah bisa browsing?
      Kalau bisa, tutup dulu semua. Lalu coba kembali.

      • paijo

        tidak bisa browsing om dgn browser didalam AVD. apakah ada yg perlu disetting di AVD nya agar bisa browsing?
        Padahal di komputer saya bisa browsing/internetan.. kira2 knp ya om? ada pencerahan..

      • Jadi di dalam AVD gak bisa browsing ya?
        Kompie connect pakai kabel atau pakai Wi-Fi?
        Kalau koneksi kompie/laptop pakai Wi-Fi, coba disable adapter LAN (dari Network windows aja)

      • paijo

        yup,,gx bisa browsing om.
        kompi ane pake kabel LAN om, pake proxy.. gimana tuh om? kemungkinan apa saja yg perlu disetting di kompie ane…

  • Adi

    cara masukin foto gimana om ke emulatornya?

    • Saya jawab singkat saja, ya. Kuasai konsep kerja command prompt;
      Kalau mau masukin foto/file, pakai perintah “adb push [asal] [tujuan]”

  • Aditya Sireddevilarmy

    gan setelah saya off avd nya…. trus saya on lgi kok ilang ya bbm saya itu kenapa gan???

    • Pada waktu mau menjalankan AVD, ada checkbox “Wipe User Data” apakah itu dicentang?
      Seharusnya, tidak.

      • Aditya Sireddevilarmy

        oh gitu ya gan… terus saya kurang paham cara instal apknya…. bingung make cmd

      • Mengenai cmd, di atas sudah saya sertakan link ke tutorial cmd tuh. Dipelajari dulu. Lumayan, buat nambah ilmu :-)

  • arie

    gan gmna ya
    waktu starting ada tulisan PANIC:could not open BBM
    pdhal loding ny udh slsai tpi ga windows baru interface nya

    • arie

      waktu starting android emulator ada tulisan PANIC:could not open BBM
      loding udh slsai tp ga muncul windows interface nya

    • Coba ganti ukuran RAM AVD menjadi 750 atau 756, lalu ulangi lagi. Bisa?

  • Ikhsan

    saat di cmd tidak ada adb.exe ny bg, gimana tuh?

    • Kamu cmd-nya, sudah di lokasi folder platform-tools kah?

      • riri

        gan pas cmdnya adb devicenya not recognized, gimana tuh?

      • riri

        gg jadi gan,, makasih yah udah bisa,, MANTAP TUTORnya ^^..
        berhasil suksess :)..

  • Raja Hilza Wardani

    Bos, gimana caranya memastikan bahwa komputer/laptop sudah mendeteksi “kehadiran” perangkat Android “ecek-ecek” tadi, dan terhubung ???

    • Kan di atas sudah dituliskan: adbdevices

      • monmon

        kalau munculnya adb devices (-1) gimana gan?

  • Nazriel Prayoga

    diem di logo android nya bang…gara gra bkn intel apa? sya pke amd

    • Sepertinya sih, begitu.
      Untuk AMD sepertinya versi Linux yang sebaiknya dicoba.

  • wahyu IR

    gan ane ter jadi gini ..?? knpa ya .. mohon petunjuk gan..

    • Aduh, bro. Kan yang pertama dijalankan itu:
      adbdevices
      baru nanti kalau sudah attached device-nya, install bbm apk.

  • reza

    gan ko yg saya connecection not found fi emulatornya ? padahal udh konek internet

    • Coba gini:
      1) Close dulu semua aplikasi dan emulatornya.
      2) Pastikan komputer sudah terhubung ke Internet
      3) Baru jalankan emulator dan AVD
      4) Coba browsing dari dalam emulator.
      Bisa?
      5) Kalau bisa, baru jalankan BBM

      • reza

        oh udah gan waktu itu saya ulik ulik dan bisa haha

  • Mulya

    bang, saya bingung pas mau download bbm nya itu maksud dari browser emulator itu apa bang ?
    trus cara instal nya juga, gimana itu lewat cmd . di cmd ku awalannya c:document and settinguser> itu aja gak bisa di ubah2 walaupn udah di beri CD atau CHDIR

    bsa kasi penjelasan yg lebih mudah bang
    terimakasih

    • Memang default dari OS Windows, ketika buka cmd, akan berada di C:Documents And Settings, makanya saya sarankan untuk pelajari dulu perintah-perintah CMD (ada link di atas tuh). Berguna banget buat nambah ilmu :D

    • Holman

      kalo itu langsung ketik, aja partisinya di CMD nya bro,,

      contoh ada di partisi D

      ketik aja langsung

      D: trus enter pindah deh dia ke partisi D

      klo saya masalahnya ga muncul AVD BB nya koq ga muncul bro, salah dmna ya bro??
      bsa bantu saya bro

  • هدايت الله توفيق

    gan ane ketik DIR di CMD koq kluarnya kyk gini sih

    • Iya, itu kamu ‘lokasi’nya masih belum di sdkplatform-tools
      Kan sudah saya tuliskan, masuk ke folder hasil ekstraksi ADT

      • هدايت الله توفيق

        ADT yang mana ya gan ?,maaf klo ane nyusahin

      • “Hasil ekstraksi boleh ditempatkan dimana saja, dengan nama folder apa saja. Bebas. Tapi kamu wajib ingat lokasinya.”
        Sudah diekstrak file ZIP-nya? Dimana ditempatkan?

      • هدايت الله توفيق

        liat deh gan yang di atas

      • Isi folder ADT itu harusnya seperti ini.
        Jika Anda mengikut langkah-langkahnya, gak mungkin bisa isinya seperti yang Anda lampirkan.

        Screenshot Anda, itu kemungkinan masih di folder Documents And Settings (default, yang pertama sekali terbuka ketika menjalankan cmd) — nah, Anda harus pindah ke folder ADT yang sudah di extract.

        Caranya: pelajari tutorial cmd yang sudah diberikan link-nya. Ilmu pasti nambah ;-)

      • هدايت الله توفيق

        udah bisa nih gan,sory ya gan kalo ane menyusahkan agan pokoknya mantap deh
        Jgn lupa Invite Pin Ane ya gan

      • Ronny Bladens

        ane msih kayak gini gan

        gimana caranya??

      • Cecep Ramdhani

        gan knpa android manager nya gk bsa dbuka

      • kisy

        cmd > cd.. [enter] , cd..[enter] , tree [enter]

      • zaka

        bang gimana caranya untuk ngerubah ke local disk E: melalui cmd pleaseee

      • TaufikHidayat Onethatwillawait

        gimana cara menyelesaikan tahap 4 nya sampai akhir nya sob

      • Guest

        gan gmn caranya…

      • Rhav Rava

        gan ane masih gak ngerti. klw udah d ekstrak isi adt nya yang kyak di atas kan. trus aplikasi bbm nya d paste d folder platform-tools kan?
        pas ane cek d cmd kok ndak d detect yh??

        _mohon pencerahannya gan

      • yoseph kresnanto

        niiiiiiiiiiiihhh gan………….

        *tekan tahan tombol Shift dan klik kanan pada folder platform-tools dan pilih Open Command Prompt Window Here.

        *Ketik perintah “adb install BBM-v1.0.2.83.apk” tanpa tanda kutip.

        selamat mencoba , semoga berhasil heheh

      • Вейаїео Ваауцц Ѕатґііа

        gak ada gan -_-

      • daany

        gan gmn caranya.. sya msih kyak gni trus..

      • angga perwira

        mksudnya default itu apa y gan? mohon penerangannya,,mkasih

      • Rudi Prayudi

        bang kok nda bsh masuk pas saya buka SDK manager.
        minta solusinya dong bang

      • هدايت الله توفيق

        saya sudah masuk ke lokasi sdk platform tapi koq masih kyk di atas gan CMDnya

      • هدايت الله توفيق

        nih gan masih bgini

      • joyrian gapero

        sudah di copy di situ gan . . tapi gmn cara memastikan bekerja di sdkplatfromnya gan . .

  • هدايت الله توفيق

    mohon pencerahannya gan ane gk ngerti CMD soalnya

    • Itulah kenapa di atas saya sertakan link ke halaman tutorial CMD
      Dibaca aja, bro. Lumayan, ilmu pun bertambah. Jadi beda sama tetangga :D

      • هدايت الله توفيق

        gan kasih SSnya donk buat yg CMD bneran ane gk ngerti, trus maksudnya tahapan yang 4.1 ane gk ngerti ,mohon pencerahannya

      • 4-1 itu tentang persiapan .apk
        Kan sudah download file ADT ya?
        File-nya ZIP, harus di-extract dulu.
        Nah, kamu harus ingat, dimana folder hasil extract itu ditempatkan.
        Sudah ingat?

        Oke, masukkan file .apt ke dalam folder hasil extract tadi, tapi masukkan ke dalam-dalamnya lagi (ke dalam folder platform-tools, di dalam folder sdk)

        Kalau sudah, baru balik ke command prompt.
        Kamu harus pindah lokasi ke folder platform-tools tadi, untuk eksekusi instalasinya.

        Saya sudah berikan link tutorial buat belajar cmd. Silahkan dipelajari.

  • Holman

    AVD BB nya koq ga muncul bro, salah dmna ya bro??

  • هدايت الله توفيق

    tolongin gan Ane bener” gak bisa CMD nya,tolong sharing donk yang bisa :D

  • arga

    mantap gan hatur nuhun pisan ti simkuring sareng konco konco…hehe

  • Rafly Andrian

    Gan kok Loading pas logo android lama banget ya ?

    • Rafly Andrian

      Gan Bales donk

      • Itu udah dibalas…. (_ _”)

      • Rafly Andrian

        Bales Foto nya -_-“

    • Sepertinya sudah ada yang tanyakan hal serupa; barangkali kamu tidak baca komentar yang lain yah?

      Coba close, lalu (edit) ganti ukuran RAM AVD, 750 atau 765. Lalu ulangi lagi. Bisa?

  • Wisnu Satria

    gan ane sudah jalankan semua tahap yg agan berikan tapi pada saya cek hasilnya seperti ini:

    • Wisnu Satria

      dan saya cek terhubung atau tidaknye ke laptop
      hasilnya gini gan:

      • Ya iya lah, gak jalan perintah adb devices

        Karena kamu harus jalankan perintah adb di dalam folder adt-bundle-bla-bla-bla.

        Baca baik-baik tahap 4-1 dan 4-2

        “pastikan kamu bekerja di folder sdkplatform-tools”

    • Itu kamu masih di C:UsersSENO
      File hasil download (SDK) di-extract kemana? Harusnya kamu masuk ke dalam folder hasil extract SDK tadi. Biasanya bernama adt-bunlde-bla-bla-bla

  • riri

    gan, cara memunculkan bbmnya di desktop bisa gg gan? atau androidnya? soalnya pas sy close, d desktop gg ad sm s.x gan, jd pas mw buka harus coba dr awl lagi,, gmn?

    • Maaf, kalau saya kurang nangkap jelas maksud dari pertanyaannya;
      Apakah maksudnya mau bikin short-cut, yang kalau di double-click langsung menjalankan Android-nya?

      Atau;

      Apakah maksudnya mau bikin short-cut, yang kalau di double-click langsung menjalankan BBM Android-nya?

      Untuk kedua kondisi di atas, jawabannya: tidak bisa. Karena (seperti judul tutorial ini) untuk menjalankan BBM Android bermodalkan emulator. Artinya, harus jalankan emulatornya dulu.

      Saran saya, siapkan shortcut SDK Manager di desktop. Tinggal buka, lalu ke Tools > AVDs

  • rais

    punya ane gak bisa nih gan masih kayagini gan

    • rais

      tolong ajari caranya gan

      • Di tulisan saya ada tautan ke halaman tutorial cmd.
        Yang komentar juga ada ngasih link tuh.

    • Itu kamu masih di C:Usersacer
      File hasil download (SDK) di-extract kemana? Harusnya kamu masuk ke dalam folder hasil extract SDK tadi. Biasanya bernama adt-bunlde-bla-bla-bla

      Pelajari perintah “cd” command prompt, ya.

  • hansen

    gan sdk managernya g bisa dibuka

  • Raisal Hakim

    Thanks GAN

  • Dedi Rachmad

    Bang Admin yang baik..
    Saya udah install semuanya.. udah complete..
    Bisa browsing dalam emulator..
    Tapi kok BBM nya no conection found (dan mengarah ke wireless).
    Kalo ada yang tau,mohon di jawab yah..?? soalnya dah ngebet banget nih… :)
    Help;;

    • Emulator itu menggunakan koneksi PC/Laptop yang dipakai.

      Jika PC/Laptop sudah terhubung ke internet, maka emulator juga akan mendapat koneksi.

      Cara mengujinya, silahkan gunakan web browser yang ada di emulator. Jika tidak bisa browsing, coba matikan semua. Lalu tutuk SDK Manager. Pastikan PC/Laptop sudah terhubung ke internet, baru jalankan lagi SDK Manager dan emulatornya.

      • Dedi Rachmad

        Sama aja,mas nicholas…
        Saya kan download aplikasi BBM nya dari browser dalam emulator..
        N udah diinstall langsung stelah d download..
        Tapi waktu aplikasi nya BBM nya dibuka,malah muncul pesan kayak gitu..
        Ada solusi gak…???

      • Beberapa teman yang sudah komentar, juga mengalami hal yang serupa, dan “menunggu” bisa menyelesaikan masalahnya :D

  • zeptra

    astaga gan,,masih bermasalah lagi,, T_T
    maaf ane ngerepotin lagi nih,kmren agan kasih solusi untuk nambahin MB diblakang
    hw.ramSize=736MB n alhasilnya begini lagi:
    apa mungkin kurang competible dengan win XP SP3 yah?
    mohon pencerahannya gan,, T_T

    • Saya bingung, ini yang “kemarin” yang mana.
      RAM PC/Laptop berapa ya? Kalau cuma 2GB, coba kecilkan RAM AVD-nya.
      Dan coba untuk jalankan SDK Manager sebagai Administrator.

  • jee

    gan aplikasi nya emang lambat ya proses nya ? lelet gitu , apa mungkin pc ane yg bermasalah ya?

    • Kemungkinan memory kurang gede tuh. Naikkan aja lagi kalau mesinnya sanggup.

      • jee

        memory pc nya apa memory setingan di AVD nya gan?

        2013/10/31 Disqus

  • deri

    gan, wireless nya gak detect gan, ada solusi?

    • Emulator itu menggunakan koneksi PC/Laptop yang dipakai.

      Jika PC/Laptop sudah terhubung ke internet, maka emulator juga akan mendapat koneksi.

      Cara mengujinya, silahkan gunakan web browser yang ada di emulator. Jika tidak bisa browsing, coba matikan semua. Lalu tutuk SDK Manager. Pastikan PC/Laptop sudah terhubung ke internet, baru jalankan lagi SDK Manager dan emulatornya.

  • Jbliz

    Hallo Gan…sdh sukses semua nih…cuma koneksi aja yg bermasalah…saya pake LAN…

  • rengki

    gan maav.. tpi waktu saya click start kok ga muncul2 ya android nya.. mohon pencerahannya… padahal saya mengikuti langkah dri awal…

  • Muhammad Fikri Ridho

    Ganti DP cemana caranya bang?

    • Masukkan dulu file gambar yang mau dijadikan foto.

      Pakai perintah cmd dari lokasi sdkplatform-tools juga:
      adb push [file yang ada di PC] /sdcard/Pictures/
      Nanti di dalam Media > Pictures masuk tuh.

  • Taufik

    gannn,, bantu ane kok cmdnya jadi ginii???

    • Taufik

      + Lama Bangettttttt Nungggu nya broo??
      kapn nih succesnya??

      • Sepertinya ada yang kurang cocok dengan PC/Laptop Anda.

      • Taufik

        Sekarang Kok jadi gini.. ini ane udah bekerja di sdk/platform-tools??

      • Taufik

        Koneksi Internet itu wajib nggak bro??

      • Kalau sekedar instalasi emulator, gak wajib.
        Tapi kalau mau BBM-an, ya harus ada koneksi internet dong aw.

      • Nah, udah bisa perintah cd-nya, mantap.
        Tapi kalau kamu lihat screenshot saya, yang pertama sekali dijalankan adalah perintah adb devices, bro. Jangan langsung install.

    • Instruksinya tertulis: “pastikan kamu bekerja di folder sdkplatform-tools tadi.”
      Nah, yang kamu jalankan itu lokasinya masih di C:UsersTaufik>

      Yang lain udah pada bisa, bro.. Baca pelan-pelan, turuti instruksinya :D

  • irwan jayusman

    tolong Gan..Please…..can’t find BBM_1.0.0.70.apk:’ to install” padahal file apk BBM nya udah di copy ke Folder platform-tools

    • Coba kirimkan screenshot folder sdkplatform_tools kamu.

      • irwan jayusman

        ini SC nya gan…

    • Aduh, bro. Perintah CMD-nya yang salah tuh.
      Kalau kamu bandingkan perintah kamu dengan yang saya kerjakan
      CMD saya: D:softwaresadt-bundle-windows-x86-20130917sdkplatofrm-tools>adb -e….
      CMD kamu: D:>adt-bundle…

      Kelihatan kan, bedanya? D: dan D:>

      • irwan jayusman

        langsung kaya gitu keluarnya Gan… tanda > nya ga bisa di buang,gmna nih gan….tolong dong pencerahannya…pleaseeeeee………..

      • Itu tanda > bukan harus dibuang.
        Tapi kamu salah folder. Makanya saya sarankan pelajari perintah cmd (untuk berpindah folder)

      • irwan jayusman

        oke Gan…thank you very much atas tambahan ilmunya…akan saya lanjutkan perjuangan saya…hehehehehe…..skali lagi…thank you!!!

      • irwan jayusman

        Horeeeeeeeeee…..udah bisa Gan……terima kasiiiiiiiiih……….Agan emang Top Markotop dah!! …hahaaaaaay….

      • Senang bisa membantu.
        Boleh nimbrung di komentar yang lain, yang ceritanya masih belum bisa tuh hehehe :-)

  • هدايت الله توفيق

    gan kalo cara naro foto gmna ya :D,ane dah bisa nih CMDnya

    • Kalau sudah menguasai cmd, ini saya kasih tahu cara ‘memasukkan’ file gambar/video ke dalam emulator.

      Perintahnya adalah: adb push [file asal] [file tujuan]

      Harap diingat:
      Perintah di eksekusi di folder sdkplatform tools
      Untuk [file asal], dituliskan dengan path file yang mau dimasukkan Untuk [file tujuan], dituliskan dengan path dimana file mau disimpan (contoh: /sdcard/Pictures <– akan memasukkan file ke folder Pictures di sdcard).

      Gitu sih ringkasnya.

      • هدايت الله توفيق

        OK gan terima kasih banyak ya

      • هدايت الله توفيق

        gan itu nulis file asal gimana ?

      • Sudah saya jawab untuk pertanyaan yang sama di komentar sebelumnya.

      • هدايت الله توفيق

        gan nulis file asalnya gmna ya?,pliss kasih tau donk :(

      • jika file berada di dalam folder sdkplatform-tools maka tinggal dituliskan nama file-nya (lengkap dengan ekstensi, misalnya “foto.jpg”)
        tapi kalau file berada di folder lain, maka dituliskan lengkap dengan path lokasi file (misalnya: “D:gambarfoto.jgp”)

      • aziz

        gan file SDK nya skitar 480mb bner ta??

  • هدايت الله توفيق

    apakah langkahnya sama dengan install BBM?

    • Apa?

      • هدايت الله توفيق

        gan ane bingung di file asal nih

  • هدايت الله توفيق

    gan nulis file asal gmna ya?,gini bukan [d:namafile]

  • daniaweh

    yessss udah bisa mas broo… tengkyu

  • tri agus suyatno

    saya tunggu balasannya ya gan…
    thanks

    • Bro, komentarnya di dalam thread pertanyaan awal saja, saya bingung jadinya ini menanyakan hal yang mana :))

  • tri agus suyatno

    laptop saya spek seperti diatas…
    masih mampu kah gan…?
    klo masih mampu…
    sdk yang cocok yang 32 atau 64…?
    dan jdk yang cocok yang x86 atau x64…?
    thanks
    tri agus suyatno

    • Melihat spesifikasi RAM, sepertinya bakalan berat banget untuk mengalokasikan 700MB dari total RAM yang kamu punya.

      • tri agus suyatno

        kalau ram saya naikan minimal jadi berapa gan…?
        untuk spek processornya sendiri bagaimana gan…?
        thanks

      • Saya pakai laptop yang RAM-nya 2GB. Bisa.
        Barangkali kamu perlu naikkan jadi 2GB juga.
        Kalau processor, saya pakai i3.

  • Raden RUdi

    gan SUCCES nihh alhamdulilah hatur nuhun :)
    tapi agak lag yah ?
    Spek : AMD phenom 9650 quad core , ram 6gb , apa pengaturan nya salah ?

    • Namanya juga emulator, bro. Mengadakan yang tidak ada. Makanya performansinya lebih lambat dari kondisi gadget sesungguhnya.
      Tapi kalau spesifikasi PC bro tinggi begitu, coba naikkan saja RAM AVD-nya, jadi 1024.
      Lalu coba cari tahu apakah processor bro support virtualization (biasanya nanti disetting dari BIOS), lumayan mempercepat tuh.

  • هدايت الله توفيق

    mungkin agan udah cape ya pertanyaan saya gak di jawab, maaf ya

    • Bro, komentarnya usahakan di dalam thread, jadi saya gak bingung nanya yang mana.
      Kalau sporadis begini, saya bingung pertanyaannya yang mana.

  • Valdo

    Bang itu ane dah install android sama BBMnya cuma pas ane buka bbmnya katanya no internet connection padahal modem ane terconnect mohon bantuannya

    • Sudah coba browsing dari browser yang di dalam emulator?
      Bisa kah?

      • Valdo

        Oh Udah bisa bang makasih banyak :) Sukses selalu

      • Senang bisa membantu :)

      • lenangk

        bbmku dah jdi, pake sdk, tpi ketika laptop direstart, bingung buka program bbmnya mulai dari mana, kagak ada iconnya

      • Cara paling gampang, ya jalankan lagi SDK Manager, lalu start AVD yang sudah dibuat.
        Maka emulatornya akan jalan lagi, dengan BBM yang sudah diinstall.

      • Ipunk

        kok puya saya gk conect ya browaer ya mas di emulator

      • Kalau dari browser emulator tetap gak bisa connect, coba close dulu semua-semua. Tutup SDK Manager.

        Lalu pastikan PC/Laptop sudah terbubung ke internet, baru jalankan SDK Manager dan kemudian emulatornya.
        Coba browsing dari dalam emulator, bisa?

  • Wahyu Nur Afandi

    Ko Punya saya lemot Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª .. emolatornya /..??

    • Emulator sesungguhnya menghadirkan sesuatu yang tidak ada.
      Kita tidak punya gadget Android, dibuat jadi ada di dalam emulator.
      Sejatinya performansi emulator tidak sama dengan jika kamu punya gadgetnya langsung. Karena resource yang digunakan untuk mensimulasikan sebuah Android, dibagi dengan resource PC/Laptop kamu.

      Coba, spesifikasi komputernya apa?

  • dwi

    mantab gan, dah ane coba dan it’s work :)
    gan kalo mw masukin file dari pc ke androidnya gmn yah caranya?

    • dari folder yang berisi adb.exe jalankan perintah
      adb push [lokasi file asal] [lokasi file tujuan]
      Misalnya lokasi file asal di D:gambarfoto.jpg dan mau dimasukkan ke folder Pictures di sdcard AVD, maka perintahnya:
      adb pus D:gambarfoto.jpg /sdcard/Pictures/foto.jpg

  • anggun

    gan,, interface ane kug kecil bngt yaa??
    gmn cara bsarin nya??

  • Fikri Ardiansyah

    Ini kenapa gan?

    • Coba baca-baca komentar yang lain. Ada yang mengalami hal yang serupa.

      • ufieq

        gimana tu bang ga bisa disconect terus jalan keluarnya

      • yuda setiadi

        tenang aja ane juga ngalami hal yg sama tp terus ane restart emulatornya berulang ulang lebih dari 10 x tp akhirnya berhasil jg. kalau sekali udah berhasil, kebelakangnya gak pernah ada masalah, semoga membantu….dan memotivasi….ayo berjuang terus teman-teman sampai berhasil….

    • ufieq

      iya sama masalah nya dengan aq gimana tu ga ada pencerahan dari yg lain

    • Apakah dari dalam emulator, bisa browsing menggunakan browser bawaan?

    • Dani

      sama gan kasusnya ma ane gimana nih bang….

    • Muhammad Hidayat Tullah

      GUa mengalami hal yg sama,
      cara mngatasiny tinggal mngaktifkan system restore point,
      caranya Start -> Klik Kanan My Computer -> Properties -> System Protection

      • Diki Nur Imansyah

        trus gmn lagi gan?

      • dodi

        gan cara biar bisa dir nya gimana?

    • Banyak yang mengalami hal seperti ini, dan (jika kamu baca komentar yang di bawah-bawah) saya sarankan untuk restart SDK dan Emulatornya. Dengan kondisi PC/Laptop sudah terhubung ke internet sebelum Emulator dijalankan.

    • omen

      itu harus instal mobogenie biar internetnya konek sama komputer

    • Ryu Shai

      saat emulator berjalan,, muncul pesan “PROCESS SYSTEM ISN’T RESPONDING” ..di awal interface ny bang .. ada masalah gak ???
      udah brpa x dicoba restart,, tp kasus nya sama dengan sobat yg ini mash tetep gak bisa kdaftr

  • Taufik

    Ane Mau Tanya Bro. kok gue udah nunggu 5 Jam Install BBM.apk nya tapi tetep belum succes ya?
    kok bisa gitu ya bro??

  • Brian
    • Dari pesan kesalahannya, tanggal dan jam harus diatur tuh. Sepertinya setting Date/Time salah.

      Dari Setting di AVD, buang saja centangan Get Date/Time Automatically, atau Use Network Time.

  • syifa elfaisal

    kok saya ngak bisa ,,, ya pusing , udah 10 jam kagak sukses … di win xp bisa ngak ?? thanks

  • syifa elfaisal

    program yang saya gunakan 1.sdk 2. geymotion dan oracle virtualbox , di geymotion galayx nexus 4.1.1 android virtual udah jaln , tetapi ketaka install bbm lewat google via android , klik install program BBM jawaban device not ready ?? ,sedangkan kalau saya pakai cmd dengan perintah dir D:bbmadt-bundle-windows-x86-20131030sdkplatform-toolsadb-e install BBM_1.0.0.70.apk, kok ngak bisa install

    • Perintah dir, cukup dir saja.
      Kenapa kamu tulisnya dir D:bbmadt-bundle-windows-x86-20131030sdkplatform-toolsadb-e install BBM_1.0.0.70.apk
      Lagian kalau mau install, itu adb -e install [nama paket]
      Ada spasi antara adb dan -e.

      Sebelum semakin runyam, coba dipelajari dulu perintah cmd-nya ya.
      Lumayan, nambah ilmu :D

  • syifa elfaisal

    emulatornya udah jalan kalau pakai orcale virtualbox , namun program BBM apk ,ngak ada dan ngak bisa diinstall

    • Ini emulator yang saya pakai, Android SDK. Bukan Oracle VirtualBox atau VMWare, atau apa lah yang ada. Ini pakai Android SDK.

      Kalau kamu pakai VirtualBox, disini saya tidak terangkan cara untuk memasukkan file ke dalam VM kamu. Coba, pelajari lagi yah. Dimana tadi belajar pakai Oracle VirtualBox..

  • syifa elfaisal

    gimana mas di os xp , bisa ngak ?? thanks

  • goldi

    gan udah instal java tapi pas buka sdkmanager selalu auto close ane pake 7 64bit mohon pencerahannya gan

  • guest

    gan, masih eror connection, udah aku buka browsernya , googlenya masuk, pas aku buka bbmnya ttap eror gan .. pencerahannya gan ?

  • reza

    ko yg ane ngeleg ya gan ? ditambahin RAM juga gabisa full nya 768

    • Berarti sudah mentok.
      Coba pelajari tipe processor, jika memungkinkan pakai Virtualization, set dari BIOS. Jika memungkinkan yaa..

  • endre

    bang klu winx yg 32 bit untk dwnload jdknya yg mna y…

  • Panji

    aku udah bisa semuanya tapi kok PATAH” ya T_T

  • Belanja Kosmetik

    Baru terbayang gimana nginstallnya, filenya terlalu besar untuk didownload, nnti cba download deh, ijin bookmark dlu yah…

    • Guest

      gan punya saya di win 7 gk bisa buat virtual langsung di paksa nutup ,tolong solusi nya??

      • Ada pesan kesalahan gak ya?
        Komputer ini dunia teknis, gak kaya’ meja Kelurahan yang itu-itu, biasanya jelas gejala dan aturan mainnya.

  • Didi marmer

    Kebanyakan masih banyak orang yang belum tau cara penggunaan CDM, termasuk saya.. hahaha.. sudah 2 hari gak bisa bisa.. sekarang saya sudah bisa.. yess!!!

    • Didi marmer

      Tambahan:
      pertama saya bingung di tanda ‘>’.
      ternyata ketik CD spasi TAB terus sampai folder ‘platform-tools sampai ketemu tanda ‘>’

      • Didik Mawon

        bro…berapa lama tunggu succes?punya ku sudah sama persis dgn yg di atas,tp kok g succes-succes y…trims perhatiannya

      • Maksudnya sama dengan yang di atas, itu yang perintah CMD?
        Sudah jalankan perintah instalasinya?

        *ada screenshot, gak?

      • Didik Mawon

        yuhuuuu….sudah bisa bro,thanks tutorialnya di tunggu tutor berikutnya

        trims…

    • Nash! Jadi bertambah ilmunya kan, bro :-D

      • didit alfian

        bang punya saya gk bisa buat virtual nya pas saat proses buat langsung nutup clos program , tolong solusi nya ,(win 7)

      • Didi marmer

        iya bang.. trims infonya sangat bermanfaat..
        jadi tambah ilmu lg di CMD hehe..

  • Choirul Huda

    gan, cara connect emulator ini dengan ssh atau proxy gimana ?

    • Maksudnya mau install aplikasi buat SSH ke server? Coba browse di Play Store, saya gak ingat namanya, tapi ada tuh.

  • falcon

    kalau di linux ubuntu bagaimna bos????

  • Bonzy Dewi Rahma

    kk,.saya udh coba saran kk,..yg tutup semua tab,..tp msh tetap no koneksi.
    apa ada settingan dri tangtop saya yg salah ya kk?
    mohon pencerahan ya kk

  • Cecep Ramdhani

    gan knapa anroid manager nya gk bsa jalan ??

    • Sesudah di double-click gak ada yang muncul, gitu?
      Coba cek di Task Manager, adakah processnya berjalan?

  • Dian

    gk ko leg ya ….?
    lama loading nya

    spek PC saya :

    AMD Athlon X2 250
    RAM DDR3 2GB
    VGA XFX HD 4770 512MB 128bit GDDR5

  • neazza

    agan ko load Androidnya lama sekali, 15 menit ga muncul menu nya , selama itukah bootingnya

    • 15 menit hanya logo doang.
      Atau 15 menit, lalu ada icon gembok di layar?

      • neazza

        udah sempet work gan , tampil GUI androidnya tadi , tp pas restart laptop ga bisa di buka , cuma Command prompt sekilas trus ga muncul emulator kaya pertama , java udah update jadi JDK SE 7 kit , gmn cara run emulatornya gan kaya pertama ?

      • Langkahnya gak ada yang berubah, itu-itu aja koq:
        1) Jalankan SDK Manager
        2) Jalankan AVD
        3) ta-da..

      • neazza

        SDK nya ga buka , gmn cara run lg , pk adminsitrator ttp ga open , cuma CMD sebentar udah ga muncul emulatornya

      • neazza

        android emulatornya ga kebuka :(

  • Suan Crash

    gan,,,ane kox cm bisa nambah kontak 28 aja?? mau nambah lagi gak bisa accept..gmn solusinya gan??

    • Wah, kalau yang begini gak pernah ngalami. Apa ada pesan kesalahan yang muncul?
      Atau yang di-INVITE gak nampilin notifikasi?

    • riki nugraha

      kontak anee udah 70-an gan,bisa” aja kok gan

  • arif putra

    KOK ANE G BISA INSTAL APLIKASI BBM YA BOS(HTMLVIEVER)..TOLONG PENCERAHANYA BOS..

  • Bannka

    Gan kok gak conecy broswing ya di Emulator android”

  • Bakti

    Gan koq ga masuk2 terus gan, di icon bacaan android terus, ga masuk kemenu androidnya, solusi gan

  • Albar Stmik

    klo gini gan??

    • Kamu belum familiar berarti dengan perintah CMD (_ _”)

      Kamu harus masuk dulu ke dalam folder sdkplatform-tools baru jalankan perintah-perintah ADB

  • Onez D’KwokHo

    gan, berapa lama loading layar hitam dengan tulisan androidnya. ? kira-kira habiskan berjam-jam ? thanks :)

  • Onez D’KwokHo

    Gan berapa kira-kira loading tulisan android layar hitamnya ? habiskan berjam-jam ? thank’s :)

    • punya saya gak nyampai 2 menit sudah masuk ke home Android koq.

      • Onez D’KwokHo

        oh iya gan, ane -+10 menit.. udah bisa jalan dan success ganti DP.

        hanya lemot saja hehehe, padahal ini udah pakai yang ldpi pilihan paling bawah ram 512 . tapi tetap saja lemot.. mungkin karena specs netbook ane yang minim, wi 7 32-bit, ram 2 gb. netbook samsung nc108. sebelumnya makasih gan tutornya ya :)

  • sayyid faris

    gan Kok begini terus si mohon pencerahanya

  • riki nugraha

    sorry gan,jelasin dong cara ganti DP yg Spesifik,maap ngerepotin gan :))

    • Pertama kamu harus “masukkan” dulu file gambar yang mau dijadikan DP ke dalam emulator.
      Caranya: dari folder sdkplatform-tools jalankan perintah ini
      adb push [file asal] [file tujuan]
      dimana [file asal] adalah lokasi lengkap dan nama file yang mau dijadikan DP
      dimana [file tujuan] adalah lokasi lengkap dimana file mau diletakkan di Android
      contoh:
      adb push D:gambarsaya.jpg /sdcard/Pictures/saya.jpg

      (perhatikan spasi dan cara operasi cmd)

      • randy

        koq gak nongol jg om DPny..udh msuk ke pictureny jg gak masuk….:'(

      • Ini maksudnya gimana sih? “udah masuk ke picturenya juga gak masuk” (?)

      • taufiq

        iyha sama tuh errorrny dengan saya… aq udah sama persis tpi di emulatornya ndak keluar juga gambarnya.. apa harus di restart emulaotrny?

      • riki nugraha

        thank you so much om nicholaaaaasss :D

  • aldi

    kalo begini knapa ya gan…. kagak keluar menunya

    • Nah, itu sudah jalan. Kamu tinggal unlock Androidnya.
      Klik dan tahan icon gembok, lalu geser (terserah ke kanan, ke kiri, atas atau bawah).

  • hamdan

    gan, mau nanya ini, koq pas “launch” yang muncul gambar ini z, emulatornya keluaranya lamaaa sekali..

    • Wah, itu ada yang gak bener konfigurasinya (bad arg)

      • hamdan

        terus solusinya gmn gan?

      • Coba pastikan semua sama dengan yang saya contohkan.
        Kalau tidak, sepertinya kamu harus beli Android baru deh..

  • arif putra

    CARA INSTAL APLIKASI BBM NYA GIMANA GAN..KOK G BISA ISTAL SLESAI DOWNLOAD

  • arif putra

    GIMANA CARA INSTAL APLIKASI BBM NYA GAN..UDAH DIDOWNLOAD TIDAK BISA DIINSTAL TOLONG PENCERAHANNYA BOSS..NEWBIE HEHEHHE

    • Sesudah di download, dimasukkan ke dalam folder sdkplatform-tools
      Kemudian kamu lakukan sesuai petunjuk gak?

      Ketika menjalankan install sudah benar perintah ADB kamu?

  • rizky

    gan kalo masalah nya kaya gini gimana gan??

  • Prul

    Pak Nicholas , seandainya kelak saya pakai bbm cellular , apakah semua data dan kontak yg ada di dalam virual android ini , bs d syncronice kn k bb cellular.tq

    • Jika nantinya BBM di gadget Android Anda menggunakan email address yang sama, seharusnya segala-sesuatu terkait BBM akan sinkron jadinya :)

  • irma nirmalasari

    gan,, udah dibacaaaa ampe pusing sendri tapi ttep aja ga ngerti yg dr tahap 4-2

    klo bolehh bgt,,, mintaaaa tolongg bgt jelasinn donk,, sy juga ud baca comen2 yg uda ad tp gmn lg nya ga paham2,, ” pastikan kamu bekerja di folder sdkplatform-tools” cara memastikan nya gmn? sy inget kok hasil extract di taroh di C:UserstoshibaDownloadsCompressedadt-bundle-windows-x86_64-20131030adt-bundle-windows-x86_64-20131030sdkplatform-tools

    mohonn bgt pencerahan nya,, maaf gan klo ngrepotin

    • irma nirmalasari

      udahhh bisaaa :D

  • yunan

    cara masukin data ( foto, music) ke dalam galeri gmn caranya, mohon infonya….

    • Hmm.. bentar, saya copy-paste dulu dari komentar yang lain (sudah ada yang menanyakan dan sudah saya jawab)

      Pertama kamu harus “masukkan” dulu file gambar yang mau dijadikan DP ke dalam emulator.
      Caranya: dari folder sdkplatform-tools jalankan perintah ini
      adb push [file asal] [file tujuan]
      dimana [file asal] adalah lokasi lengkap dan nama file yang mau dijadikan DP
      dimana [file tujuan] adalah lokasi lengkap dimana file mau diletakkan di Android
      contoh:
      adb push D:gambarsaya.jpg /sdcard/Pictures/saya.jpg

      (perhatikan spasi dan cara operasi cmd)

  • timoty

    tolong bro :(dng knpa force close slalu yan apa ada yang salh padahll semua sdh d ikutin ?
    lepto gw acer ultra book i5

    • Kurang detil nih penjelasannya.
      Coba tutup semua program yang berjalan.
      Apa sistem operasinya? Berapa RAM-nya?

  • irma nirmalasari

    klo bikin 2,, bbm nya ga bisa lgsg detect yg 1 nya? soal nya kk ku juga pinginn tp ada cara nya ga?

    • Oh, bisa koq.

      Tapi jangan sekali dua emulatornya dijalankan. Satu-satu dulu.
      Atau ganti perintah adb install menggunakan parameter -s diikuti serial number AVD.
      Mis: adb -s emulator-5556 install BBM.apk
      (dimana emulator-5556 adalah serial number AVD akan terlihat ketika perintah adb devices dijalankan)

      • irma nirmalasari

        iya gan,, trus klo masukin foto gmn tuu?? biar fotona bisa masuk 22 nya

      • Sama seperti jawaban yang sudah saya berikan di komentar yang serupa.
        Scroll deh, sudah dijawab sebelumnya. Bedanya kalau memang ada lebih dari satu AVD, tambahkan -s [serial emulator]
        jadi adb -s emulator-5556 push [file asal] [file tujuan]

      • irma nirmalasari

        klo mo masukin mp3 bisa ga?
        td udah di coba klo foto kan sdcard/pictures
        nah td ak coba music ga bisa

      • Dengan menggunakan perintah adb push, bisa.

      • irma nirmalasari

        udahh,, ya bntr ak coba lgi brrti adb push C:UserstoshibaMusicThe Heirs OSTParkJangHye&ParkHyeonGyu-LoveIsFeeling.mp3 /sdcard/music/ParkJangHye&ParkHyeonGyu-LoveIsFeeling.mp3
        bner gtu?

      • irma nirmalasari

        ni SS nya

      • Jangan lupa diikuti dengan alamat folder tujuan di emulator; misalnya /sdcard/Music/

      • irma nirmalasari

        udahh tp hasil nya di SS yg udah ak sertainn
        apa yg salah ya

      • Hehehe, belum menguasai perintah CMD sepertinya ya. Penggunaan “spasi” sangat berpengaruh ketika command prompt berusaha menerjemahkan perintah.

        Gini aja deh biar gampang; copy file MP3 ke folder platform-tools, rename aja biar jangan ada spasi. Jadi ngetik perintahnya gampang;
        adb push file.mp3 /sdcard/Music

      • irma nirmalasari

        sip gann,, td searching di google dpt cara yg gmpang tp lewat UltraISO
        masukin nya juga bisa langsung bnyak jadi ga satu2
        tp thx buat tutorial sdk nya

  • zaka

    bang caranya untuk masuk ke directory E: lewat perintah cmd gimana cos .apk saya di local e

    • Bang Zaka yang baik, saya sudah sertakan lho, tautan ke halaman yang membahas tutorial tentang CMD. Sayang sekali abang tidak memanfaatkan waktu untuk mempelajarinya, lumayan lho bang, bisa nambah ilmu. Jadi beda sama tetangga.

      Karena saya sedang enak hati, saya kasih tahu nih, cara untuk pindah ke directory E: di CMD, caranya adalah dengan mengetikkan perintah berikut lalu tekan enter
      E:

      Iya, cuma ketik E-titik-dua, enter, bang.

  • vha

    maaf maz, kalo ini kenapa ya…??

    • AVD-nya pakai Android versi berapa?

      • vha

        pake android versi 4.2.2 maz…

    • Jenis AVD yang di-Create, versi berapa ya?

      • vha

        pakai android 4.2.2 dengan device 3,7″ WVGA, sebelumnya pakai android 4.2.2 dengan device 3,2″ HGVA Slide BBM-nya bisa terinstal tapi selalu unable to complete setup, no connection..

      • vha

        saya sudah pake android yg 4.4 tetapi kenapa masih ada pesan yang di atas ya…??
        kira-kira kesalahannya dimana ya…??
        sebelumnya makasi n maaf ya banyak tanya…

  • Muhammad Hidayat Tullah

    bang bsa gk lw koneksi BBM nya lwat WIFI ?
    Udh gua cba tp hsilny gini

  • Fuad

    kenapa bang nih ga ke- detect pas instal

    • Karena perintah CMD kamu SALAH.
      1) Di CMD, kamu harus berpindah lokasi dulu ke folder ADT-BUNDLE, menggunakan pernitah CD
      2) Sesudah di folder ADT-BUNDLE, kamu harus masuk ke folder sdkplatform-tools
      3) Di dalam folder platform-tools lah, kamu menjalankan perintah ADB.

  • dykha

    mohon minta link buat downloadnya gan?

    • Maaf, download apa ya?
      Semua yang diperlukan sudah ada tautannya di atas :-)

      • Sandes Tri mueri

        logo androidnya kelap kelip lama banget.. eyyyyy solusiii

      • Bro, jangan ngebajak thread orang :))
        Itu pertanyaan kamu sudah saya tanggapi.

  • Sandes Tri mueri

    logo androidnya kelap kelip lama banget.. ey

    • Apa versi AVD yang kamu Create?

      • Sandes Tri mueri

        android 4.4 bang nexus 4

      • Coba pakai 4.3

      • Sandes Tri mueri

        udah 4.3 tapi waktu di cmd instal gg bisa?

      • Sandes Tri mueri

        bang sya mendownloadnya BBM melalui broser emulator dan sudah selesai terdownload tapi pas waktu menginstallnya tiba tiba androidnnya restar sendiri, gmana t bang?

  • Sandes Tri mueri

    tolong saya cuma bisa di langkah 4. 1 jam di tunggu gag berubah

    • Apa yang ditunggu di langkah 4-1, ya?
      Itu kan cuma instruksi untuk menyalin file ke dalam folder

      • Sandes Tri mueri

        gag bang maksudnya di langkah 3

      • Coba, spesifikasi komputer kamu apa?

      • Sandes Tri mueri

        ini bang mohon pencerahannya

      • AVD yang di-Create.
        Device nya kamu buat apa?
        Target nya kamu buat apa?

  • yuda setiadi

    mas bro, aku sudah berhasil instal dan sudah jalan normal…cuma yang masih mengganjal adalah aku selalu gagal saat masukkan file ke emulator. Tolong mas di berikan contoh yang konkret selayaknya ketika mas bro masukkan file ke emulator. Kali aja setelah perintah “adb push” ada ketikan perintahku yang salah di CMD. tengkyu mas

    • Mana yang kamu ketikkan? Screenshot, please.

      • yuda setiadi

        ok…mas, udah berhasil…setelah aku posting komen diatas, aku coba restart emulatornya. dan ternyata ….eng ing eng…pada masuk tuh photo….tp ada pertanyaan lagi ni mas. Bisa gak bbm kita ini nerima file photo atau mungkin buka link??? Karena beberapa photo yg dikirim gak ada yg masuk satu pun, padahal dari BB asal sudah terkirim. Mohon pencerahannya mas…

  • Muhammad Hidayat Tullah

    Knpa kok hsilny gini,
    Mhon pncerahanny bang ?

  • Dear all,
    Uji coba saya ini, sukses. Dan langkah-langkahnya sudah saya bagikan.
    Terbukti, banyak yang juga sukses melakukan instalasi ini.

    Bagi yang ‘belum’ sukses, saya sangat senang bisa membantu. Dan tolong sampaikan kalimat pertanyaannya dengan jelas. Dan (jika bisa) dilengkapi dengan screenshot tampilan error/galat atau kondisi yang ditanyakan. Kalau bisa nih ya, coba ditelusuri juga komentar-komentar yang lain. Barangkali ada yang mengalami hal serupa, dan sudah saya jawab. Jadi kamu tidak perlu menunggu tanggapan dari saya (yang kadang kala bisa memakan waktu cukup lama).

    Bagi yang mau langsung nanya, tanpa mencoba mempelajari perintah CMD, saya sarankan; jangan nanya dulu. Coba deh dipelajari tutorial yang tautannya sudah saya berikan. Lumayan banget, dari yang gak tahu, jadi tahu (atau barangkali jadi mahir sekalian).

  • Brawijaya

    om ini yag di dowload yang apa yah??

    • Sesuaikan dengan sistem operasi kamu. Jika menggunakan Windows 32-bit, maka pilih yang x86. Tapi kalau pakai Windows yang 64-bit, pilih yang x64.

  • Sandes Tri mueri

    bang ane kok cuma nyampe sini ? gag mau lagi

  • plur

    Pak Nicholas , knp bs ter jadi ini , solusinya apa , androidnya ver 4.4

    • Versi AVD yang di-CREATE, apa ya?

      • plur

        maksudnya…?

      • Oh, saya perhatikan kamu pakai SDK terbaru ya (Android 4.4). Coba pilih Target yang API Level 18.

      • plur

        Pilihannya cmn 1 sj , API level 18 tidak ada.

      • Iya, kamu pakai SDK terbaru.
        Di dalam package manager di SDK, itu ada beberapa versi API sebelumnya yang tidak terinstall. Coba centang yang API Level 18, nanti dia akan download dulu. Setelah itu di AVD setting bakalan muncul yang API Level 18.

      • plur

        udah saya install , tp ttp saja blm bisa dan keluar tulisan failed.jg bgmn…??

      • Kemungkinanan pesan kesalahan tersebut cuma dua:
        1) Installernya tidak cocok dengan API
        2) API tidak cocok dengan Installer

      • plur

        Jadi , solusinya bagaimana..? apakah sbelum menjalankan penginstallan harus menjalankan prgoran virtual android..?

      • Benar!
        Itu ibarat mau menginstall program ke dalam PC, harus dinyalakan dulu kan PC-nya.

      • Malaikax

        API 19 ya ? punya saya jalan mas :D

      • plur

        Kalau virtualnya dijalankan , maka ketika saya ketik adb devices hasinya adalah

      • plur

        ketika diinstall jd error dan ada tulisan

      • plur

        ada tulisan more than emulator

        lha kalau emulatornya dimatikan , maka hasilnya , solusinya bagaimana

      • plur

        solusinya bagaimana

      • vc movic

        kmaren pnya saya juga seperti itu. trus ane restart. d androif sdk manager klik tools trus centang android sdk build 18.1.1 dan 18.1
        setelah selesai restart lg. nah berhasil (pangalaman di pc sendiri)
        tks

      • vc movic

        jangan d delete yg d centang tp d instal. setelah slsai . silahkan coba. (pengalaman pribadi)

      • plur

        udah saya install , tp ttp saja blm bisa dan keluar tulisan failed.jg bgmn…?

      • plur

        adt-bundle-windows-x86-20131030

  • plur

    adt-bundle-windows-x86-20131030

  • Ricky

    kalo laptop 64 bit di daftar downloadnya pilih yang mana ?

  • Ricky

    sorry gan maksudnya kalau laptop 64 bit di daftar downloadnya pilih JDK7 yang mana ya ?
    thanks..

  • Riezman Olympus

    om nicholas ko loading androidnya lama ???
    / speknya kurang ?

  • pandu3p
    • pandu3p

      maksud saya, waktu jalanin JDK, muncul error msg seperti yg di screen shot..
      bantu saya bro…. udah banyak yg berhasil, tapi saya barru tahap awal udah begini….. apanya yg salah ya bro ????

      • Sepertinya corrupt tuh file yang di download, coba bandingkan ukuran file-nya apakah sama?

      • pandu3p

        Wah… langsung direspon……
        terima kasih bang, saya coba download lagi aja……

      • pandu3p

        sdh saya install lagi dan sudah berjalan. ANDROID VIRTUAL sudah muncul dama windows baru, tapi kenapa tidak ada tulisan “android” nya dan seperti hang gitu…. ?

      • pandu3p

        terus, saya coba detect dari cmd……….. adb devices : ” list of devices attached” masih kosong….
        ini bagaimana ya ???

      • Kalau AVD belum jalan, memang kosong alias tidak ada devices yang terdeteksi.

      • Apakah ini dijalankan dengan user level Administrator?

      • pandu3p

        wah..aku tdk ngerti bang mengenai level nya … apakah administrator atau bukan….. bantu jelasin bang…

  • vian

    bang saya udah.. tinggal install bbm nya yang apk.. bingung..tolong di perjelas dengan rinci..maaf merepotkan.

    • Biar gampang: file .apk dicopy ke folder sdkplatform-tools
      Selanjutnya buka cmd, lalu masuk ke folder sdkplatform-tools ketikkan beberapa perintah ini
      1) adb devices
      2) adb install -e bbm.apk

      Ingat, emulator harus sudah jalan ketika menjalankan perintah install BBM.apk
      Ingat, sesuaikan nama file .apk dengan yang kamu download ya.

  • Angling Iman

    mas saya sudah instal terus loading nya lama api nya 19 bukan 18 trus tak instal

    tapi yg arm cara nguprade nya gimana ya

    • ARM apa ini? Kenapa saya jadi bingung X))
      Saya gak ada ngasih langkah ARM, lho.

  • Reyki

    gan pas di klik SDK manager nya kok gak keluar apa” ya ?

    • Coba lihat di Task Manager, ada gak nama process-nya?

      • Eza

        ndak ada ini ms gmna.. ??

  • rossi

    bang, ini cara mengkoneksikan nya gi mana

    • Mengkoneksikan apa, kemana, kapan, sama siapa, .. pertanyaannya kurang jelas nih. Maaf, gak bisa bantu.

  • Surya Chandra Gobel

    ane berhasil gan, makasih ya infonya !
    ane izin copas ya !

    • Kalau copy-paste, saya harap tetap disertakan sumbernya ya. Atau kamu coba sendiri caranya, tapi rangkai kalimat sendiri dan bikin panduan gambar sendiri juga :)

  • ciponk

    klo punya saya begini !!!

    • Itu artinya “Ada problem yang menyebabkan program berhenti berjalan dengan benar. Silahkan tutup program”

      Maaf, cuma bisa bantu terjemahin. Karena Anda memberikan informasi yang sangat minim, jadi saya gak tahu dimana kemungkinan salahnya.

      • ciponk

        tadinya saya menjalankan emulator dengan genymotion hasilnya berhasil tapi pas saya instal BBM di androidnya tdak bisa di buka …
        pas saya coba emulator dngan java 7 ternyata hasilnya seperti diatas ..
        itu knp ya gan .???

      • Wah saya kurang familiar dengan genymotion.
        Saran, coba uninstall dulu (jika memang ada yang diinstall selama mempersiapkan genymotion). Baru ulangi lagi langkah-langkah yang saya bagikan.

        Saya kan ngasih tahapannya juga tidak campur aduk, tapi satu emulator dalam satu waktu.

      • ciponk

        kan terjadinya yang di atas ketika sesudah genymotion nya di uninstall trus saya coba langkah2 yang agan berika..
        pasa saya klik launch yang ada malah kaya yang di atas ..

        mohon bantuan nya .. saya sangat berharap kepada anda !!

  • ROIS

    mohon pencerahannya gan.
    kok punya ane kayak gini, padahal udah semua tu di masukin ke folder sdk.

    • Masih enggan meluangkan waktu buat belajar CMD nih sepertinya, yah.
      Perintah CMD kamu salah. Bukan seperti itu cara menjalankan instalasi.
      Lagian, mana baris perintah adb devices? Gak dibuat?

  • Widi

    Bang.. kalo punya saya waktu install ada tulisan “Error: More than one devices or emulator” Itu gimana cara ngatasinnya? Tolong ya..

    • Itu terjadi kapan? Waktu mau install BBM ya?
      Kalau memang terjadi pada waktu install BBM.apk, perintah installnya seperti apa kamu ketikkan? Kemungkinannya ada dua AVD yang berjalan, lalu kamu menjalankan instalasi tanpa menyebutkan ke AVD mana instalasi akan dilakukan.

      Untuk menunjuk AVD tujuan instalasi caranya sudah saya bagikan di komentar sebelumnya, silahkan scroll.

  • knrt

    bang kalau browser nya ada tanda gembok gmna? jdi pas search ga bisa.mksh

    • Gembok di browser? Wah saya tidak tahu.
      Printscreen dong, biar saya bisa bantu.

  • Guest

    ini kenapa gan ?

  • Fadli Gates

    ini knp gan ?

    • Kamu jalankan AVD dulu baru ke CMD atau gimana?
      Gini deh, close AVD.
      Di CMD (folder sdkplatform-tools) jalankan perintah adb kill-server
      Lalu jalankan perintah adb start-server
      Baru jalankan lagi emulatornya. Bisa?

      • Fadli Gates

        iya avd dulu baru ke cmd,

        muncul * server not running * pas gw masukin perintah adb kill-server, hasilnya masih sama kaya tadi om -_-

      • asmoro pandji

        mohon bantuan, sy tak bs bikin ID gara2 kolom2 itu tak bs dicentang knpa ya? trm kasih tutorialnya.

  • pandu3p

    Slmt malam bang,
    aku sdh sampai di ANDROID VIRTUAT, tapi tdk ada tulisan “android” nya. dan seperti hang gitu….
    bantu bang…

    • Spesifikasi PC kamu, apa?

      • pandu3p

        axioo jadul bang. xp, ram standar,

      • rhara

        saya juga kaya gitu , kenapa ??
        jadi harus apa ??

      • Ryfai

        sy juga gitu .. laptop Acer 4741 . Core i 3, RAM 1 gb

      • Kalau RAM cuma 1GB harus sesuaika lagi angka RAM untuk AVD tuh. OS saja udah makan ratusan MB.

      • Crash

        gmnA MKSudnya bang cara nyesuaiin tu???

      • Setiap sistem operasi pada sebuah komputer, membutuhkan sejumlah RAM untuk bekerja. Besarnya tergantung program apa saja yang dijalankan oleh Sistem Operasi.
        Nah, jika RAM yang ada pada sebuah komputer adalah sebesar 1GB.
        Untuk menjalankan Win7, kita asumsikan saja butuh RAM 700MB, maka jika AVD diset 700MB total (perhitungan kasar) kebutuhan RAM = 1,4GB
        Jelas gak cukup kan yah?

    • TaufikHidayat Onethatwillawait

      Sama saya sudah loading itu hitam kayak itu aja,,.,,,
      Kenapa ya?

  • Armansyah

    BBM nya lagi setting up, lama ya. gimana cara scrool up dan down nya mas? terima kasih

    • Om, udah pernah pakai hape Android kah? Scroll-nya sama seperti di layar touchscreen Android (cuma ini ya pakai mouse).

  • Rafki Hidayat

    bos, bagaimana cara ngecas batrai nya, saya makai emulator 5556 bos..
    mohon pencerahan nya bos..
    sebelum nya terima kasih bos..

    • Ketahuan nih gak baca komentar-komentar yang lain. Itu indikatot baterai “pura-pura” saja. Selama PC/Laptop nyala, AVD akan tetap nyala koq.

  • Armansyah

    sudah bisa scroolnya tapi BBM nya masih setting up terus

  • Pingback: Cara Instalasi BBM di Berbagai Perangkat : GENIT.US()

  • Sayyid

    gan ane gagal pas jalanin cmd adb-einstallBBM_1.0.0.70.apk
    pesannya failure gitu

    solusinya gmn ya?

    • Gak ada screenshot nih? Pesan kesalahannya saya gak tahu. Apa yang kamu ketik, saya gak tahu. Jadi gimana dong bantuinnya?

  • asmoro pandji

    mohon bantuan, sy tak bs bikin ID gara2 kolom2 itu tak bs dicentang knpa ya? trm kasih tutorialnya.

    • Itu beneran layarnya jadi ukuran segitu?
      Coba samakan dengan yang saya contohkan.

      • asmoro pandji

        trm kasih pak sudah berhasil. ram sy cm 512mb jd pakai ukuran yg mdpi. skl lg trm ksh atas bantuannya.

  • vc movic

    kalo ada yg error kemungkinan kecil jika anda teliti dan paham dengan penjelasan dari bang nicolas. saya cm tukang las dan cm lulusan SD saja bisa pasang program ni tanpa masalah apalagi anda semua yg biasa dengan pc to laptop, pasti jago2. tks

  • Mochamad Syamsul Bakri

    bang admin kenapa tampilan androidQ kok kedap kedip teruuss, apa ada pengaturan yang salah, atau spek laptopQ gak kuat..??
    mohon pencerahan.nya..

  • Mochamad Syamsul Bakri

    cara agar tampilan.nya gak kedap kedip itu gimana bang Admin..??
    itu ada pengaturanku yang salah atau spek komp.ku gak kuat..??
    mohon pencerahan.nya..

  • Muhammad Tomi Pratama

    kok blustack nya nunggu “veryfying” nya lama?

    • Blustack? Maaf, disini tidak dibahas bluestack. Sepertinya Anda salah kamar. Terima kasih.

  • rendy

    gan,,ini knpa ya???

    • Wah, kalau semua pengaturan sudah pas, dan muncul kendala seperti itu. Barangkali emang mesinnya gak tahan ya (?)

  • Aziz unyu

    mohon pencerahannya master

  • Suhermanto

    gan koq punya saya lama banget ya buka nya .. tampilan gini lama banget

    • Rio

      problemnya sama kaya saya gan,uda tnggu sampe 1 jam gitu2 trus

      • Kalau sampai 1 jam, itu udah kelamaan.
        Kurang mumpuni berarti asupan RAM-nya.

  • Rifal Arifaldy

    kol ama ya

  • Eza

    master kenapa aku click SDK nya kaga keluar apa-apa ??
    mohon pencerahanyya

    • Eza

      di task manager juga ga keluar sama sekali gan

    • Sudah coba dijalankan dengan akses Administrator?

      • Eza

        sudah master..

      • Eza

        tetep aja kaga bisa…

      • Saya tidak tahu kenapa gak bisa dijalankan di komputer Anda. Barangkali ada virus yang mencegah eksekusi file tersebut. Atau spesifikasi komputer Anda kurang memenuhi kebutuhan atau File yang diunduh corrupt, atau ada security setting yang mencegah eksekusi aplikasi tersebut, atau banyak dan banyak alasan lain yang bisa semalaman suntuk saya jabarkan disini.

        Tapi intinya, saya gak tahu pasti, yang mana yang jadi penyebab masalah Anda. Maaf, saya hanya bisa pandu cara instalasi yang berhasil saya jalankan tanpa ada gejala seperti yang Anda utarakan.

  • Aziz unyu

    Mohon solusinya para master.
    kenapa ya kalau lgi menjalankan semua aplikasi yang ada di sini keluarnya kayak ini

  • zeptra

    alhamdulilah gan,,,
    ane mau sedikit share nih,,kmren kmren akhirnya problem ane solve juga,
    thanks untuk tutornya gan,,nih hasil runningnya saya sertakan juga pengaturan yang cocok dilaptop saya,dan ternyata Use Host GPU nya tidak dicentang bikin lebih stabil gan:

    • Sebenarnya dengan menggunakan Host GPU, proses grafis yang berjalan di emulator bisa jadi lebih cepat. Jadi saya bingung dengan kesimpulan yang kamu utarakan.
      Buat yang lain, bebas kalau mau coba bandingkan.

    • taufiq

      itu ganti PPnya gmn gan.. saya masih bingung.. :'(

  • dedy

    gan ,,
    Tahap 4-2: Eksekusi Instalasi BBM – Android nya gimana?? ane kurang ngertii??

    • Kurang ngerti perintah-perintah CMD ya? Itu sudah ada tautannya buat dipelajari :)

  • rayhans faizal

    bang loadingnya luuaaaamaaaaa banget napa tuh, saya pake netbook, hhehehe

    • Coba ganti-ganti ukuran RAM AVD supaya gak bikin netbook kewalahan.

  • rayhans faizal

    lama banget bang loadingnya

    • Coba ganti-ganti ukuran RAM AVD.

      • rhara

        ram’y diganti berapa ni kira2 ???

        ms windows 7 ultimate 32-bit
        AMD E-300 APU with radeon HD graphics , 2.0GB RAM

      • Coba ke 700

      • rhara

        700 gabisa . :(
        itu bener spesifikasi laptop saya bisa .?
        bukan cuma laptop yg intel aja kan yg bisa ??

      • rhara

        700 gabisa :(
        itu bner bisa spesifikasi laptop saya bisa ??
        bukan cuma yg intel aja kan yang bisa ??

  • akudan harapanku

    bisaa nii .. bisa tidak ya gambar2 di pc di masukin ke emulator gmn ?

    • Bisa.
      Sudah dijawab di komentar yang lain; dengan perintah adb push

  • Ganar

    bang kalo saya malah SDK nya cuma muncul sebenter trus ilang lagi

  • viRuzUpin

    Lae bantu dulu ini kira-kira kenapa ini?

    • Itu ketika menjalankan perintah tersebut, emulator sudah standby? Maksudnya bukan sedang booting kan?
      Coba jalankan adb kill-server lalu jalankan adb start-server baru ulangi perintah yang diketikkan.

  • rendy

    mantapp gan suksess,,tpi loadingg.a laaammaa bangett,,mnta sarannya dong…

    • Selamat!
      Kalau mau agar jalan lebih cepat, coba alokasikan RAM (dengan catatan: jangan kebanyakan karena bisa bikin PC/Laptop yang hang)

      • rendy

        gan,kalo laptop acer kira2 RAM nya brpa ya????

      • Wah, Rendy, gak ngaruh merk-nya apa. Yang ngaruh itu, laptop diinstall OS apa? Setahu Rendy berapa requirement untuk OS tersebut, tambahkan 765MB dan bulatkan ke atas, segitu lah kira-kira kebutuhan RAMnya.

      • Robbi Sobari

        gan kok ga bisa instal bbm nya sih yang ditahap 4 :(

      • dani

        om, supaya jalan aplikasi android ini bisa lebih ringan gimana carany, ini spec PC ane om,

        core13
        ram 8G
        vga 1G

    • Taufik Hidayat

      Mantao… kali…!
      bisa tu aplikasi kita tambahin ama aplikasi lain gak …?

      • Bisa.

      • Taufik Hidayat

        trus dmana tempat download nya….?

      • Wah, sepertinya kamu belum pernah pakai Android ya?

      • Taufik Hidayat

        Pernah lah, tapi dilihat dari tampilan nya playstore nya kok gak lia…?

      • Taufik Hidayat

        Oa JDK nya yang mana nni yang dipilih yang windows x86 tu ya untuk 32 bit pc

      • Betul sekali.

      • Taufik Hidayat

        Hapir aja salh

      • Masmeya

        gan, apa android emulator anda juga agak berat kalok lagi ngeklik ? semacam lemot gitu ?

      • Emang seperti itu, tidak seresponsif kalau pegang barangnya langsung.

    • TaufikHidayat Onethatwillawait

      Sob gimana cara menyelesaikan tahap 4 nya sampai selesai…………

      • Seperti langkah-langkah yang saya tuliskan di atas.

      • TaufikHidayat Onethatwillawait

        Gak bisa2 pas mau jalanin sdk ada yang tidak sesuai tampilan nya sama gambar yang tahap 2 no 2 ada yang beda dalam nya gak sama…..

      • Danur

        sama kayak saya bingung perintah yg nomor 4 . bbm nya gak muncul” ..
        gimana solusinya om ?
        maaf merepotkan

  • Ricky

    cara perintah ” dir ” gimana gan, aku ga’ ngerti… baca panduan cmd juga ga’ ngerti aku gan…
    minta penjelasan detail nya dong !!

  • Danur

    kok android sdk nya gak bisa dibuka gan ?

  • ardy nurmiaty

    tolongin dong gan….. kok gini sich???

    • Coba kurangi angka RAM yang digunakan.

      • ardy nurmiaty

        sama aja gan sampai ram 80 tetap aja ga bisa sama dengan gambar di atas…..
        apa ada yg salah gan coba perhatikan letak sdkku

      • Gak ada permasalahan yang berarti dengan dimana folder diletakkan.
        Boleh kasih tahu spesifikasi PC/Laptop yang digunakan?

      • Masalah “letak” penyimpanan gak ngaruh, koq. Ini masalahnya di spesifikasi mesin yang digunakan.

  • Yoga

    Mantap Gan, punya ane lgsg ok. sedikit kendalanya agak lemot.. emang begitukah…? mohon pencerahan….. Trims bgt infonya.

    • Taufik

      Tu aplikasi bisa gak kalau di pasang aplikasi lain….?

  • Taufik Hidayat

    Tu bisa gak pasang aplikasi lain gak

  • Taufik Hidayat

    kalau selain aplikasi BBM an bisa gak tu di pasang di dalam nya kayak KakaoTalk gt….?

    • Bisa. Sama seperti Android biasa.
      Namanya juga emulator.

      • Rahmat

        bang,,kok punya qu gag bisa di instal ya jdk nya,,
        aku pake windows 8, core i 3..

      • Salah download, atau download tidak sempurna. Atau salah versi.

  • Ganar

    saya sudah berhasil bang melakukan instalasinya, yang saya bingung setelah kita close emulatornya dan shut down PC lalu cara membukanya apakah seperti awal lagi seperti saat proses instalasi?

  • Taufik Hidayat

    Oa hanya BBM aja yang bisa ya atau bisa kita download aplikasi lain nya….kayak di playstore gt……?

  • Taufik Hidayat

    Aplikasi ini emulatornya cuman Khusus BBM-an aja apa gak ni gan?
    Bisa gak kalao kita nambahain aplikasi lain kayak di hp android gt gan…?

  • wisnoe

    oom…… saya sudah bisa install…dansudah dapat pin…tapi cara invite nya bijimana ???? sudah coba invite beberapa teman tapi ga ada jawaban tuh

    • Taufik Hidayat

      oa sob cuman bbm an aja bisa nya ya..?

    • Ya, tanya temannya dong. Kan begitu cara kerja Invite PIN di BB.

  • Taufik Hidayat

    Udah siap ni mas…
    Trus dimana tempat download aplikasinya ni ………..?

  • TaufikHidayat Onethatwillawait

    Mas, loading nya androidnya memang lama ya…….
    Kira2 lamanya tu berapa ?

  • TaufikHidayat Onethatwillawait

    Mas saya mau nanya kenapa loading emulator nya sering tersendat2

  • agus

    Udah tungu 2 jam ko nda cuma gini turus Gan??

  • rhara

    all ,itu cara bikin tampilan laptop jd gambar gitu gimana si ??
    trus itu apa namanya ??

  • Guest

    saya sudah berhasil install simulator ini… namun setelah restart pc buka simulator ini lagi darimana ya?

  • musyafir

    bos …aku coba install BBM.apk nya ko bisa ya???? apa yg salah ,
    mohon petunjuk

    • Ada banyak kemungkinan salah-langkah dari usaha Anda. Dan tanpa dukungan screenshot, saya sulit untuk memandu.

  • ramadhan

    bang ,semua udah di jalanin tapi android nya ga jalan
    mohon pencerahan O:)

  • Pingback: Coba BBM di PC mu | TUCORUN()

  • Mey ChryztiaRum

    mas aku mau nanya, OSku make yg 64bit, ketiga aplikasinya udah aku download yg x64, setelah diextract SDK malah SDK manager gk bisa dibuka mas :(

  • Mey ChryztiaRum

    dirnya koq spt ini mas?

    • Coba deh pelajari dulu perintah-perintah CMD (yang tautannya sudah saya berikan)

  • Marhadi

    Maaf ka’ saya sdh instal nih,, sdh bisa bbm… yg mau saya taX kan bgm caraX instal Play Stor krn saya pake browser di SDK tp error trus

  • Marhadi

    bgm caraX instal Play Stor… mohon bantuanX gan Makasih :)

  • Marhadi

    han mau taX.. cara instal Play Stor bgm?

    • Kalau kamu bisa cari apk PlayStore maka caranya sama seperti menginstall BBP apk.

  • Yasin

    Apakah setiap kali akan buka Android PC ini, kita harus menjalankan ketiga instalasi tersebut? apa kah bisa dibuat shortcut on dekstop sehingga klik langsung tampil Android PC tersbut, mohon pencerahan

  • Rizal Matovani

    ini gimana kalau gini?

  • Rizal Matovani

    ini gimana kalau gini?

    • Itu artinya kamu belum pelajari perintah-perintah CMD. Ayo, dibuka tautan yang sudah saya sediakan.

  • Fikri almansur

    kalau bbm ecek ecek nya udah kita close, terus mau bukalagi gimana gan? plis

  • Fikri almansur

    makasih gan akhirnya bbman gua udah bisa, mati”an disekolah pakek wifi setengah hari demi nih bbm gak makan gak pulangAlhamdulillah bisa bbman

    • Tinggal jalankan lagi emulatornya.
      Buka SDK Manager > Pilih AVD > Start…

  • Taufik

    gan ane nga ngerti Tahap Ke4 gmna cranya Mohon Penceraahanya!1 :(

  • dendan

    bang kok lama banget loadingnya,
    padahal saya kasi memory 1512 mb
    sama internal storangenya 2000 mb
    device nya saya pke 7.0″ WSVGA (tablet) (1024 x 600 :mdpi )
    tolong kasi tau om apa penyebabnya

  • baik

    makasih mas

  • dayat

    Gmna msukan fotonya untk jdi DP ?

    • Pakai perintah adb push
      Sudah di bahas sebelumnya, silahkan lihat komentar yang lain.

  • fikr

    mau ganti display picture di bbm gimana gan?

    • Caranya dimulai dengan memasukkan file image ke AVD dengan perintah [adb push]
      Silahkan dibaca komentar yang sebelumnya, sudah dibahas.

  • Rismawanti Binti Abdul Manan

    bang kok interface perangat Android Virtual gak muncul ya padahal udh beberapa kali dicoba
    kenapa ya minta bantuannya??
    ya bang..

  • W JEKI SAVARONI

    ini ‘spek ‘untuk ‘laptop ‘ram ‘berapa ‘gan…

  • yoyok

    koq waktu adb -e install bbm.apk eror ya mas???

  • yoyok

    uda bisa,tapi lemot kenapa ya???buka aplikasi sdknya luama

    • Barangkali perlu upgrade RAM. Atau upgrade PC/Laptop, atau sekalian aja beli handset Android baru, bro :))

  • asis

    apa bener ini BBM ? 2 tahun lalu ane instal seperti ini ternyata bukan asli BBM, aplikasi chat lain yang mirip BBM

    • Silahkan baca komentar-komentar lain yang sudah mencoba (dan sukses).

  • Gufran

    Kok beda ya gan?

    • Kamu salah perintah tuh.

      Sempatkan deh belajar soal CMD, biar beda sama tetangga.

  • Haji Ary Fiver’s

    izin bang, kalo pada saat starting android emulatornya lama, trus ga bisa-bisa. gimana tu bang ??? padahal udah sering d coba ?

  • Haji Ary Fiver’s

    seperti ini bang, apa masalahnya ?

  • bucek88

    apa bisa pakai windows 7..????

  • afrie

    maaf gan ganggu.ko setelah proses instal begitu di klik lauch gak mau nonggol yah,?

  • Taufik Afrian

    mau tanya bos.kok semuanya sudah di instal,begitu di klik launch gak mau keluar juga yah..tolong di bantu yah tanks….

  • andi

    Bang, pesen masuk atau ping nya bisa ada suara apa ngga?

  • Syahriani Arifin

    Punya ane koq loading ny gak kelar2 knp ya gan ?? mohon pencerahannya …

  • anwarudin

    untuk win7 32 bit belum bisa ya bang

  • Bryan Koloay

    tahap 4.2 gak muncul adb.exe
    gmna itu bang??

    • Coba pelajari lagi perintah CMD, yah.
      Ada tautannya tuh saya sediakan.

  • Kamikaze Aizen

    gan. emang klo udah jadi androidnya kok lalod ? mohon pencerahannya thanks sebelumnya

    • Konsep Virtual Device = mengalokasikan sejumlah RAM PC untuk AVD.
      Nah, kalau PC kekurangan RAM, kerjanya lambaaaaat banget. Demikian juga kalau AVD kekurangan RAM. Jadi pintar-pintar mengatur RAM :)

      • Frandy Rumengan

        bang.. gmna ya cara mengalokasikan RAM nya ? ada artikel lain mungkin ttg itu ? mohon pencerahannya bang.. tq…

  • Valkyrie Angels

    bang koq eror ya pas di launch step 3-2, bingung jdnya… knp ya kira2,.,.,.,.

    jdk-7u45-nb-7_4-windows-i586
    ane pake java ini pengaruh ga ya??

    spek laptop ane :
    Proc : amd athlon II 2.3Ghz ual-core
    RAM : 4 Gb
    OS : Win7 32 bit

    mohon pencerahan bang..

    • Maunya ya, yang discreenshot itu pesan errornya, biar saya bisa coba kasih saran :p

  • Rizky Amirudin

    gan kok punya saya kaya gini ya pas di cmd?
    solusinya dong gan?

    • Rizky Amirudin

      bales gan, kenapa ini ?

    • Kamu tidak mempelajari saran saya untuk mempelajari CMD ya?
      Itu masih salah path, salah folder :))

  • Adam

    bro kalo pengen ada DP kita sama DP orang lain gimana ?

    soalnya DP orang lain ga ada

    • Sabar saja, bro. Barangkali masalah jaringan makanya DP orang lain gak kelihatan.
      Kalau mau ganti DP sendiri, ada dibahas di komentar sebelumnya.

  • SYS

    bro , SDK managernya ga mau kebuka di win 7 ultimate 64bit? mental mulu , ga tampil2 . muncul CMD tapi mental ? gimana solusinya?

  • Benny Putra

    Nice!!!tq gan

  • Aji Andri

    Masalah saya kayak gini kang… padahal file apk buat bbm udah saya letakkan di platform-tools tpi kok kyak gini y??? mhon pnjelasannya

  • Aji Andri

    ini kenapa gan..?? pdhal apk buat bbm nya udh diletakin di t4 yang benar???

    • Dari pesan kesalahan, saya artikan “tidak dapat menemukan BBM_1.0.0.70.apk untuk diinstall” — apa benar file apk bernama BBM_1.0.0.70.apk sudah di dalam folder tersebut?

      Gak usah dijawab, gan. Dibenerin aja. Karena kalau agan jawab “sudah” itu buktinya “belum” — komputer kan gak mungkin iseng ngerjain pemiliknya dengan pura-pura bohong :p

  • hafiz

    ni emulatornya kok g mw jalan gan
    kasih solusinya dung

  • handika

    Cara merestrart android sdk nya bagaimana gan?

  • rizki

    maaf gan aku ikut komen dikit,
    aku install bbm lama banget,dari pagi nyampe malem,
    mohon sarannya,makasih…

    • Kalau selang waktunya “dari pagi sampai malam” itu udah kelewatan, gan.
      Ide dari virtual device ini adalah mengalokasikan sejumlah resource (RAM) PC/Laptop untuk menjalankan Virtual Android Device. Nah, kalau resource-nya rebut-rebutan, alhasil gak ada yang kerja dengan benar (antara AVD dan PC/Laptop).
      Jadi coba akali di pembagian RAM, atau upgrade RAM sekalian.

      • rizki

        cara membagi RAM gimana gan??

      • Ketika Create AVD, kan ada tuh pengaturan RAM. Disitu tuh pembagiannya.
        Panduan praktisnya: total RAM dikurangi kebutuhan Sistem Operasi dan aplikasi pendukungnya, adalah RAM yang dapat dialokasikan untuk AVD.

  • Haji Ary Fiver’s

    kalo kaya gini apa masalahnya bang, udah lama banget nunggu. tapi tak bisa2 juga. udah d C.

  • Haji Ary Fiver’s

    ini apa masalah x gan ??

  • Roy Black Crown

    gan .. mohon pencerahan .. dah ngikutin smua step dengar benar .. eh malah mentok pas muncul android .. loading trssss .. sejam masa gk masuk2 -_-

  • Nicky Eko Aurel Saputra

    Wahhhh
    besar besar sekali file yang harus di download gan
    tapi Tak apalah
    kan saya begadangin n bela belain
    maklummmm
    gak ada uang buat beli smarphone atau blacbary

    Mohon bantuann ya gan..

  • rizki

    udah jadi gan,
    makasih banyak ya, bagi” ilmu dapet pahala gede banget gan, amin..
    7407a6f invite yoo…
    :)

  • rizki

    maaf gan, aku mau tanya lagi.
    cara masukin foto dari laptop ke android ecek” gimana???

  • Naufal Farras Setya

    bang instalin yang sayaa dong

  • zhayyuzz

    gan klo adt-bundle-windows-x86-20131030.zip, itu sampe 480.3MB, apa bener itu gan, gede sekali ya???

  • Muhammad Ihsan Iswahyudhi

    Bang, waktu di step cmd kok gak bisa ya? waktu abis ngecek dir, kan ketik adb -e install bbm……nah terus abis di enter malah muncul tulisan ‘adb’ is not recognized…. kenapa gitu ya bang? pencerahannya thx.

    • Kamu bukan orang pertama dengan permasalahan itu, silahkan cek komentar yang lain, sudah dijawab :-)

  • Ropeck

    Om pada tahap 3 pas saya launch kq nggak muncul interface android firtualnya???
    Gimana nie om…

  • Yomanda Malpaesa

    Gan gue ada masalah dikit ni, kan ane kmarin udah install BBM di PC, & sudah berhasil trus tiba” gak mau connect , tuh saya login kmbali , ganti lg nggak PINnya?

  • Yomanda Malpaesa

    gan , cara mengembalikan Obrolan bagaimana ya??

  • Ropeck

    saya udh bisa Om… Thanks yaa…
    jngan lupa Invite 75AD1A5E

  • Guest

    gan punya saya stuck disini

  • Indra Putre Lombok

    Loadingya lama banget ini,,,

  • Indra Putre Lombok

    Loading nya lama bangeet,,

  • frandy

    mas.. punya saya loading trus.. tpi tulisannya “andoid is upgrading.. upgrading contacts database” mulu.. gmna ya ? mohon pencerahannya

  • AJ

    Kok puelan pol yo? jd kalo ngetik bisa ga nututin ama yg diajak chat
    gimana cepet-in speed nya emulator nya.
    setting diganti gimana?
    btw…sekali nyoba jreng sukses. thanks bro! skrg mau coba chat…..td register-e luemot pol.

  • Andika D Synyster

    udah lunch android firtual tapi tersendat di situ gan

    • Saya kurang paham pertanyaannya. Sudah coba baca-baca komentar yang lain? Barangkali sudah ada yang membicarakan hal yang sama.

  • Aldino Putra Widyawan

    om, ane pas nunggu install tahap 4.2 lama bgt nunggunya, ehh udah lama nunggu gagal pula -_- tolong dibantu gan

  • Nji ozil

    Tolong bantu gan knpa nih..?

  • Fadhila Tjandra Assyauqie

    cara ganti fotonya gimana bang ? tutor dong ..

    • Untuk mengganti display picture, kamu harus masukkan dulu file image ke dalam AVD.
      Caranya sudah dibahas pada komentar sebelumnya, silahkan scroll saja ya :)

  • syahafiz

    JDKnya yang mana om saya bingung

    • JDK pilih yang sesuai dengan sistem operasi kamu. Coba deh dibaca komentar-komentar yang lain.

  • Chepy Hidayat Saepuloh

    makasih ya kak atas ilmu nya suses selalu..!!

  • Rifki F

    mas cara msuk ke sdkplatform-tools di CMD gmna? sya sdah ktik sesuai tutorial mas E:(folder simpan 3 file)(folder ekstrak)sdkplatform-tools mlah ERRORR. mhon pencerahannyaa….

    • Hmm.. sudah baca tutorial CMD yang saya tautkan, kah?

      • Rifki F

        sorry bang nicho sya lpa ksh CDnya di dpan. hehe. dan skrg sdah bsa 100% work. trma ksh byk bg.

        oya bsa share dmna tmpat blja operasikan SDK manager? sprtnya sdk ni
        multi fungsi

  • muchamad syifa

    bang pake bluesyack gimana bisa ga

  • dani dev

    numpang tanya om, supaya jalan aplikasi android ini bisa lebih ringan dan loadinge cepet gmn carane, ni spec PCku om

    corei3
    ram :8G
    vga esternal: 1G 512 bit
    coneci: speedy

    • dani dev

      tambah prtanyaal lg om, supaya tampilan BBMnya bisa lebih kecil gmn nyetingnya, terimakasih

  • ziqrie

    ane udah berhasil jalanin emulatornya,cuma bingung pas masukin bbmnya -_-

  • imam

    gan ane udah dowload jdknya dan di extract kok nggak ada application nya ya untuk setup (exe file)nya

  • Yohanes Eko Doni

    gan kok andoid pc ny gx bisa pake sinyal modem …
    tolong info ny gan ….

  • Yohanes Eko Doni

    gan mohon info ny kok android ny gx bisa pake sinyal modem y mlah make sinyal wifi gmna gan mohon info ny ??
    gw skrg make modem smart …

  • billy

    gan kalo udah bener bener jadi bbmnya , nahh misalkan pc ma u dimatiin trus kan android sdk nya ke close tuh , berarti harus di extract lagi dong kalo mau dibuka bbmnya ??

  • yunus

    bang… kalo AVD nya dibikin dua bisa ga bang?? aku dah coba bikin dua AVD ny. tp yg Avd kedua ga ada aplikasi BBM nya. gmn bang?

    • Membuat 2 AVD itu ibarat punya 2 gadget Android. Kalau di satu diinstall BBM, ya gak otomatis dua-dua terinstall tuh ;-)

      • yunus

        oke sip bang.. ngerti awak. dan sudah berhasill..hehehe
        thx bg

  • edi

    gan mau nanya nih, semua tutorial sukses gan, tapi pas ane close, dan matikan komputer,ane lupa ngeseve, setelah ane buka komputer ane bingung, gimana cara me munculkan nya lagi gan, terpaksa ane mulai dari awal bukanye, mohon pencerahannya>>…

  • jono

    gan muncul unfortunately, BBM has stopped. gan sy udh ikuti smua langkah, yg beda nya ini.
    ad solusi gan??

  • rifky

    broo setiap gw buka lagi aplikasi sdk nya kok bbm nya udah ilang tuh bisa permanen ga

    • BbM yang diinstall pada AVD akan terus ada, kecuali diuninstall atau AVDnya dibuat ulang.

  • Arcedo Eleven

    permisi bang, saya gangerti di bagian command prompt nya nih, yang harus saya tulis d command prompt gimana? minta penjelasannya bang,,

    • Saya sudah sertakan tautan tutorial command prompt tuh. Dipelajari, lalu silahkan ikuti langkah yang sudah saya tuliskan.

      • Arcedo Eleven

        oia bang sip, thanks ya bang sukses selalu

  • Arcedo Eleven

    ini kenapa ya? tolong penjelasannya,,

  • Arcedo Eleven

    ini kenapa ya? tolong penjelasannya

  • Erix Chandra Dinata

    kalau gw udah instal windroy jadi gw mau langsung download apk nya bisa ngak gan ???

  • nandra

    bang mau tanya nih
    kok batre di emulator kosong gitu ya ?
    Ngaruh gak buat perform emulatornya ?

    • Indikator baterai gak usah terlalu dianggap penting, karena AVD kan “numpang” daya mesin PC/laptop :-p

  • rudy

    bang mau tanya,kalo di windows xp sp2/32 bit bisa work gak?

  • Hannes Onkky Pratama

    Itu pake ram 1gb bisa kan bang ? sm pake win7 ?

    • Kalau bisa, sih, bisa aja. Tapi buruh banyak penyesuaian karena RAM 1 GB itu dipakai buat mendukung Win7 dan Android kamu.

      Katakanlah Win7 + aplikasi kamu sudah konsumsi 800MB, hasilnya 200MB untuk Android itu sangat kurang.

      • Hannes Onkky Pratama

        yaudah saya coba dulu bang , sekirannya tidak bisa beli android asli aja. :D La kalau Java SE Development Kit yang di download yang mana bang ?

  • weisly

    bodoh amat sih loe semua, klik aja browsing trus ketik BBM_1.0.0.70apk.kalau dah siap download instal dan selesai dahhhh hbis cerita.

    • Hannes Onkky Pratama

      emang situ udah coba trus bisa ?

  • rizki

    kok habis d instal bbm muncul tulisan android lagi

  • Hendra Ozora

    kalo di klose androidnya bbmnya hilang, harus instal ulang lagi, bisa gak supaya instal cuma sekali aja yang tau balas donk

    • Sepertinya ada pengaturan yang berbeda dengan yang saya sajikan. Disini, AVD selalu beroperasi dengan semua Apps yang diinstall.

  • ferdi

    gan ini saya coba diwindows xp kok ga’ bisa ya
    mohon solusi nya gan

  • rudy hermansyah

    gan kalo jenis perangkatnya yg bagus buat windows xp apa ya?

  • ipul

    berhasil

  • ipul

    windos 7 mudah lgi

  • ipul

    asix luu

  • herman funk

    bg,klau tahap 3-3.setelah di launch gak ada windows interface nya?

  • yenny oktaviani

    kok yg SDK gx bsa dibuka ya ?

  • Adit

    ini nunggu pas keluar bacaan androidnya berapa lama sih ?
    ini lama amat perasaan ..
    pencerahan please T_T

  • rolayz

    gan, ane udh ikut step hingga android emolatornya (interface) keluar, udh lama ane tunggu tp msh blank, blm keluar tulisan android. Mohon bantuannya gan, makasih banyak

  • fredy wijaya

    gan, file adt nya sdh tersimpan di sdkplatform-tools tapi pas saya masukin dir nya kok kyk gini??

  • Alfi

    bang kalo mucul dialog di cmd nya kaya gini “Couldn’t access the Package Manager. Is the system running??” ini kenapa ya??

  • blabla

    RAM 1gb cukup ga bang??

  • Erwin Tronik

    saya sudah mengunduhnya tp tidk bs di install sy paka laptop acer aspire 5750z

  • andreswijaya

    bang gw masalahnya pas pilih java
    yg mana yg bener kan da byk pilihannya

  • andreswijaya

    bang sama saya mw tanya
    pas buka sdk manager.exe malah terbuka cmd
    pa tuh masalahnya

  • andreswijaya

    bang berapa lama emulatornya tuh biar bisa masuk ke optionnya

  • Toby

    gan ko gini ya?

  • Ryu Shai

    addduuuhhhh tetep muter2 di cmd aj ni bangg,,, ad jalan laen gakk ??? gak ngerti2 nih ,, bantuinn donkk sobattt2 :(

  • zidni

    Bukan JDK tapi JRE gmn gan?

  • emang software BBM yang langsung buat Windows belum ada ya Gan? kok yang ini pakai emulator android? soalnya saya pernah dengar dari saudara kalau temannya BBM-an lewat komputer.