Launching PalingIndonesia di Medan

Sabtu kemarin, tanggal 23 Juni 2012, aku beserta beberapa teman-teman dari komunitas yang ada di Medan, mendapatkan undangan kopdar sekaligus menghadiri acara peresmian sebuah situs bertemakan potensi pariwisata dan budaya Indonesia – yaitu palingindonesia.com yang didukung oleh Telkomsel.

Bertempat di Hall Amaliun Food Court, acara ini adalah sebuah bagian dari rangkaian peresmian situs palingindonesia.com di beberapa kota. Kalau tidak salah, Jakarta dan Bandung sudah dilalui. Dan Sabtu kemarin, adalah giliran Medan. Gak tanggung-tanggung, acaranya disusun secara tematik. Peserta tidak hanya diberikan t-shirt (layaknya acara-acara komunitas) tetapi diberikan sortali juga (pengikat kepala adat batak). Pada saat pembukaan acara, panitia menyajikan tarian budaya lokal, dan tidak hanya itu saja, peserta pun diajak menyanyikan “Tanah Airku” bersama-sama. Bergetar juga rasanya.

Tema acara tidak hanya berhenti di busana dan tata acara, makanannya pun Indonesia punya. Aku beserta teman-teman dari BloggerSUMUT merasa sudah dijamu dengan sangat baik. Peserta lain bahkan sampai menyampaikan pujian atas hidangan yang disajikan lewat layar visible-tweet
:ngakak:

palindoMDN @elaelak

Sebenarnya aku sudah dapat intro tentang acara ini, dari Pak Hendra Arbie langsung (pada saat seminar APJII di JW Marriot). Berhubung idenya tentang local content, dan BloggerSUMUT cukup relevan untuk isu tersebut, jadilah kami merapatkan diri. Pak Hendra Arbie sendiri, sudah punya portofolio yang panjang jika dikaitkan dengan budaya dan sejarah lokal, ditambah lagi beliau adalah sosok pengusaha Kota Medan dan juga Praktisi IT, pas lah memang kalau beliau digandeng untuk mengisi acara ini.

Yang kusayangkan, justru di acara bincang-bincang antara Pak Hendra Arbie, Bapak Ricardo Indra (Telkomsel), dan Kunto Wiyoga (Yoga, @palingindonesia) para pengunjung malah #lostfocus gara-gara tagar #PalindoMDN yang mulai disadari kegunaannya oleh beberapa orang. Sampai-sampai si @dinneno merepet..

palindoMDN @dinneno

Tapi setidaknya aku bisa lihat kemiripan misi antara BloggerSUMUT dan PalingIndonesia ini, yaitu mewadahi anak bangsa yang memiliki kepedulian terhadap budaya dan keindahan tanah air (spesifik Sumatera Utara untuk BloggerSUMUT). Internet tidak mengenal batas, biar lah ini menjadi langkah yang memudahkan kita semua untuk mengangkat potensi dan budaya Indonesia di mata dunia. Semoga kian hari kian banyak yang peduli dan kian banyak yang berkontribusi.

Oh ya, jika ada yang punya materi tentang Indonesia (budaya, kuliner, objek pariwisata) dan ingin berkontribusi di palingindonesia.com – saranku, jangan tunda-tunda lagi, mumpung ada program 33 Minggu Paling Indonesia (yang berhadiah paket wisata buat dua orang).

  • Kunjungan siang gan, artikelnya sangat menarik banget. Keren-keren…

  • interior consultant

    nice info…

  • interior consultant

    semangat yaaa