Semalam Nonton Edward Scissorhands

edward-scissorhands

Edward Scissorhands

Semalam baru nonton film lama, di TV swasta lah (gak mungkin aja nonton film yang obsolete ke bioskop). Judulnya Edward Scissorhands, yup seperti yang tergambarkan dari judulnya; sang karakter utama bertangankan gunting.

Film ini pertama sekali aku tonton ketika masih berstatus “siswa” kira-kira ketika aku masih duduk di bangku SD (sudah lupa tahunnya, sekitar 90-an awal), tapi yang pasti waktu itu juga saya nontonnya di televisi, dan bukan di bioskop. Kalau sudah pernah ditonton, kenapa juga ditonton lagi..? Sederhana, saya suka sekali film ini.

Apalagi menonton film itu, artinya bisa ngelihat lagi penampilan Winona Ryder
:love:

Film ini, berisikan semua hal. Ya, mungkin sedikit sulit untuk memahami kalau di film ini anda bisa menemukan komedi, horor, drama, roman, penggambaran penyakit masyarakat “normal” atau unsur-unsur lainnya. Memang intensitas tiap unsur tidak terlalu menonjol, tapi jika benar-benar disimak film ini dengan plotnya yang biasa-biasa saja sanggup memberikan pesan moral yang hebat.

Ceritanya tentang seorang penemu yang menciptakan sosok Edward (Johnny Depp) dari koleksi temuannya. Sebenarnya temuannya juga tidak ada yang cukup membanggakan saat itu, malah terkesan konyol (dia cuma membuat rangkaian mekanisme pembuat-kue). Tapi walaupun begitu, dia mampu “menciptakan” Edward. Ini luar biasa..
Sedikit tidak masuk akal, tapi justru yang masuk akal dan biasa-biasa, tidak akan “cukup menarik” untuk diikuti, bukan begitu?

Memang sosok Edward tidaklah sempurna, karena sang penemu keburu menigggal sebelum menggantikan tangan Edward – yang saat itu masih berupa bilah-bilah gunting – dengan tangan artifisial. Yah, jadilah Edward karakter bertangankan gunting. Walaupun begitu, sang penemu sudah sempat mengajarkan ciptaannya itu beberapa norma masyarakat, dan cara berkomunikasi.
Ck..ck.. dia benar-benar bekerja dengan sepenuh hati untuk menciptakan karakter yang memiliki hati. Biar fisik gak selesai, tapi hati sudah siap.

Lalu, datanglah seorang tokoh yang mengubah kehidupan Edward. Yang mengajak Edward untuk hidup di tengah-tengah masyarakat. Walaupun tujuan awalnya, didorong oleh rasa putus asa gara-gara pemasaran produknya gagal, namu niatnya benar-benar tulus, tidak berusaha untuk memanfaatkan atau menjerat. Walaupun masyarakat berpikiran sebaliknya.
Jadi benar sekali yah, untuk bermasyarakat memang harus ada kontribusi yang dibayarkan.

Mungkin Edward bisa saja menolak untuk berkontribusi, tetapi disitulah tokoh Kim (Winona Ryder) menjadi pemikat hatinya. Jujur aja, waktu pertama nonton film ini lah aku belajar mengkategorikan perempuan sebagai “cantik”.
Kalau aku aja sampai terpesona dengan tokoh itu, apalagi si Edward yang notabene jam terbangnya untuk ngelihat pemandangan bagus sangatlah terbatas.

Lalu di kisah itu, terangkatlah prilaku masyarakat. Apa yang membuat orang lebih puas lagi, selain melihat superhero-nya beraksi? Tak lain tak bukan, “melihat kejatuhannya” (ini mirip kata-kata Green Goblin di film Spiderman).
Menjadi “seleb” tidak menyediakan ruang buat kesalahan.. *menyedihkan*

Awalnya Edward dipertanyakan, lalu digandrungi, kemudian dimanfaatkan, lalu dipersalahkan.. Sounds familiar, huh

Jujur, tontonan yang satu ini benar-benar memikatku. Jangan mengharapkan bentuk terpikatnya sebagai ekspresi “uuuhh.. oh…hhh” atau mata melotot-tercengang dan lain sebagainya. Tapi lebih ke pemikiran, ke imajinasi.. Kalau film sci-fi mengajak kita berandai-andai akan sesuatu yang belum tercapai, film ini justru memaparkan kehidupan yang sudah dijalani. Salut buat imajinasi Tim Burton
:sip:

  • doyan film lama yahhh brooo????

    lam kenal yahhh…….

    • nichpakaich

      gak membatasi diri sih sebenarnya, tapi emang itu film berkesan

      salam kenal juga

  • asli,, awq gak tau tentang film neh…
    dari deskripsi yang ada diatas, bisalah dikit-dikit tau dan membuat rasa penasaran…:puyeng:

    oh ya, ini perdana disini ya lae.. dotcom ku…:D
    :hihi:

    • nichpakaich

      perkenalan dot-com yah.. mantap

  • Wak uwak…

    vintage party ?

    :ngudut:

    • nichpakaich

      waaak… waaak.. vintage bola lu bocor?

      • Wak uwak…

        gk ahhh atau halus kali yee…

  • Bah, cemna mantab kali pilemnya itu bang. :D Ntar aku downloadlah hhiihii.

    Tapi emang sih kalo yang superhero gituan biasanya alurnya gitu-gitu aja bang. “dipertanyakan, lalu digandrungi, kemudian dimanfaatkan, lalu dipersalahkan.”
    Maklumlah awak :D

  • desain baru ya bang???

    lucu nih, avatar nya jadi dua, trus monyet” nya mana??? dah ko jual ya bang :)

    aku ngecomment pas abang lagi ngedesain lho :P

    • nichpakaich

      salah kaw,

      waktu kau ngasih comment, abang bukan lah sedang nge-design.. tapi sedang tidooor
      :pitam:

  • uki

    wahh keren mas.,., keep blogging yach.,. xi.,.xi.,. salam kenal

  • bang kalo abang SD nonton di film ituh..aku umur berapa?
    padahal pertama nonton felm iniy……..dulu kallii…..aku suka kalii niy pelm SUMPAAAAAA!!!!!!!
    (padahal emang gila nonton felm yah kan?
    hahahahah….Tapi menurut aku niy ROMANTES bang…..sampe tu agt loh ceritanya…huuuuuuuuu:hiks:

  • nie

    johny depp? ya ampun..jadi penasaran.
    sini belom ada pelemnya :(

    • nichpakaich

      nie, itu film lamaaa lho (produksi 1990)
      jadi bukan film baru, dah sudah seharusnya available di toko-toko VCD yang lengkap :hihi:

  • :love:
    film jadul
    jadi pengen nonton Titanic, secara pengen liat kate winslet

  • iyaah cuman inget ini film lama, tapi ga taw critanya…duuh keren juga ternyata yaaah….jadi pengen nonton ni nich….

    • nichpakaich

      kalau emang mau, kaya’nya harus hunting VCD dee (atau DVD, terserah) :hihi:

  • waduh…saya ga suka nonton filmm…:hihi:

  • Wah… Asiknya yang bisa sering2 nonton :sip:

    • nichpakaich

      ya sukurlah tontonannya bagus,
      ingat jaman di Pancing.. tontonnannya angkot lewat.. PS berantam.. tukang es cendol.. ah, payah lah :puyeng:

  • tadi malam niat ingin nonton, malah ketiduran dengan membiarkan semua2nya OL..mbeheeeee..
    makin exist aja juragan monyet ini bah…. :melet:

    • nichpakaich

      tadi malam? telat kaw, Ta..:melet:

  • wah aku juga nonton bG. Seru y flemnya. Tapi sedikit mengharukan ya liat CVnya.
    k’ lamar kerjaan ya pake CV. :)

    • nichpakaich

      CV? maksute opo? :baca:

  • ika

    wah sama tu bg, saya juga nonton. . .

    bg nich maco ya. . .hm..hm. . .salam kenal dech.. .

    @ rizal

    Thx ya da bantu gue to nyariin guru untuk gw. . .

    • nichpakaich

      maco pakai-h?
      kalau macam combro, muke gile..:jedug:

  • awak nonton, tapi g sampe habis soalnya keburu ngantuk:nangis:

    • nichpakaich

      makan-tidur-makan-tidur.. boonciiiit :ngakak:

  • ha! nyesel deh ari tu kaga nonton.. pengen nonton.. cari dvd nya ah..:nangis:

  • bah di tv apa di nontonya :D, awak seumur hidup blon pernah ke bisokop bah :))

  • Pingin liyat.. hiks

  • boleh lah nanti beli dvd nya dulu. hehehehe… :hihi:

  • jujur….
    :ngakak::sip:
    saya belon pernah nonton…..
    :hihi:

  • kupikir edward scholarship tadi… :hihi:

    • nichpakaich

      kalau si edu kian, bisa lah nyerempet scholarship..
      (edu-.edu):baca:

  • fans edward scissorhands

    aku emang udah suka film ini dari kelas 3 sd
    waktu itu taun 2003 d siarin d salh satu tv swasta
    ya aku suka sama yokoh edwardnya
    tangannya bgtu keren
    akhirnya saya nonoton lagi taun sekarang
    filmmya sangat bagus

  • yesss

    :ngakak:

  • w ska bgt pas pertama kali nonton, kira2.. eeeemmmmmm…..:ngeres: smenjak w msih TK, nah hari ini tanggal 22 sep 2009.. w keinget tu film lg, cman.. w lupa namanya, truz w cari aj di youtube scissorhands(tangan gunting) eh ktemu(lega coy..), biz itu w liat judul lengkapnya, ooo.. trnyata namanya edward scissorhands, cman syangnya susah nyari tu film , FULL VERSION..!! hari ini. saya arif rahman. ingin sekali menonton film “edward scissorhands”……. ehm2, ckup sekian coment’a dan terima kasih..

    wassalam

  • mei

    wah..film na tu emg udah lama bget..
    sy juga udah lama pingin tau apa judul nya,yg saya ingat cuma dia itu bertangan gunting,dan ia tinggal di rumah besar di ujung jalan..
    wah waktu pertamakali nontonnya..saya sekeluarga nontonnya.
    dan pada hari ini saya menontonnya lagi dislh satu tv swasta.tpi subuh banget.dan sy cm liat endingnya az..kesal..
    oke..
    moga az film nya ada lagi..:sip:

  • mega

    aku baru aja nonton filmnya, emang bagus bgt ya. hikz :(
    dulu pernah liat, tapi sebentar dan ga ngeh tu film apaaan.
    tapi pas main ke rental vcd, aku nemu tuh film masih disewain..
    iseng2 nonton, ih ya ampuuun bagus bgt ya :)
    ga bakal bosen noton berulang2 juga :)
    ceritanya bagus bgt..

  • :gaktau::gaktau::gaktau::gaktau::gaktau:

  • harra

    pengen nonton filmnya lg… :nangis:
    soalnya filmnya :hiks:

  • Rifky’z

    filmnya sru banget.. :sip: :love:
    :hore:

  • waah.. sempet inget inget lupa ni film, sampe capek mikir :puyeng:
    tp emang bagus sih :sip:
    ada link bwt download ga? makasi sebelumnya :nyembah:

    • nichpakaich

      wah, kalau untuk download, coba cari di @idws :mlorok:

  • ShieZzHy AngSeLZ

    Filmnya Keren.. Aku nonton waktu SD.. walaupun Ga Happy ending sih..