Workshop Progresif Kelas #2 BloggerSUMUT

Senin ini, aku punya cerita tentang kegiatanku mengisi Workshop Progresif BloggerSUMUT Kelas #2 di Grha XL  Medan pada hari Kamis yang lalu (5 April 2012). Ya, ini kelas kedua yang diadakan oleh BloggerSUMUT dalam rangka mengusung proses pembelajaran tentang blog secara langsung dan kontinu.

Jika mengingat pengalaman sebelum-sebelumnya, workshop sering diadakan hanya sekali pukul. Dalam satu pertemuan, orang-orang diajari cara membuat blog, trus dilepas begitu saja. Alhasil banyak blogger yang tersesat dalam kebingungan tak berujung (lalu berhenti ngeblog).

Materi yang menjadi jatahku, adalah tentang Tampilan Blog. Bukan materi yang gampang untuk workshop berdurasi 2 jam (itu pun potong sana-sini). Apalagi di acara kemarin, yang ikutan kelasnya udah masta-masta semua. Ada dua orang professional designer, dua orang online publisher, dan dua orang blogger panjang umur. Serasa salah bawa slide presentasi jadinya
:hehe:

Tapi syukurlah teman-teman di XL (yang masih baru mulai ngeblog) merasakan manfaat dari kelas kemarin, kalau enggak sia-sia lah kumakan pisang goreng yang disediakan..

Disini aku share file presentasi yang kemarin aku bawakan. Poin yang kushare adalah tentang:

  1. Blog sebagai CMS
  2. Pengenalan tentang HTML dan CSS
  3. Elemen yang harus diperhatikan dalam memilih theme/template blog
  4. Memanfaatkan fitur widget/gadget
  5. Dan sedikit tips, yang kuharap bisa membantu teman-teman

Sebagai tambahan; mengenai tampilan blog ini sebenarnya memang agak pelik, berhubung melibatkan ‘pengunjung’ sebagai penikmat sejati. Kalau kita puas, belum tentu pengunjung bisa menikmati tampilan blog sebagaimana kita meresapinya.

Blogger yang mengelola blog sebagai tempat berbagi cerita, belum tentu nyaman menggunakan tampilan yang diperuntukkan bagi para pemain PPC.

Demikian halnya blogger yang senang membagi-bagikan script (misalnya programmer), belum tentu merasa klop dengan tampilan blog yang menggunakan font-font kreatif.

Fungsionalitas sebuah blog juga bisa dibilang perlu-gak-perlu, tergantung prilaku pengunjung yang datang. Buat apalah pasang widget Reddit kalau tipikal pengunjungnya cuma pemburu backlink
:lempar:

Ya, aku ini pun bukannya kelas dewa untuk urusan tampilan blog. Theme blog ini aja masih pakai yang gratisan dan cuma edit-edit 20% doang. Apa yang kubagikan lebih kepada pengantar kesempatan untuk diskusi (sambil ditemani kopi hangat tentunya)..

Ikuti Kelas #3 Workshop Blog Progresif

Buat yang mau ikutan, Kelas #3 akan belajar tentang Promosi Blog. Entah siapa nanti yang jadi narasumber, tapi ini undangan terbuka buat yang mau ikutan. Workshop Progresif ini dirancang gratis dan terbuka untuk umum. Silahkan dilihat halaman resminya di BloggerSUMUT – Workshop Progresif.