Kapanlagi bisa Berkelit usai melakukan SCAM

Suasana dunia blog Indonesia memanas, yap masih dengan kasus SCAM Kapanlagi.com yang sedang marak diangkat oleh barisan blogger Indonesia. Saya sengaja ulang-ulang kata Indonesia itu, berhubung yang peduli akan hak-hak yang terinjak, cuma yang dari Indonesia. Ntar deh kalau diliput CNN atau ABC, kita bikin tag line baru. Malam ini saya habiskan sejam untuk keliling blog-blog yang menulis update tentang SCAM yang dilakukan oleh Kapanlagi.com (ya, saya positif menggunakan kata SCAM disitu). Mau tahu kenapa saya begitu yakin?

Saya sendiri bukan korban, walaupun seingat saya dulu pernah diajak untuk menghias rumah baru ini dengan pasang banner Kapanlagi.com (maklum, waktu itu disini belum banyak widget). Tetapi walaupun saya bukan korban, saya merasa punya hak untuk menyerukan ketidakadilan ini.

Nah, apa kaitannya dengan postingan kali ini? Tidak lain karena ada usaha yang saya anggap “sebuah usaha untuk berkelit” telah dilakukan oleh Kapanlagi.com terkait terkatung-katungnya pengumuman pemenang kontes pasang  banner yang mereka adakan (dimulai berbulan-bulan lalu). Berkelit? Ya, karena cara mereka merespon kesalahan mereka, tidak lah tepat. Coba perhatikan dua screenshot yang ada dibawah ini (klik untuk memperbesar)

Pasang Banner Kapanlagi.com

Pasang Banner Kapanlagi.com

Respon Kapanlagi.com

Respon Kapanlagi.com

Sudah lihat? Tahu dimana salahnya?
:gaktau:

Begini ya, kalau saya berbuat salah. Misalnya lupa akan suatu hal (itu wajar karena salah dan lupa adalah tempat bagi manusia) yang akan saya lakukan adalah meminta maaf, bukannya mendewakan harga diri dan ego saya lalu berlaku pongah. Walaupun Kapanlagi.com menambahkan tulisan “Pemenang diumumkan pada 31 Desember 2008” yang bisa dianggap sebagai jalan keluar, tapi apa yang mereka paparkan sebelumnya, yang mengiming-imingi para peserta pasang banner, jelas-jelas tidak terpenuhi. Dalam hal itu mereka sudah berlaku SALAH.

Bagian mana yang SALAH?

FAQ Pasang Banner Kapanlagi.com

FAQ Pasang Banner Kapanlagi.com

Diambil dari [http://ourfriend.kapanlagi.com/faq.php] ketika tulisan ini saya buat. Disitu jelas-jelas ada disebutkan oleh Kapanlagi.com bahwa pemenang akan diumumkan pada tanggal 20 Desember 2008 eh, sekarang malah diralat tanpa penjelasan atau pengutaraan alasan kenapa hal tersebut dilakukan!
Kalaupun ada penjelasan, itu tidak dipublikasikan di portal tersebut, tetapi hanya via email (kepada yang sudah complain saja barangkali); seperti yang diterima oleh mas Hakimtea

Hal ini dikarenakan pihak KapanLagi.com sampai saat ini masih mengumpulkan data-data para pemenang.

Saya pribadi bukan ceplas-ceplos asal bicara, kalau memang aksi yang dilakukan blogger-blogger Indonesia ini sudah direspon oleh Kapanlagi.com ya bagus itu. Tapi terkait penjelasan dari Kapanlagi.com itu, saya setuju sekali dengan bang Zalukhu yang memberikan pernyataan terkait pernyataan Kapanlagi.com tentang “mengumpulkan data-data para pemenang”

Wah hebat banget yah… wong di Kode HTML Banner ga ada sistem Tracking atau Kode Affiliasi uniknya.. gimana mereka bisa melihat impressi banner setiap blog yah… Kalo ga percaya nih contoh Kode Htmlnya, apa bisa mengetahui impressi di ratusan blog hanya dengan kode HTML seperti inii?

Saya sudah pernah melakukan tracking terhadap situs-situs yang memasang banner bloggerSUMUT dan memang bisa, dengan “view raw log” dari server. Dari situ saya bisa lihat, dari halaman (blog) mana saja dilakukan request untuk file logo yang didistribusikan dan dipakai oleh para blogger. Jika cara ini yang dipakai oleh Kapanlagi.com untuk pendataan peserta, eh pemenang (lucu yah yang didata pemenangnya bukan pesertanya).. oke sekali lagi, jika cara ini yang dilakukan oleh Kapanlagi.com untuk pendataan *pemenangnya* pasti sangat-amat melelahkan, blum lagi kemungkinan log terhapus dan harus direstore lagi, bla-bla-bla (btw, buat yang cari alasan: ini cocok juga dijadikan alasan)
:hihi:

Pokoknya ada banyak kerancuan, sama halnya dengan email dari m.kapanlagi.com yang aku terima di bulan 11. Silahkan dicermati, polanya mirip scam. Penyebaran email berantai, teruskan ke teman dan CC ke saya (ya gitu lah pokoknya).

Dari semua pemaparan, saya berpikir bahwa mereka benar-benar tidak memiliki persiapan nih. Tidak siap kalau ketahuan belangnya. Tapi kalau mereka punya penjelasan yang memang terbukti benar, saya akan menghargai sekali hasil kerja keras penebusan mereka, dan tidak akan berlaku pongah atau lupa akan kodrat saya sebagai manusia.

  • sekarang sih nunggu dulu aja sampe besok, pengen tau apa kata mereka besok..

  • :hihi:

  • ika

    hihi soal KL emang lagi booming banget neh di blog2 mana aja,, bahkan yang ga masang juga ikut tercabik2 harga dirinya karena KL sudah tega membohongi blogger.. hhh semoga bener2 dimumkan tanggal 31 yah, biar ga dianggap scam lagi

  • :hiks::hiks:
    emang ga pernah suka ama kapanlagi.com .. hehe
    maap ya kapanlagi ..
    kapan2 saya jalan ke web kapanlagi.com deh .. tapi kapan2 .. haha:puyeng:

  • Kita liat aja kebenarannya besok..bagaimana kelanjutannya?

  • Pingback: KapanLagi.com Umumkan Pemenang Ourfriends | Nich bukan nik atau nih()

  • Kurang profesional saya pikir KL itu, harusnya jgn asal bikin undian, skrg aja jadi jelek namanya, kena..dehhh…